Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Resep Lontong Cap Gomeh Buat Lebaran

Qraved ContributorQraved Contributor
Resep Lontong Cap Gomeh Buat Lebaran1
@amandakohar
Lontong cap gomeh seakan menjadi makanan yang wajib ada ketika lebaran atau bahkan puasa. Khusus di daerah Jawa Timur dan Jawa Tengah, hampir semua keluarga akan memasak lontong cap gomeh lengkap dengan opor ayam untuk menjamu keluarga besar. Bagi kamu yang awam atau bahkan tidak pernah memasak sajian yang satu ini, berikut resep lontong cap gomeh lengkap beserta opor ayamnya.

Resep Lontong Cap Gomeh

2
Photo Source:  Shutterstock
Bahan:

- 600 gram sampai 1 kilogram beras

- Daun pisang secukupnya
Cara membuat:

Pertama, cuci beras hingga bersih dan tiriskan. Kemudian celupkan daun pisang ke dalam air terlebih dahulu sebelum dimasak agar tidak mudah sobek. Setelah itu, buat selosongan daun pisang dengan cara digulung, ujungnya selipkan dengan lidi.
Lalu, masukkan beras yang sudah dicuci tadi ke dalam daun pisang yang sudah dibentuk. Tidak perlu diisi penuh, cukup setengah dari daun pisang saja. Jangan lupa untuk selipkan lidi di ujung sebelahnya. Siapkan panci beserta air dan masukkan daun pisang hingga terendam air. Biasanya, proses ini memakan waktu 5-6 jam. Selalu lihat apakah air habis atau tidak. Jika habis, maka siram panci lagi hingga sedikit menutupi daun pisang.
Setelah daun pisang sudah terasa agak sedikit padat, itu berarti lontong sudah matang. Ambil dan tiriskan dengan cara memiringkan lontong agar air benar-benar habis. Dinginkan sejenak dan lontong siap dihidangkan.

Resep Opor Daging

3
Photo Source:  @berbagiresep
Bahan: 

- 2 buah kelapa 

- 1 sendok teh garam 

- 1 sendok teh gula pasir 

- 1000 ml santan cair 

- ½ kilogram daging sapi atau ayam 

- 1 ruas lengkuas 

- 2 lembar daun salam 

- 2 potong kunyit  
Bumbu:

- 3 butir bawang merah

- 1 sendok teh ketumbar

- 4 butir kemiri

- 4 buah bawang putih  
Cara membuat:

Pertama, sangrai kelapa sampai kering dan ambil airnya untuk dijadikan santan. Setelah selesai, tumis bumbu hingga wangi dan berubah menjadi agak kuning. Kemudian, masukkan daging ke dalam tumisan dan aduk hingga rata. Lalu, masukkan air santan, daun salam, sedikit air, dan gula pasir. Aduk hingga merata. Pastikan daging sapi atau ayam yang kamu masukkan sudah empuk. Opor daging pun sudah siap untuk dihidangkan. Jika kamu menggunakan 1 kilogram daging, setidaknya itu cukup untuk 5-6 porsi.

Selamat mencoba!