Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Dari 21 Kuliner Khas Sunda Berikut Ini, Mana Aja yang Sudah Pernah Kamu Coba?

SintyaSintya
Dari 21 Kuliner Khas Sunda Berikut Ini, Mana Aja yang Sudah Pernah Kamu Coba?1
kulinerjawabarat.wordpress.com
Indonesia emang terkenal banget sama keanekaragaman budaya dan kulinernya dari Sabang sampai Merauke. Masing-masing daerah punya keunikannya sendiri, termasuk salah satunya adalah kuliner khas Sunda. Jangan ngaku pecinta makanan khas Sunda kalau kamu belum cobain berbagai macam kuliner khas Sunda yang jumlahnya banyak banget. Kira-kira, dari sekian banyak kuliner khas Sunda berikut ini, mana aja yang sudah pernah kamu coba?

Surabi Bandung

Surabi Bandung2
Photo Source:  kulinerjawabarat.wordpress.com
Makan surabi bakal lebih enak kalau dicampur kuah gula dan nikmatinnya sore-sore sambil merasakan angin sepoi di halaman rumah. Ugh!

Batagor

Batagor3
Photo Source:  www.dessey.me
Batagor Bandung emang ngga ada duanya. Ikan tengiri dan tahu yang digoreng garing makin nikmat setelah disiram bumbu kacang yang pedas dan gurih. Nyam!

Seblak

Seblak4
Photo Source:  diahdidi
Kalau kamu pecinta pedas, cobain deh seblak ceker dengan sambel yang banyak. pasti mantep banget tuh apalagi kalau seblaknya masih panas. Yummy!

Es Goyobod

Es Goyobod5
Photo Source:  myeatandtravelstory.wordpress.com
Siang-siang panas, paling enak emang minum Es Goyobod. Dijamin rasa hausmu bakal hilang deh. Sudah pernah coba belum?

Nasi Timbel

Nasi Timbel6
Photo Source:  resepcaramemasak.info
Nasi dengan berbagai pilihan lauk kayak ayam, tahu, tempe, dan sambelnya bikin kamu mau nambah lagi dan lagi!

Combro

Combro7
Photo Source:  marisa-tamara.blogspot.com
Combro dengan isian yang pedas paling mantep kalau dimakannya pas masih hangat. Raos pisan euy!

Misro

Misro8
Photo Source:  simplyhomemades.blogspot.com
Hampir sama kayak combro, cuma misro punya isian manis karena dibuat dari gula merah dan parutan kelapa. Gulanya bakal meleleh dimulut pas kamu gigit misronya. Enak banget apalagi kalau masih hangat!

Piscok Alias Pisang Cokelat

Piscok Alias Pisang Cokelat9
Photo Source:  ncitrasagita.wordpress.com
Pisang dengan lumeran cokelat yang dibalut kulit dan digoreng garing ini juga cocok jadi temen ngopi atau ngeteh sore kamu lho!

Cireng

Cireng10
Photo Source:  www.diahdidi.com
Cireng atau aci digoreng ini paling mantep kalau makannya pakai bumbu gula yang pedas dan gurih. Dijamin nagih!

Cimol

Cimol11
Photo Source:  kulinertetehcantik.blogspot.com
Cimol juga enak nih guys buat nyeil. Jangan lupa dikasih bumbu ya biar makin maknyus!

Bandros

Bandros12
Photo Source:  kuliner.panduanwisata.id
Di Jakarta juga ada kue seperti ini, cuma namanya adalah kue rangi. Gurih banget karena ada parutan kelapa dan taburan gula pasir di atasnya.

Nasi Tutug Oncom

Nasi Tutug Oncom13
Photo Source:  caramemasakanekaresepmasakannusantara.blogspot.com
Hampir sama kayak nasi timbel, nasi tutug oncom juga enak dan unik rasanya. Jangan lupa makannya pakai ayam, tahu, tempe, lalapan, dan sambal ya!

Peuyeum

Peuyeum14
Photo Source:  ensiklopediaindonesia.com
Kalau yang ini sih pasti kalian sudah pernah ya? Singkong yang difermentasi jadi peuyeum emang selalu jadi buruan setiap orang yang pergi ke daerah Sunda buat oleh-oleh. Rasanya mirip tape. Nyam!

Mie Kocok

Mie Kocok15
Photo Source:  ngapainaja.com
Mie kocok ini paling enak kalau dimakan pas masih panas atau hangat dan ditemani secangkir es teh. Ugh!

Gepuk

Gepuk16
Photo Source:  hertiarcfood.blogspot.com
Kalau gepuk dibuat dari daging sapi. Hampir sama kayak rendang, tapi ini versi Sunda-nya. Hehehe...

Colenak

Colenak17
Photo Source:  kuliner.panduanwisata.id
Sajian dari singkong rebus yang disajikan pakai gula merah ini juga enak banget! Namanya colenak, karena cara makannya dengan cara dicocolin ke gula. Colenak, dicocol enak. Hahaha!

Tutut

Tutut18
Photo Source:  chocovanilla.wordpress.com
Sudah pernah cobain tutut atau keong? Enak lho, karena keongnya direbus dan dikasih bumbu pedas, gurih, dan asin. Cara makannya tinggal disedot aja sampai daging keongnya keluar. Favoritnya orang Sunda juga nih guys!

Wajit Cililin

Wajit Cililin19
Photo Source:  www.sarihusada.co.id
Rasanya manis banget. Semanis senyum si dia. Sudah pernah coba? Hehehe...

Bandrek

Bandrek20
Photo Source:  sajiansambara.com
Jenis minuman ini bisa menghangatkan tenggorokan dan badan kamu. Rasanya manis, segar, dan agak sedikit pedas karena jahe. Biasanya sih diminum pakai tambahan daging kelapa muda. 

Bajigur

Bajigur21
Photo Source:  ourkitchen.recipes
Bajigur juga bisa menghangatkan tenggorokan kamu nih guys karena dibuatnya pakai jahe dan susu. Pernah coba kan?

Basreng Alias Baso Goreng

Basreng Alias Baso Goreng22
Photo Source:  www.tokomesin.com
Bakso yang diiris tipis dan digoreng sampai garing kemudian dikasih bumbu pedas ini juga enak banget dan cocok buat cemilan sore sambil ngobrol sama temen di kantor nih guys!

Nah, dari 21 jenis kuliner Sunda di atas, kira-kira mana aja yang sudah pernah kamu cobain hayo?