Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App

Tips Agar Perut Tidak Keroncongan Selama Puasa

Qraved ContributorQraved Contributor
Tips Agar Perut Tidak Keroncongan Selama Puasa - Main Photo
Tips Agar Perut Tidak Keroncongan Selama Puasa
Rasa lapar tentu merupakan hal yang wajar kamu alami ketika sedang menjalani ibadah puasa. Namun tahukah kamu bahwa rasa lapar yang membuat perut keroncongan saat puasa bisa diminimalisir agar tidak mengganggu? Berikut ini tips yang bisa kamu lakukan agar tidak mudah lapar ketika menjalankan ibadah puasa.

Tidak Melihat Video atau Gambar Makanan

Tidak Melihat Video atau Gambar Makanan - @official_cat
Photo Source: @official_cat
Dibanding hari-hari biasa, melihat iklan atau gambar makanan di bulan puasa akan membuat kita tergoda sehingga lebih mudah merasa lapar. Hal ini disebabkan karena reaksi otak terkait dengan kondisi tubuh yang sedang kekurangan makanan. Kendalikan diri untuk tidak melihat menu makanan atau minuman di siang hari ketika berpuasa. 

Pilih Makanan Ber-IG Rendah Saat Sahur

Pilih Makanan Ber-IG Rendah Saat Sahur - @almondsndberries
Photo Source: @almondsndberries
Perhatikan makananmu saat sahur. Makanan dengan indeks glikemik (IG) tinggi seperti nasi akan membuatmu mudah lapar karena lebih cepat dicerna. Ubi-ubian adalah makanan yang mengandung karbohidrat tetapi ber-IG rendah. Kamu juga bisa membuat perutmu tetap kenyang dengan mengonsumsi kacang-kacangan.

Kurangi Makanan Pedas dan Berminyak

Kurangi Makanan Pedas dan Berminyak - @ucihaozoh
Photo Source: @ucihaozoh
Pantangan terbesar yang tidak boleh kamu lupakan adalah makanan pedas karena dapat menyebabkan gangguan pada lambungmu. Kebiasaan mengonsumsi makanan pedas dan berminyak saat berbuka puasa terbilang buruk karena perut telah kosong seharian. Makan makanan pedas dan berminyak di saat sahur juga akan membuatmu ingin makan lagi dan lagi. Sebaliknya, perbanyak sayur dan kacang-kacangan. 

Hindari Makan Mie Instan Atau Bubur Saat Sahur

Hindari Makan Mie Instan Atau Bubur Saat Sahur - @wawamizul
Photo Source: @wawamizul
Bubur akan dicerna lebih cepat dari makanan biasa, inilah sebabnya mengapa bubur tidak bisa membuatmu kenyang lebih lama. Begitu pun juga dengan mie instan. Kandungan garam dan MSG pada mie instan akan membuatmu cepat haus dan lapar. Karena itu hindari kedua menu makanan tersebut.

Tidur yang Cukup

Tidur yang Cukup - Shutterstock
Photo Source: Shutterstock
Kurang waktu istirahat dapat membuatmu cepat lapar. Oleh sebab itu, kalau selama ini kamu terbiasa begadang, sebaiknya hindari hal itu saat bulan puasa. Tidurlah yang cukup untuk menjaga agar metabolisme tubuhmu tetap seimbang.

Minum Air Mineral Secara Teratur

Minum Air Mineral Secara Teratur - Shutterstock
Photo Source: Shutterstock
Minum air mineral dengan pola 2-4-2. 2 gelas di saat berbuka, 4 gelas di malam hari, dan 2 gelas saat sahur. Air dapat menghindarkanmu dari rasa lapar. Jadi, jika kamu kekurangan asupan air maka jangan heran kalau kamu akan mudah lapar.

Kurangi Aktivitas Berat

Kurangi Aktivitas Berat  - Shutterstock
Photo Source: Shutterstock
Tentu saja aktivitas yang kamu lakukan berdampak pada rasa lapar yang kamu alami. Semakin berat aktivitas yang kamu lakukan maka akan semakin mudah kamu berkeringat sehingga kamu pun cepat merasa lapar. Oleh sebab itu, kamu harus pandai menghemat energi. Jangan menaiki tangga secara tergesa-gesa atau berlari untuk bisa sampai di kantor dengan cepat.

Perbanyak Asupan Protein

Perbanyak Asupan Protein - @mnd_eatwithlove
Photo Source: @mnd_eatwithlove
Protein bisa membuat perutmu kenyang lebih lama. Ketika sahur, jangan lupa mengonsumsi makanan seperit daging atau kacang-kacangan. Selain itu, protein juga bisa kamu dapatkan dari yogurt ataupun keju. Nikmati yogurt dengan buah setelah selesai dengan menu utama ketika sahur.