Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App

7 Kuliner Legendaris Yang Wajib Kamu Kunjungi Di Bandung

david handokodavid handoko
Kalau ke Bandung pastinya yang dicari selalu kulinernya yang kelezatannya sudah terkenal sejak dulu. Nggak heran kalau wisatawan domestik bahkan internasional selalu penasaran untuk mencoba kenikmatan jajananan legendarisnya. Biar nggak pusing mencarinya, Qraved sudah menyiapkan beberapa daftar spot makan yang hits dan terkenal di Bandung. 
Toko Roti Sidodadi, sebuah toko legendaris yang menjual roti jadul yang bertekstur padat dan tidak mudah gepeng bila dibawa dalam perjalanan karena memang teksturnya yang tahan banting. Roti ini pun mengenyangkan sekali meskipun kamu baru makan sedikit saja. Begitu buka toko di pagi hari, toko ini langsung diserbu oleh orang yang rebutan ingin membeli terutama varian roti horn dan roti frans.
Kedai mie legendaris dengan area makan yang masih seperti zaman dahulu dan berlokasi di dekat Dalem Kaum. Kamu perlu menanyakan harga terlebih dahulu karena tidak ada harga di daftar menunya serta harganya cukup mahal. Namun soal rasa memang tidak ada tandingannya dan porsinya pun memang besar. Menikmati mie ini paling enak dengan sambal botol dan topping babat yang melimpah kemudian jangan lupa untuk memesan jus alpukatnya juga. 
Sarapan pagi legendaris di Bandung yang perlu kamu coba adalah Surabi Cihapit. Surabi ini memiliki kepadatan adonan yang cukup kenyal dan masih dimasak serba tradisional. Ada rasa oncom, keju, coklat, dan lainnya yang dapat kamu pesan sesuai selera. Pesanan paling banyak tentu adalah surabi oncom yang rupanya enak, jadi meskipun kamu tidak suka oncom, kamu perlu mencoba surabi oncom disini. 
Bakso Cuankie sudah sering kamu temui dengan gerobak panggul di komplek atau di pinggir jalan bukan? Namun pernah tidak kamu terbesit di pikiranmu, kira-kira dimana ya pelopor pembuat cuankie yang asli? Nah, di Cuankie Serayu adalah pelopor pembuat menu cuankie yang fenomenal itu. Turun temurun diwarisi untuk dikelola hingga ke cucu nya, bakso cuankie ini selalu ramai didatangi pencinta bakso sejak pagi hari. 
Di Jalan Kalipah Apo, ada sebuah tempat yang sudah ada sejak puluhan tahun menjual lotek dengan cita rasa yang legit saus kacangnya. Menggunakan bahan sayur segar menjadi salah satu nilai tambah dari Lotek Kalipah Apo 42 ini. Pembuatan lotek yang diulek langsung saat ada pesanan ini juga bisa dipesan level kepedasannya. Bila kepedasan, di sini ada juga berbagai minuman tradisional seperti candil dan kolak.
Meskipun Bandung bukan terkenal akan kota pempek, namun ada satu tempat legendaris yang menjual pempek di Bandung, yaitu Pempek Rama. Pempek ini telah dikenal orang banyak berjualan di Jalan Rama sejak masih kecil. Ada sedikit perbedaan rasa cuka disini dengan cuko di Palembang sana yaitu cuko di sini sedikit lebih manis, namun rasanya tetap enak untuk dicocol oleh lenggang atau kapal selam.
Warung Kopi Purnama 7 Kuliner Legendaris Yang Wajib Kamu Kunjungi Di Bandung - Warung Kopi PurnamaView All Photos
Photo Source: Warung Kopi Purnama
Warung kopi ini telah menjadi langganan dari dulu untuk bersantai menikmati suasana kota di pagi hari Kota Bandung. Tak heran bila tiap pagi kamu kemari, banyak orang tua yang betah nongkrong berkumpul bersama temannya setelah lari pagi atau bersepeda untuk sekadar menyeruput segelas kopi susu dan sepotong roti bakar untuk mengisi perut. Desain tempatnya pun masih mempertahankan desain vintage agar orang tua dapat bernostalgia bila sedang datang ke Warung Kopi Purnama. Nggak cuma orang tua, kamu pun pasti terpikat dengan racikan menu-menunya.