Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App

Beragam Menu Buka Puasa ala Pasar Takjil di Makassar

Qraved ContributorQraved Contributor
Saat Ramadhan datang, berburu takjil bisa dibilang jadi salah satu hal yang esensial untuk urusan berbuka puasa. Nggak heran kalau banyak banget hadir satu pasar takjil di beberapa tempat, tidak terkecuali di Makassar. Kalau ke kota ini, kamu bisa mengarah ke sekitar kawasan gedung Wisma Kalla, dimana ada pasar takjil Mappanyukki. Dan ini dia beberapa menu takjil yang bisa kamu cicipi di sana.

Es Pallu Butung

Es pallu butung adalah salah satu minuman khas kota Makassar yang banyak dijajakan di pasar takjil Mappanyukki. Hidangan ini terbuat dari pisang yang dikukus kemudian ditambahkan susu dan santan. Biasanya es pallu butung disajikan dengan menggunakan mangkuk lengkap beserta es serut. Dan buat kamu yang mau makan di rumah makan khas Makassar, menu ini bisa kamu temukan di RM Bravo di Jalan Andalas. 

Es Pisang Ijo

Serupa tapi tak sama. Yap, es pisang ijo juga merupakan menu berbuka puasa khas kota Makassar. Perbedaan es pisang ijo dengan hidangan sebelumnya terletak pada pembungkus adonan kulit yang membalut pisang. Dinamakan pisang ijo karena dibalut dengan bungkusan adonan berwarna hijau baru kemudian dikukus. Kalau mau makannya di restoran, kamu bisa mengarah ke RM Muda Mudi di Jalan Rusa. 

Jalangkote

Saat berburu kuliner di pasar takjil Makassar, kamu akan dengan mudah menemukan jalangkote. Makanan ringan yang satu ini sekilas memang terlihat sama seperti kue pastel. Namun, jalangkote memiliki saus cocolan dengan cita rasa asam manis dan sedikit pedas.

Pisang Epe

Pisang epe adalah jajanan populer yang dapat dengan mudah ditemukan di tanah Makassar. Makanan ini berbahan dasar pisang raja atau pisang kepok yang dibakar lalu dijepit hingga agak pipih, dan setelah itu dituang gula merah cair. Saat ini beberapa penjual pisang epe menawarkan topping yang beragam, seperti keju, cokelat, dan lainnya sehingga jajanan ini semakin digemari.

Barongko

Barongko - @lamamad
Photo Source: @lamamad
Di pasar takjil Mappanyukki kota Makassar, kamu juga bisa menemukan barongko. Kue basah ini menggunakan pisang yang dilumat sebagai bahan utamanya. Kemudian dicampur dengan gula dan santan lalu dibungkus daun pisang dan dikukus sebelum disajikan. Rasanya yang manis sangat cocok untuk dijadikan menu berbuka puasa.

Baroncong

Baroncong adalah jajanan yang terbuat dari campuran tepung terigu, santan, dan parutan kelapa muda serta gula pasir. Umumnya, baroncong dibuat dengan bentuk menyerupai busur mirip kue pukis, namun dengan ukuran yang lebih besar. Makanan ini sangat lezat jika dinikmati dalam kondisi masih panas.

Kue Lopis

Kue Lopis - @gedionkage
Photo Source: @gedionkage
Kue Lopis adalah jajanan tradisional khas Makassar yang sangat terkenal sejak zaman dahulu. Terbuat dari beras ketan dan gula merah asli tanpa pemanis buatan, kue lopis selalu ramai diburu penggemarnya. Harga yang ditawarkan pun sangat terjangkau, hanya Rp. 7.000,- saja untuk satu porsinya.
Sudah berencana mengunjungi pasar takjil Mappanyukki di kota Makassar? Kamu cukup menyiapkan uang sebesar Rp.5.000,- sampai Rp. 25.000,- saja untuk puas mencicipi beragam menu tadi. Harap bersabar ya karena pasar takjil yang satu ini selalu dipenuhi pemburu menu berbuka puasa.