Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

5 Trik Agar Makanan Favoritmu Makin Sehat

SintyaSintya
Tips Memasak Agar Makanan Favoritmu Makin Sehat1
5 Trik Agar Makanan Favoritmu Makin Sehat
Ingin makan enak tapi tetap bisa menjalankan pola hidup sehat? Gampang! Kamu bisa memulainya dengan cara memasak makananmu sendiri di rumah agar kebersihan dan nutrisinya tetap terjaga. Untuk itu, simak tips memasak agar makanan favoritmu makin sehat a la Qraved berikut ini!

1. Hindari Cream dalam Memasak

Hindari Cream dalam Memasak2
Photo Source:  The Realistic Nutritionist
Jika kamu sangat menyukai pasta dengan saus cream yang terbuat dari keju dan butter, kamu bisa mengganti cream ini dengan bahan lainnya yang lebih sehat dan rendah lemak. Cream jenis ini dapat diganti dengan cara mencampurkan susu rendah lemak dan empat sendok tepung. Rasanya tetap enak, kok!

2. Gunakan Sedikit Minyak

Gunakan Sedikit Minyak3
Photo Source:  Amazon.com
Langkah selanjutnya adalah kurangi penggunaan minyak saat memasak. Atau kamu bisa mengganti minyak goreng dengan extra virgin olive oil. Bisa juga dengan menggunakan olive oil spray untuk menghemat penggunaan olive oil. Namun, sebenarnya ada cara praktis lainnya yang bisa kamu coba untuk mengurangi penggunaan minyak, yaitu dengan memilih penggorengan anti lengket yang tidak memerlukan minyak lagi untuk menumis. Gampang kan?

3. Gunakan Oven

Gunakan Oven4
Photo Source:  YouTube
Dibandingkan harus menggoreng ayam dalam minyak panas, kamu dapat menggunakan cara lain untuk mendapatkan ayam goreng yang krispi, yaitu dengan cara memanggangnya di dalam oven. Kamu cukup mencelupkan ayam ke dalam susu, telur, atau buttermilk, lalu balut ayam dengan tepung panir dan jangan lupa baluri juga dengan olive oil. Setelah itu masukkan ke dalam oven dan panggang dalam suhu tinggi. Ayam yang dimasak dengan cara seperti ini mengandung kalori lebih sedikit dibandingkan jika kamu menggorengnya menggunakan minyak.

4. Gunakan Tepung Gandum

Gunakan Tepung Gandum5
Photo Source:  wiseGEEK
Jika kamu suka membuat kue, coba ganti tepungmu dengan tepung gandum agar kue atau roti yang kamu buat jauh lebih sehat dengan kandungan kalorinya jauh lebih sedikit. Tepung gandum juga mengandung nutrisi baik lainnya seperti zinc, magnesium, dan vitamin B12. 

5. Pilih Putih Telur dan Sisihkan Kuning Telurnya

Pilih Putih Telur dan Sisihkan Kuning Telurnya6
Photo Source:  anekatop10.com
Putih telur mengandung 16 kalori dan 0 gram lemak jika dibandingkan dengan kuning telur yang mengandung 54 kalori dan 5 gram lemak di dalamnya. Untuk mengakalinya, kamu bisa mengganti satu telur utuh (kuning dan putih telur) dengan cara menggunakan 2 butir telur yang diambil putih telurnya saja. Mudah dan sehat!