Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App

Tips Puasa Bagi Kamu yang Memiliki Darah Rendah

Qraved ContributorQraved Contributor
Darah rendah mungkin menjadi penyakit yang cukup umum ditemui di Indonesia. Salah satu gejala yang banyak ditemui pada orang dengan darah rendah adalah mudah lelah, pusing, mual, muntah, dan sesak napas. Jika kamu sudah terdiagnosis darah rendah dan ingin tetap melakukan puasa Ramadhan akhir bulan ini, simak tips dari kami agar puasa kamu lancar.

Periksa ke Dokter Satu Minggu Sebelum Puasa

Periksa ke Dokter Satu Minggu Sebelum Puasa - Shutterstock
Photo Source: Shutterstock
Jika sering merasa pusing, lemas, dan mual secara tiba-tiba, kamu mungkin terkena darah rendah. Jadi, lebih baik kamu periksa ke dokter satu minggu sebelum puasa untuk mengetahui penanganan lebih lanjut mengenai penyakit darah rendah kamu.

Jangan Bangun dari Duduk Terlalu Cepat

Sofa - @jud.ing
Photo Source: @jud.ing
Ketika kamu mengidap darah rendah, terkadang kamu akan merasakan pusing ketika bangun dari duduk dengan terlalu cepat. Ini dikarenakan aliran darah ke otak cukup lambat, jadi tubuh kamu tidak seimbang dan akhirnya pusing. Jadi, ketika kamu sedang puasa, coba jangan bangun dari duduk terlalu cepat ya.

Makan Kacang-Kacangan

Makan Kacang-Kacangan - @zylajoanna
Photo Source: @zylajoanna
Untuk makanan, usahakan untuk makan makanan yang membuat darah kamu naik. Salah satu makanan yang menyehatkan sekaligus membuat darah kamu naik adalah kacang-kacangan. Kamu bisa makan kacang polong, kacang merah, dan kacang hijau sewaktu sahur dan berbuka puasa.

Sahur dan Buka Puasa Tepat Waktu

Sahur dan Buka Puasa Tepat Waktu - @chi11ie
Photo Source: @chi11ie
Selanjutnya, kamu harus sahur dan buka puasa tepat waktu. Ketika kamu puasa, tubuh kamu akan membutuhkan energi yang cukup, apalagi jika kamu terkena darah rendah. Jadi, usahakan kamu selalu sahur dan berbuka puasa tepat waktu.

Konsumsi Air Akan Menormalkan Darah

Konsumsi Air Akan Menormalkan Darah - @fatosnadiroglu
Photo Source: @fatosnadiroglu
Setelah berbuka puasa, usahakan minum air putih yang banyak. Kurangi minuman manis atau minuman yang berwarna. Dengan mengonsumsi air putih pada malam hari, ini akan membantu menormalkan tekanan darah yang ada di tubuh kamu.

Olahraga di Sore Hari

Olahraga di Sore Hari - @bebopified
Photo Source: @bebopified
Jika kamu tidak melakukan aktivitas berat seharian, kamu bisa berolahraga di sore hari. Tidak perlu olahraga berat, kamu bisa jogging atau jalan-jalan di sekitar rumah kamu selama 15-20 menit. Berolahraga akan membantu kamu menstabilkan tekanan darah.

Istirahat yang Cukup

Istirahat yang Cukup - Shutterstock
Photo Source: Shutterstock
Jika kamu sekolah, kuliah atau bekerja, kamu bisa menyempatkan waktu untuk beristirahat walaupun itu hanya 15 menit. Kamu bisa memejamkan mata sejenak di siang hari untuk menenangkan pikiran. Beberapa penyakit akan muncul jika pikiran kamu tidak tenang atau bahkan stress.
Kunci dari berpuasa walau pun kamu sakit pada intinya adalah tetap niat dan fokus untuk menjalani puasa. Semoga tips di atas bisa kamu lakukan dan melancarkan puasa Ramadhan tahun ini.