Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Musim Hujan Gini, Mending Masak Sop Ayam di Rumah Yuk!

SintyaSintya
Musim Hujan Gini, Mending Masak Sop Ayam di Rumah Yuk!1
Masakan Lezat
Di musim hujan kayak sekarang ini pasti bikin banyak orang malas keluar kan apalagi hanya untuk cari makan aja. Makanya, sebentar lagi kan weekend nih, kamu bisa mulai belanja sayuran dan isi harimu dengan masak-masakan aja di rumah dan ciptain menu enak a la kamu sendiri. Kalau lagi hujan begini sih paling mending masak sup ayam di rumah. Selain gampang, sop ayam juga pas banget buat menemani kamu pas hujan. Mau tau cara masaknya? Yuk, simak resep sop ayam a la Qraved berikut ini!

Bahan Utama

Bahan Utama2
Photo Source:  recipeler.com
Bahan-bahan yang kamu butuhin buat bikin sop itu tergolong murah dan gampang banget ditemuin di mana aja, kayak di supermarket, pasar, atau tukang sayuran yang selalu muterin komplek. Kalau sudah gini sih gampang banget karena kamu tinggal beli bahan sayur sop yang sudah mereka paketin. Tapi, kalau kamu mau tau apa aja bahan utamanya, coba simak beberapa list berikut ini yuk!

- Kol atau kubis dan kembang kol, cuci kemudian potong kecil-kecil.

- Buncis, cuci dan bersihkan kedua ujungnya lalu potong kecil sepanjang 1 cm.

- Daun bawang dan seledri, cuci kemudian potong sepanjang 1 cm.

- Kentang, kupas kemudian potong bulat dan jangan lupa dicuci.

- Wortel, kupas kemudian potong dadu dan jangan lupa dicuci.

- Ayam, potong kecil-kecil menjadi beberapa bagian.

- 4 Buah bawang putih

- 1/2 Sendok teh lada putih

- 1 Sendok teh garam

- 4 Gelas air  

Cara Memasak

Cara Memasak Sop Ayam3
Photo Source:  Masakan Lezat
- Begitu semua bahan sudah kamu siapkan dan dicuci dengan air bersih, mulai masak sop ayam dengan cara merebus air di dalam panci bersama dengan potongan ayam. Tunggu sampai mendidih.

- Setelah mendidih, masukkan terlebih dahulu bahan utama yang bertekstur keras seperti wortel dan kentang dan biarkan sampai wortel dan kentangnya melunak.

- Sementara itu, siapkan bumbu sop ayam dengan cara menghaluskan bawang putih, lada, dan garam. Kemudian masukkan bumbu ke dalam panci yang berisi ayam, wortel, dan kentang.

- Setelah mendidih, baru masukkan sayuran ke dalam panci. Jangan didihkan terlalu lama karena bisa membuat sayuran sangat layu sehingga kurang enak untuk dimakan.

- Untuk menambah aroma dan rasa kamu juga bisa menambahkan bumbu kaldu atau penyedap ke dalamnya. Tapi ini hanya optional aja.

- Jadi deh sop ayamnya! Paling enak sih menikmatinya pakai nasi hangat, sambal terasi, dan tempe goreng. Bahagia itu sederhana, kan? Hehehe...