Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Resep Kolak Pisang Untuk Menu Berbuka Puasa

Qraved ContributorQraved Contributor
Resep Kolak Pisang Untuk Menu Berbuka Puasa1
@lionhaloho
Berbuka puasa sebaiknya dengan yang manis-manis. Salah satu menu berbuka puasa manis yang jadi favorit adalah kolak. Kamu tidak harus membeli untuk bisa menyantap kolak, kamu bisa membuatnya sendiri karena ternyatmembuat kolak itu tidak susah kok. Berikut ini resep membuat kolak yang bisa kamu tiru.
2
Photo Source:  @melly_tanaga
Siapkan bahan-bahan berikut ini: 3 buah pisang tanduk yang matang dan bagus, 200 gr gula merah, gula pasir secukupnya, ½ sendok teh garam, ½ liter air, 2 lembar daun panda dibuat simpul, 1 kotak santan instan. Kamu juga bisa menambahkan bahan campuran lain seperti nangka, singkong, ubi jalar, dan labu kuning.
Begini cara membuatnya: Potong pisang sesuai selera, lalu sisihkan. Cairkan gula merah dengan mencampur gula merah dengan air dan rebus. Saring ampasnya. Rebus lagi gula merah yang sudah dicairkan tadi, tambahkan air, masukkan daun pandan dan potongan pisang. Jika dibutuhkan, tambahkan juga gula pasir. Jika pisang sudah mulai berubah warna, tuangkan santan dan garam. Aduk dan tunggu hingga mendidih dan matang. Angkat dan kolak siap disajikan sebagai menu berbuka puasa. 
Selamat menikmati!