Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Alat Dapur Ini Sudah Ada Sejak Jaman Nenek Kamu Masih Gadis Dulu!

SintyaSintya
Alat Dapur Ini Sudah Ada Sejak Jaman Nenek Kamu Masih Gadis Dulu!1
pnpmsalem.wordpress.com
Momen kilas balik emang paling seru dilakuin ya guys, karena kita bisa mengingat berbagai hal atau kejadian yang sudah berlangsung atau ada sejak jaman dulu. Kadang, kita bisa ketawa sendiri kalau inget kejadian yang dulu-dulu. Nah, kalau yang ini beda lagi dan mungkin kamu juga belum tau. Jadi, sebelum ada alat masak yang canggih kayak sekarang, ternyata banyak banget alat dapur yang dipake sama nenek kamu pas jaman muda dulu nih. Walaupun ngga secanggih sekarang, tapi justru alat dapur ini yang bikin rasa makanannya jadi lebih enak. Mau tau apa aja alat dapur yang sudah ada sejak jaman nenek kamu masih gadis dulu? Yuk, simak list-nya berikut ini!

Talenan Batang Pohon

Talenan Batang Pohon2
Photo Source:  www.anatoemon.com
Kalau kamu pergi ke IKEA atau ZARA Home pasti bakal lihat alat dapur yang bentuknya unik, bagus, dan pastinya punya harga yang mahal, kayak salah satunya adalah talenan. Talenan yang ada di sana tentunya beda sama yang dipunyai orang jaman dulu kayak nenek kamu. Kalau sekarang ada banyak banget talenan dengan berbagai macam bentuk dan warna, beda sama orang dulu yang langsung memanfaatkan batang pohon besar yang dipotong dan dijadiin talenan. Selain lebih murah, talenan dari batang pohon kayu ini bisa tahan lama karena ketebalannya. Nah, kalau pakai talenan ini kamu juga ngga perlu takut lagi bakal patah pas harus motong daging atau tulang ayam pas mau masak deh! Kira-kira, nenek kamu punya ngga ya di rumah?

Anglo

Tungku Anglo3
Photo Source:  www.dapur-ibu.com
Meskipun namanya adalah Anglo, tapi kebanyakan orang (termasuk kamu) pasti mengenalnya dengan sebutan tungku atau kompor yang terbuat dari tanah liat, dan memakai bahan bakar arang atau kayu yang dibakar pas mau digunakan untuk memasak. Dulu, sebelum ada kompor minyak atau gas, tungku adalah alat yang paling banyak dipakai untuk memasak. Sampai saat ini sebenernya masih banyak yang pakai tungku, terutama para penjual serabi karena menurut mereka masak pakai tungku akan memberikan citarasa masakan yang berbeda dan jauh lebih lezat.

Panci Blirik

Panci Blirik4
Photo Source:  roromendutklithikan.blogspot.com
Panci yang satu ini juga sudah ada sejak jaman nenek kamu masih gadis dulu nih guys. Namanya panci blirik, karena orang Jawa menyebut motif pancinya sebagai motif blirik. Pancinya tebal dan ngga gampang bolong atau bocor. Banyak orang yang bakal pake panci ini buat masak besar kalau ada hajatan, dan biasanya juga dipakai buat bikin ketupat pas lebaran karena muat banyak.

Tampah Anyaman Bambu

Tampah Anyaman Bambu5
Photo Source:  pnpmsalem.wordpress.com
Tampah juga sudah ada sejak jaman dulu nih guys. Bedanya tampah jaman sekarang sudah banyak jenisnya mulai dari bambu sampai plastik. Kalau jaman dulu, tampah cuma ada yang terbuat dari anyaman bambu dan biasanya dipakai buat menampi beras (memisahkan kotoran beras), wadah jajanan pasar, dan juga buat menjemur kerupuk. 

Kendi Air Minum

Kendi Air Minum6
Photo Source:  tokopedia.com
Kamu pernah cobain minum air kendi setelah panas-panasan di jalan? Coba deh, karena rasanya seger dan sejuk banget rasa airnya! Dinginnya beda sama air yang disimpan di kulkas. Makanya, orang jaman dulu pun bisa bertahan meskipun ngga punya kulkas. Air yang dimasukkin ke dalam kendi ini akan terasa sejuk dan segar karena kendinya terbuat dari tanah liat. Coba deh tanya sama nenek atau kakek kamu, pasti dulu setiap orang punya kendi di rumahnya.

Boboko

Boboko7
Photo Source:  jenniewrightuca.blogspot.com
Dulu, sebelum ada magic jar, orang-orang akan menanak nasi dan menyimpannya dalam satu wadah yang terbuat dari anyaman bambu yang bernama Boboko. Meskipun nasinya ngga akan selalu hangat, tapi rasanya tetap enak kok!

Aseupan atau Kukusan

Aseupan8
Photo Source:  sentrabambu.blogspot.com
Dulu, sebelum ada magic jar dan dandang, orang-orang biasanya akan masak nasi pakai aseupan atau kukusan ini. Kukusan yang terbuat dari anyaman bambu ini bentuknya kerucut dan biasanya dimasukan ke dalam anglo pas masak nasi dengan bagian yang mengerucut di bagian bawah. 

Nah, sekarang sudah tau kan apa aja alat dapur yang sudah ada sejak jaman nenek kamu masih gadis dulu? Kira-kira dari beberapa alat di atas, masih ada yang tersisa di rumah kamu ngga?