Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App

Waktu Yang Paling Tepat Untuk Menikmati Secangkir Kopi

PitacilyPitacily
Waktu Yang Paling Tepat Untuk Menikmati Secangkir Kopi - Main Photo
faltalucia
Kalo nanya sama pecinta kopi,
"kapan waktu yang paling tepat untuk minum kopi?"
pasti jawabannya semua sama, kapan aja.

Karena faktanya, gak ada aturan untuk menikmati secangkir "kebahagiaan" kapan aja dan dimana aja. Tapi, kalo kamu tanya sama para ahli kesehatan, ternyata jawabannya berbeda.

Ada 8 waktu yang paling tepat untuk menikmati secangkir kopi. Mau tau kapan aja?

1. Pagi Hari

 - pinterest
Photo Source: pinterest
Semua udah pasti tau bahwa kopi bisa membangunkan kita secara cepat. Ketika meminum kopi di pagi hari, selain memberikan efek "sadar" yang membuat mata kita terbuka lebar, ternyata kopi juga dapat meningkatkan kewaspadaan dan konsentrasi karena kopi akan membantu hormon kortisol di dalam tubuh untuk meningkatkan dua hal itu di pagi hari. Karena hormon kortisol sangat menurun saat pagi hari.

2. Setelah Makan Siang

 - thethingsilovetothemoonandback
Photo Source: thethingsilovetothemoonandback
Nih, terutama untuk kamu yang di kantor. Setelah makan siang atau setelah perut kamu terisi penuh, pasti kamu akan segera merasa ngantuk kan? Kopi akan membantu kamu menyingkirkan rasa ngantuk itu dan kamu bakal lebih konsentrasi lagi dalam menyelesaikan kerjaan kamu di kantor.

3. Sebelum coffee naps

 - tumblr
Photo Source: tumblr
Penggila kopi udah pasti tau istilah ini, coffee naps adalah tidur siang singkat yang dilakukan setelah minum secangkir kopi untuk mendapatkan efek segar setelahnya.

4. Jetlag

 - weheartit
Photo Source: weheartit
Jet Lag adalah kondisi yang akan kamu rasakan ketika setelah berpergian jauh naik pesawat dan kamu merasa lelah dan harus beradaptasi kembali dengan jam tidur di kota dimana kamu berada. Dengan kopi, kamu bisa tetap terjaga sampai waktunya tidur di kota yang sedang kamu datangi.

(Lah tapi kok fotonya jadi Jet Lag by Simple Plan :p)

5. Sebelum Berolahraga

 - perfectogift
Photo Source: perfectogift
Ternyata banyak atlet yang minum kopi sebelum berolahraga karena menurut mereka, kopi dapat membantu memberikan stamina lebih. Mungkin ini bisa kamu buktikan sendiri sebelum kamu olahraga!

6. Sakit Kepala

 - klikdokter
Photo Source: klikdokter
Kalo kamu perhatikan, di dalam obat sakit kepala itu terdapat kandungan kafein nya. Bisa disimpulkan bahwa kopi bisa jadi salah satu obat untuk kamu kalo kamu lagi merasa sakit kepala.

7. Jangan Setelah Bangun Tidur

 - kjaggers
Photo Source: kjaggers
Walaupun di nomor 1 tadi udah dikasih tau untuk minum kopi di pagi hari, tapi bukan berarti setelah kamu baru bener - bener bangun tidur. Minimal 1 jam setelah kamu bangun tidur, kamu baru boleh minum kopi karena disitulah hormon kortisol diproduksi oleh tubuh. Yang baik untuk diminum setelah bangun tidur ya tetap segelas air putih ya!

8. Jangan Malam Hari

 - nabhanabdullatif
Photo Source: nabhanabdullatif
Kecuali kalo kamu memang mau begadang. Karena dengan meminum kopi di malam hari, efek yang akan kamu dapatkan di pagi hari, badan kamu akan merasa letih. Sebaiknya jangan ya.