Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Tips Lancar Puasa Bagi Penderita Maag

Qraved ContributorQraved Contributor
Tips Lancar Puasa Bagi Penderita Maag1
@naturally.jo
Telat makan dan perut kosong adalah hal yang nggak boleh dilakukan oleh penderita maag. Lalu gimana kalau kamu harus menjalankan ibadah puasa? Tenang, kamu tetap masih bisa berpuasa kok. Asal kamu harus mengikuti beberapa aturan seperti berikut ini.

Hindari Makanan–makanan Ini

2
Photo Source:  @hungryhugh
3
Photo Source:  @xtmlx_91
Bagi penderita maag, berpuasa menjadi tantangan tersendiri. Nah, agar puasa lancar dan nggak terganggu, maka kamu harus menghindari beberapa makanan. Hindari makanan pedas dan berminyak, makanan manis serta makanan instan. Jangan juga mengonsumsi buah-buahan yang asam seperti tomat, lemon dan jeruk. Hindari juga makanan yang mengandung gas dan serat seperti sawi, kol dan nangka. Untuk minuman, hindari minuman asam dan mengandung kafein seperti jus buah, sirup, soda dan kopi.

Dan Konsumsi Makanan-makanan Ini

4
Photo Source:  @naturally.jo
5
Photo Source:  @orielwellness
Konsumsilah makanan yang berkarbohidrat saat sahur. Jangan lupa untuk mengonsumsi buah seperti pisang yang mengandung karbohidrat kalium dan magnesium. Kamu juga dianjurkan untuk mengonsumsi kacang almond karena banyak mengandung protein.

Banyak Mengonsumsi Cairan

6
Photo Source:  @vanoayuspandi
Seperti yang sudah diketahui kalau saat berpuasa, tubuh akan membutuhkan banyak cairan tubuh. Maka dari itu, banyak-banyaklah mengonsumsi air putih saat makan sahur dan berbuka puasa. Cairan tubuh yang cukup dapat menetralkan asam lambung dan mengurangi resiko kambuhnya sakit maag.

Jangan Merokok dan Kurangi kafein

7
Photo Source:  @coffeemachiato
Selain buruk bagi pernapasan, merokok ternyata bisa memicu terjadinya sakit lambung. Maka dari itu, hindari kebiasaan merokok di bulan puasa. Selain itu, hindari juga mengonsumsi minuman yang mengandung kafein seperti kopi. Selain memiliki zat diuretik yang sifatnya menyerap cairan, kopi juga bersifat asam yang dapat mengganggu kondisi asam lambungmu.

Makan Secukupnya Saat Berbuka & Jangan Lupa Sahur

8
Photo Source:  @beancurdgirleats
Biasanya, berbuka puasa adalah momen balas dendam dengan mengonsumsi makanan berlebih. Padahal, bagi penderita maag, hal ini malah nggak baik untuk dilakukan. Berbukalah dengan makanan secukupnya dan didahului dengan makan makanan ringan.

Hindari Tidur Setelah Sahur

9
Photo Source:  @littleparks2017
Banyak orang terbiasa tidur setelah makan sahur. Tapi kebiasaan ini sebaiknya dihindari bagi penderita maag. Tidur setelah makan sahur akan membuat asam lambung meningkat dan jelas membuat perut menjadi tidak nyaman.