Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App

Cara Membuat Ketupat Lebaran yang Enak dan Tahan Lama

SintyaSintya
Cara Membuat Ketupat Lebaran yang Enak dan Tahan Lama - Main Photo
www.diahdidi.com
Lebaran tinggal menghitung hari, dan kita semua tau kalau hari lebaran identik banget sama yang namanya ketupat, kan? Nah, jangan sampe momen lebaran dan makan ketupat kamu jadi kurang berkesan gara-gara ketupat yang rasanya ngga enak, cepat basi, dan gampang ancur alias pera ya! Karenanya, yuk simak cara membuat ketupat yang enak dan tahan lama versi Qraved berikut ini!

1. Pilih Beras dengan Kualitas yang Bagus

 - www.teropongbisnis.com
Photo Source: www.teropongbisnis.com
Dimana-mana kalau kita mau membuat sesuatu, termasuk salah satunya adalah makanan, pastinya kita harus pilih bahan utama yang punya kualitas bagus dan unggul kan? Kayak ketupat ini juga misalnya. Pastikan untuk selalu milih beras dengan kualitas yang bagus. Setelah itu, cuci beras sampai bersih biar nanti ketupatnya punya tekstur yang lembut dan ngga cepet basi. Oh iya, akan lebih baik lagi kalau berasnya direndam dulu selama 30 menit setelah dicuci.

2. Memilih Kulit Ketupat yang Bersih

 - www.aktual.com
Photo Source: www.aktual.com
Ngga cuma beras aja yang harus punya kualitas bagus, kita juga harus memilih kulit ketupat yang bersih, masih segar, dan anyamannya rapat serta rapi. Kamu bisa beli kulit ketupat ini di pasar dalam jumlah banyak. Tapi, jangan sampai ketinggalan ya atau kamu bakal kebagian kulit ketupat yang kurang segar atau bahkan kehabisan.

3. Mengisi Kulit Ketupat

 - www.masakanpraktisrumahan.com
Photo Source: www.masakanpraktisrumahan.com
Setelah beras selesai dicuci sampai bersih, direndam, dan ditiriskan, inilah saatnya buat mengisi kulit ketupat. Isi kulit ketupat dengan ukuran 1/3 atau 2/3 dari tinggi ketupat. Jangan terlalu banyak mengisi kulit ketupat karena bisa bikin ketupatnya keras dan ngga matang dengan sempurna. Kalau mengisinya terlalu sedikit juga bisa bikin ketupat kamu lembek nantinya.So, yang sedang-sedang saja, guys! Hehehe.

4. Memasak Ketupat

 - cherishlovetogether.blogspot.com
Photo Source: cherishlovetogether.blogspot.com
Saat memasak ketupat (lebih tepatnya sih merebus) pastiin kalau ketupat ada dalam kondisi terendam air sepenuhnya ya biar bisa matang secara merata dan sempurna. Kalau misal airnya makin menyurut tapi ketupat masih belum matang, kamu bisa kok nambahin air mendidih biar proses merebusnya tetap berlangsung. Oh iya, selain pakai kompor, kamu juga bisa merebus ketupat di atas tungku biar rasanya makin lezat. Biasanya, butuh waktu 4 sampai 5 jam untuk merebus ketupat sampai matang sempurnya. Jadi, sabar aja ya!

5. Ketupat Telah Matang

 - www.berrykitchen.com
Photo Source: www.berrykitchen.com
Kalau ketupat sudah matang, jangan langsung terburu-buru untuk nyimpen ketupatnya di lemari ya. Coba celup-celupin dulu ketupatnya ke dalam air mendidih dan siram pakai air bersih. Setelah itu, gantung ketupatnya biar ngga ada air yang mengendap di dalam ketupat yang bisa bikin ketupat cepet basi.

6. Cara Penyimpanan Ketupat

 - www.diahdidi.com
Photo Source: www.diahdidi.com
Setelah air ngga menetes lagi, baru deh kamu bisa menyimpannya di lemari. Kamu juga bisa lho menyimpan ketupatnya di dalam lemari es, tapi dengan catatan ketupatnya terbungkus rapi dan rapat di dalam plastik biar kulitnya ngga kering, ya! Ketupat ini bisa kamu kukus lagi kalau mau makan ketupatnya dengan hangat (ingat, bukan merebusnya lagi lho ya!).