Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Tips Atasi Kulit Kering Saat Puasa

Qraved ContributorQraved Contributor
Tips Atasi Kulit Kering Saat Puasa1
@bidkarts
Menjalankan ibadah puasa artinya kita harus menahan lapar dan haus selama seharian. Oleh sebab itu, dehidrasi adalah masalah yang umum terjadi. Dehidrasi tak hanya menimbulkan rasa haus tapi juga berdampak pada kulit yang kering.  Nah, agar kulit tetap lembap dan segar selama bulan puasa, yuk simak tips berikut ini.

Banyak Konsumsi Buah

2
Photo Source:  @thrivemags
Selain banyak minum air putih, pastikan untuk memperbanyak konsumsi buah yang kaya vitamin dan mineral. Tidak cuma itu, buah juga mengandung air dalam jumlah banyak yang membuat kita kenyang lebih lama, serta mencegah kita dari dehidrasi. Buah yang bisa kamu konsumsi misalnya semangka dan melon karena keduanya memiliki kandungan air yang sangat banyak.

Tidak Mengonsumsi Terlalu Banyak Makanan Asin

3
Photo Source:  @masbaday
Garam diperlukan tubuh kita untuk mengatur keseimbangan cairan tapi jika konsumsinya berlebihan maka dapat meningkatkan kepekatan cairan dalam tubuh. Akibatnya, tubuh dapat mengalami dehidrasi dan hal tersebut berimbas pada kulit yang kering. Jika kamu makan makanan asin, maka jangan lupa untuk menambah porsi air mineralmu. 

Memakai Pelembap

4
Photo Source:  @vivifyapothecary
Selain dari dalam, perawatan kulit kering selama menjalankan puasa juga bisa dilakukan dari luar dengan mengoleskan lotion pelembap. Karena asupan air berkurang di siang hari, maka kamu harus memilih pelembap yang mampu bertahan lama. Sebaiknya memilih pelembap yang mengandung cocoa butter atau squalane karena zat ini dapat melembapkan kulit lebih lama.

Mandi dengan Air Dingin

5
Photo Source:  @otji
Di malam hari ketika tubuh lelah, biasanya kita ingin mandi dengan air hangat. Sebaiknya hentikan kebiasaan ini di bulan puasa. Air hangat memang bisa membuat kita rileks tetapi justru dapat mengikis kelembapan alami kulit. Mandilah dengan air dingin untuk mengurangi risiko tersebut.

Menghindari Kopi Saat Sahur dan Berbuka

6
Photo Source:  @yuliia_mamacita
Kopi mengandung kafein yang dapat membuat kulit kering, jadi konsumsi kopi sebaiknya dikurangi selama bulan puasa. Sebaliknya, perbanyak buah dan minum air mineral. Begitu juga dengan teh. Meskipun kandungan kafeinnya tidak sebanyak kopi, tapi minuman yang satu ini juga berisiko membuat kulitmu kering.

Konsumsi Suplemen Jika Perlu

7
Photo Source:  @orchaidel
Jika perlu, konsumsilah suplemen sebelum tidur. Untuk menjaga kulit agar tetap lembap, pilihlah vitamin E yang bisa kamu beli di apotek atau swalayan terdekat. Ada berbagai merek vitamin yang bisa kamu pilih, sesuaikan dosisnya sesuai dengan keperluan nutrisi harian.