Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App

Resep Kue Cubit Seru dan Mudah

Meylia LiestiawanMeylia Liestiawan
Kue cubit emang lagi nge-hitz banget akhir-akhir ini. Namanya kue ‘cubit’ karena kue ini diambil dengan cara di ‘cubit’ sama abangnya. Kue ini biasanya bisa kamu temukan di depan sekolah-sekolah atau dagangan kaki lima. Tapi jangan salah, kue cubit juga sudah mulai disajikan di mall-mall atau restoran lho! Rasanya sudah mulai beragam dan toppingnya juga unik-unik. Mulai dari yang biasa seperti coklat dan vanila, sampai yang luar biasa seperti red velvet, green tea, black forest, bubblegum, taro dan masih banyak yang lainnya.

Buat kamu yang lagi malas ke mall atau cari kue cubit ke sekolah-sekolah, mendingan buat aja sendiri karena Qraved akan 'sharing' ke kamu resep kue cubit yang gampang banget cara buatnya. Bahan-bahan yang diperluin juga ga terlalu banyak dan ga susah dicarinya kok!
Tapi sebelumnya siapkan dulu yah alat nya :

Cetakan kue cubit.

 - Tokopedia
Photo Source: Tokopedia
Alat ini penting banget, ya iyalah kalo ngga ada bukan kue cubit donk namanya. Berhubung kue cubit uda mulai terkenal, kamu bisa beli dimana aja, yang paling murah bisa kamu beli di pasar-pasar tradisional. Tapi sekali lagi kalau kamu lagi males keluar rumah, beli di online shop langganan kamu aja, langsung dianterin deh.

Bahan-bahannya:

3 butir telur ayam

70 gram gula pasir

100 gram tepung terigu

100 gram margarine/ mentega (dilelehkan)

180 ml susu cair

1 sendok teh vanilla essence

1/4 sendok teh baking soda

1/2 sendok teh baking powder

untuk topping kamu bisa siapkan sesuka kamu, contohnya : keju parut, meises, marshmallow, Milo, Ovomaltine, Nutella, KitKat, M&M's, dan lain sebagainya.

Cara bikinnya gampang banget. Pertama-tama kamu kocok dulu telur dan gula sampai mengembang, tau mengembangnya dari mana? yah kalau banyaknya sudah 2 kali lipat dan teksturnya seperti busa halus.
Setelah adonan telur mengembang, masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit dan susu cair aduk sampai rata. Tuang juga margarine cair, aduk dulu sampai rata lalu masukkan vanilla essence, baking soda dan baking powder.
Adonan yang sudah diaduk rata sebaiknya dimasukkan ke wadah yang ada 'mulut' nya seperti teko atau gelas ukur, supaya gampang pas kamu tuang adonan nya ke cetakan.
Sebelum tuang adonan ke cetakan, jangan lupa buat panasin dulu ya cetakannya. Setelah cetakannya panas baru tuangin adonan nya, tuang nya juga jangan penuh-penuh, cukup setengahnya aja, karena nanti akan mengembang. Saat sudah setengah matang, kamu boleh masukkan topping kesukaan kamu. Tingkat kematangannya juga sesuai selera, bisa setengah matang, 3/4 matang, atau matang. Tinggal angkat dan sajikan!

Notes & Tips:
Untuk rasa adonan juga bisa sesuai dengan selera kamu. Kalau kamu bosen dengan rasa yang itu-itu aja, kamu bisa coba rasa coklat, red velvet, green tea, bubblegum, taro, dan yang lainnya.
Caranya campur perasa tersebut diatas sebelum kamu tuang adonan ke cetakan.
Tips dari Qraved: kalo cetakan kamu baru beli, Qraved saranin cetakan nya dikasih minyak atau mentega supaya ngga lengket, tapi biasanya masih akan tetap lengket, tapi tenang aja, setelah 2 atau 3 kali pake uda ngga akan lengket lagi kok.
Have fun!
 - LizyLife
Photo Source: LizyLife