Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Jauhi 7 Makanan yang Bisa Bikin Otak Rusak ini!

Audrey AndiniAudrey Andini
Jauhi 7 Makanan yang Bisa Bikin Otak Rusak ini!1
Today
Sebagai organ yang amat vital di tubuh manusia, otak wajib banget dijaga kesehatannya. Oleh karena itu, kamu harus memperhatikan asupan yang masuk karena dapat memengaruhi fungsi otak. Banyak makanan yang dapat meningkatkan kerja otak seperti blueberry dan teh hijau, namun, banyak juga yang memberikan efek buruk bagi otak. Ini dia 7 makanan yang mesti kamu hindari untuk menjaga kesehatan otak kamu. 

Pemanis Buatan

2
Photo Source:  prosehat
Pemanis buatan memang bisa menambah rasa untuk hidangan yang kamu buat, namun studi menyatakan kalau pemanis buatan dapat menyebabkan degenerasi sel-sel otak dan mengakibatkan Alzheimer. Sirup agave juga ternyata bisa menurunkan fungsi otak. Sebuah studi yang dilakukan University of California menunjukan tikus yang diberi sirup agave memiliki ingatan buruk dan lambat berpikir.

Kue dan Keripik

3
Photo Source:  anekatempatwisata
Buat kamu yang doyan ngemil, harus hati-hati nih. Ternyata orang yang sering ngemil keripik, makanan ringan, dan permen cenderung memiliki kemampuan kognitif yang lebih rendah dan susah berkonsentrasi. Banyak ngemil makanan manis dan berlemak juga dapat menurunkan ketajaman pikiran.

Omelet Putih Telur

4
Photo Source:  Youtube
Meskipun omelet putih telur penuh dengan protein, namun ternyata tanpa putih telur saja tanpa kuning telur justru dapat menurunkan kerja otak. Hal ini karena, kuning telur mengandung choline, nutrisi penting yang dapat melindungi kesehatan syaraf yang ada di otak.

Popcorn Microwave & Kemasan

5
Photo Source:  walmart
Makan popcorn sih boleh-boleh aja, tapi kamu harus waspada dengan popcorn kemasan yang dibuat menggunakan microwave. Popcorn di dalam kemasan biasanya mengandung lemak trans yang dapat berpengaruh pada kesehatan jantung dan merusak otak. 

Ikan Tuna

6
Photo Source:  seriousets
Ikan memang sehat karena mengandung banyak asam lemak omega 3. Namun, waspadalah dengan ikan tuna karena mengandung banyak merkuri yang diketahui dapat memberikan efek negatif pada otak dan menurunkan kemampuan kognitif otak.

Alkohol

7
Photo Source:  todayifoundout
Apapun yang berlebihan pasti bisa berakibat buruk bagi tubuh. Seperti kebanyakan mengonsumsi alkohol yang dapat  membahayakan fungsi otak termasuk daya ingat. Selain menghancurkan sel-sel otak, mengkonsumsu alkohol berlebihan juga dapat menyebabkan depresi.

Soda

8
Photo Source:  Today
Minun soda sehabis makan memang menyegarkan. Namun, kadar gula yang tinggi membuat soda bisa memengaruhi kesehatan otak dan merusak hipotalamus pada otak kamu. Kurangi minum soda dari sekarang ya!