Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App

Tips Tetap Sehat Selama Puasa Bagi Penderita Diabetes

Qraved ContributorQraved Contributor
Mungkin bagi kamu yang tidak memiliki masalah kesehatan, menjalankan ibadah puasa tentu tidak terasa berat. Namun bagi yang memiliki masalah kesehatan, puasa bisa menjadi batu sandungan jika tidak mempersiapkan diri sebelumnya, salah satunya penderita diabetes. Simak yuk bagaimana tips tetap sehat selama puasa bagi para penderita diabetes.

Konsultasi Dokter

Konsultasi Dokter - Shutterstock
Photo Source: Shutterstock
Ada beberapa jenis diabetes, mulai kategori dari resiko tinggi, sedang, sampai rendah. Ketika kamu sudah didiagnosis terkena diabetes dengan risiko tinggi, mungkin kamu sulit untuk melakukan puasa. Lebih baik segera konsultasi kepada dokter apakah boleh tetap berpuasa atau tidak.

Mencegah Lebih Baik Daripada Mengobati

Mencegah Lebih Baik Daripada Mengobati - @louiseannec
Photo Source: @louiseannec
Tentu kamu sudah familiar dengan kalimat tersebut. Bagi penderita diabetes yang sedang berpuasa, ketika kamu mulai merasa pusing, mual, lemas, berkeringat, serta pandangan kabur, kamu harus segera berbuka. Apalagi jika setelah istirahat gejala tersebut tidak juga hilang, berbuka adalah pilihan tepat agar tidak menyiksa tubuh kamu terlalu lama.

Kurangi Gula dan Perbanyak Serat

Kurangi Gula dan Perbanyak Serat - @louisecoughlan99
Photo Source: @louisecoughlan99
Sudah jelas bahwa para penderita diabetes harus mengurangi gula. Nah, ketika puasa, kamu bisa menggantinya dengan makan makanan berserat seperti sayuran dan buah. 

Segera Berbuka dan Sahur Wajib Dilakukan

Segera Berbuka dan Sahur Wajib Dilakukan - @syahmihakimi
Photo Source: @syahmihakimi
Ketika saat berbuka tiba, kamu harus segera berbuka dengan mengonsumsi makanan yang tidak terlalu banyak. Sedangkan bagi penderita diabetes, kamu diwajibkan untuk sahur. Isi perut dan tubuh kamu dengan asupan gizi agar tidak lemas ketika seharian berpuasa.

Kontrol Kadar Gula Darah

Kontrol Kadar Gula Darah - @slouiepo
Photo Source: @slouiepo
Jika memiliki penyakit diabetes risiko tinggi, kamu bisa secara teratur mengecek kadar gula darah. Pertama, cek kadar gula darah kamu pada pagi hari sekitar pukul 8. Jika siang hari kamu merasa lemas dan berkeringat, kamu bisa memeriksa kadar gula darah kembali. Terakhir, periksa kadar gula darah pada jam 9 malam setelah berbuka. Memeriksa kadar gula darah ini tidak membatalkan puasa.

Konsumsi Air Putih di Malam Hari

Ketika selesai berbuka, kamu harus perbanyak mengonsumsi air putih di malam hari. Ini akan membantu memulihkan kondisi tubuh setelah seharian berpuasa. Selain itu, minum air putih juga akan mengenyangkan perut kamu.