Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App

Beras Merah: Kenapa Tidak?

Ricky HalimRicky Halim
Beras Merah: Kenapa Tidak? - Main Photo
Beras Merah: Kenapa Tidak?
Beras merah. Pernahkah kamu mengonsumsinya? Bagi kamu yang belum pernah mengonsumsi beras merah, atau bahkan belum tahu mengenai beras merah, berikut adalah ulasan mengenai beras merah. Penasaran? Yuk kita simak!
1. Apa itu beras merah?
Sama halnya dengan beras putih, beras merah juga berasal dari padi yang sama, hanya berbeda dalam tahapan prosesnya. Beras putih diperoleh dengan menggiling padi sehingga semua kulit arinya lepas, sedangkan beras merah dibuat dengan ditumbuk sehingga masih ada kulit ari yang menempel.

2. Apa saja kandungan nutrisi beras merah?
Beras merah merupakan sumber karbohidrat yang kaya nutrisi sehat, seperti vitamin B, fosfor, selenium, magnesium, kalium dan mangan. Selain itu, beras merah juga tinggi serat yang dapat membantu melancarkan pencernaan. Jika dibandingkan dengan beras putih, nutrisi lengkap beras merah bisa kamu lihat di tabel berikut ini.

 -
Photo Source: 
3. Lalu, kenapa kamu harus mulai mencoba makan beras merah?
Menurunkan kolesterol jahat. Beras merah kaya akan serat larut yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

Mencegah penyakit jantung. Kandungan serat yang cukup tinggi dalam beras merah dapat membantu proses pencegahan penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung.

Mengurangi risiko kanker. Kadar selenium yang tinggi dan fenol pada beras merah dapat menurunkan risiko kanker usus besar. Selain itu, pytonutrient lignin yang terdapat pada beras merah juga dapat menghambat pertumbuhan sel kanker payudara.

Mengontrol kadar gula darah. Beras merah adalah karbohidrat yang dicerna lebih lama dibanding beras putih. Hal ini penting karena makanan yang berserat tinggi, seperti beras merah, dapat menjaga kestabilan kadar gula dalam darah.

(Yang ini mungkin paling penting buat kamu) Memperoleh berat badan ideal. Beras merah memiliki indeks glikemik yang lebih rendah dibanding beras putih. Di samping itu, beras merah juga berkontribusi untuk memberi rasa kenyang lebih lama karena kandungan seratnya yang lebih tinggi.

Selain banyak kandungan nutrisinya, ternyata beras merah juga lebih kaya nutrisi dibanding beras putih. Jadi bagi kamu yang ingin berdiet ataupun tidak, mulailah perlahan-lahan untuk mengganti beras putih dengan beras merah. Jika lidah belum terbiasa dengan beras merah, kamu bisa coba untuk kombinasikan beras putih dan beras merah. Semakin lama, pasti lidah kamu akan mulai terbiasa dan menyukainya.
So, be healthy, be happy with brown rice~
Author : Ardilla
Editor : Fendy

Source:
University of Sydney. 2009. The GI Diet Guide. http://www.the-gi-diet.org/lowgifoods/ [12 March 2009].
Nutrition Facts. 2009. Nutrition Data, Rice. http://www.nutritiondata.com/facts/cereal-grains-and-pasta/5712/2 [12 March 2009]
caloriesecrets.net/10-health-benefits-of-brown-rice/
everydayhealth.com/fitness-specialist/the-benefits-of-brown-rice.aspx
Dikutip dari :
http://www.blognutrisi.com/?s=introducing+brown+rice
http://www.tropicanaslim.com/manfaat-sehat-dari-beras-merah/