Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App

Tempat Wisata Kuliner yang Harus Kamu Kunjungi Saat ke Bandung!

david handokodavid handoko
Kamu berencana untuk berlibur di Bandung akhir pekan ini atau di minggu depan saat long weekend tiba? Kalau iya, kamu perlu sekali untuk menyimpan artikel ini agar kamu tidak bingung saat mencari makanan enak di Bandung. Tidak perlu berlama-lama, kita langsung saja melihat beberapa tempat favorit berikut ini. 
Begitu mendarat di Bandung, kamu bisa langsung merapat ke Surabi Cihapit untuk sarapan pagi terlebih dahulu. Surabi ini terkenal dan telah menjadi salah satu kuliner legendaris di Bandung. Tempatnya mudah ditemukan karena begitu kamu berada di Jl. Cihapit dekat Pasar Cihapit, kamu akan melihat sebuah gerobak dengan tungku tradisional yang sedang sibuk membakar surabi dengan berbagai rasa. Rasa paling favorit disini adalah surabi oncom yang rasa oncomnya beda dari oncom pada umumnya. Oncom disini lebih gurih dan lebih manis dari oncom pada umumnya.
Setelah menyantap surabi, kamu bisa menuju Cuankie Serayu yang tidak jauh dari Surabi Cihapit. Jaraknya hanya sekitar 200 meter dan buka dari jam sembilan pagi. Tempatnya sederhana dengan tempat duduk yang tidak terlalu banyak. Memang tempat duduk yang tersedia selalu tidak sebanding dengan datangnya jumlah pengunjung ke Cuankie Serayu. Namun setelah mencobanya kamu akan ketagihan dengan semangkuk berisi campuran bakso aci, bakso goreng, dan lainnya dengan kuah bening gurih yang bisa kamu campur dengan saus sesuai seleramu.
Setelah puas jajan, kamu bisa melanjutkan perjalan kulinermu ke Nasi Timbel Bawean yang juga sekitar 300 meter dari Cuankie Serayu. Lokasinya ada percis di seberang Toko Kue Bawean. Makan siang dengan nasi timbel yang dibungkus daun pisang dengan lauk yang tinggal kamu pilih seperti ayam goreng, lalapan, sate usus, ati goreng, dan menu khas Sunda pada umumnya. Sambalnya jadi kombinasi lengkap untuk makan di Nasi Timbel Bawean.
Setelah makan siang, enaknya kamu santai sejenak di Pasar Cisangkuy. Disini terdapat banyak kuliner enak yang dapat kamu coba sekaligus. Kamu dapat minum Yogurt yang tidak pekat dan menyegarkan yang ada berbagai pilihan rasa. Sebagai teman makan, jangan lupa pesan kue pancong dengan topping toblerone atau bila kamu ingin yang asin pedas, ada sate sambal matah yang rasanya top.
Alas Daun Track Wisata Kuliner Seru Dan Favorit Di Bandung - Alas DaunView All Photos
Photo Source: Alas Daun
Tanpa terasa hari sudah sore menjelang malam, lebih baik kamu makan berat dahulu dengan kuliner khas Sunda di salah satu restoran favorit Sunda di Bandung yaitu Alas Daun. Penyajian makanan yang unik di meja yang hanya dilapisi alas daun dan kamu bisa seru-seruan makan tanpa malu menggunakan tangan dan sibuk memainkan gadgetmu. Nikmati momen makan dengan makanan yang enak adalah salah satu hal berharga tanpa terganggu oleh kesibukan gadget masing-masing.
Setelah makan malam, kamu dapat menuju ke daerah Sudirman sebelum perempatan Jl. Kelenteng. Disitu kamu akan menemukan sebuah kedai sate yang memiliki gerobak juga di seberang jalannya yang menyajikan sate ayam, kambing, dan sapi dengan rasa yang nendang. Uniknya lagi kamu tidak perlu menyantap sate ini dengan saus kacang karena satenya sudah kaya rasa. Ukuran satenya memang tidak besar sehingga kamu bisa menghabiskan puluhan tusuk kalau sedang kalap namuntenang harganya terjangkau kok.
Menuju tengah malam, enaknya kamu bersantai sambil ditemani semangkuk ronde jahe hangat. Sajian sederhana yang berisi kuah jahe hangat dan beberapa butir ronde dengan kacang di dalamnya dapat menenangkan perutmu dan menghangatkan badanmu di malam hari Kota Bandung yang dingin.