Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App

Sebaiknya Jangan Makan Menu Ini Saat Sahur

Qraved ContributorQraved Contributor
Menjaga pola makan di bulan puasa adalah hal yang penting diperhatikan, karena bisa mengganggu ibadah yang sedang kita lakukan jika hanya dibiarkan begitu saja. Menu makan di saat sahur adalah salah satu bagian penting saat menjalani bulan puasa. Ada beberapa menu yang sebaiknya tidak kita makan di saat sahur, berikut beberapa di antaranya. 

Makanan Pedas

Makanan Pedas - @seafood_adventures
Photo Source: @seafood_adventures
Makanan pedas selain dapat melukai dinding lambung juga akan membuatmu cepat haus. Pada saat kamu sahur hal itu tidak masalah tapi apa jadinya jika rasa pedas ini tak kunjung hilang hingga di pagi hari atau bahkan siang hari? 

Kopi dan Teh

Kopi dan Teh - @irmaalaydrus
Photo Source: @irmaalaydrus
Mungkin kamu berpikir teh manis hangat adalah pilihan tepat untuk mengisi waktu sahurmu. Jangan salah, teh mengandung kafein yang bersifat diuretik. Sifat diuretik ini akan merangsang tubuh untuk mengeluarkan lebih banyak air. Begitu pun juga kopi. Kandungan kafein yang tinggi pada kopi akan membuatmu cepat haus. 

Makanan Kemasan

Makanan Kemasan - Shutterstock
Photo Source: Shutterstock
Makanan kemasan mengandung nutrisi yang kurang seimbang untuk memenuhi kebutuhan harianmu. Padahal di bulan puasa kamu harus memastikan bahwa kamu memperoleh cukup gizi untuk kebutuhan tubuhmu. Makanan kemasan pada umumnya mengandung lebih banyak garam sehingga akan membuatmu cepat lapar.

Camilan Asin

Camilan Asin - @couchandtable
Photo Source: @couchandtable
Ngemil di saat sahur boleh-boleh saja tapi harus diperhatikan bahwa camilan yang kamu makan adalah camilan yang sehat. Kalau camilanmu banyak mengandung garam, maka bisa membuatmu mudah haus. Sebaiknya kamu memilih camilan berupa kacang almond atau kacang lainnya yang kaya protein sehingga bisa membuatmu lebih bertenaga.

Makanan Berlemak

Makanan Berlemak - @zeus_mark
Photo Source: @zeus_mark
Makanan berlemak dapat menurunkan kecepatan sirkulasi darah yang akan berdampak pada proses pembakaran energi. Padahal, kita harus tetap melanjutkan aktivitas sehari-hari, bukan? Konsumsi makanan berlemak pada saat sahur akan membuat tubuh kita lebih lama menyusun energi untuk melangsungkan kegiatan kita.  

Karbohidrat Sederhana

Karbohidrat Sederhana - @cleoirm
Photo Source: @cleoirm
Makanan yang mengandung karbohidrat sederhana akan cepat diuraikan tubuh menjadi glukosa. Oleh sebab itu, ketika makanan ini habis tubuhmu akan merasa lapar lagi. Contoh karbohidrat sederhana terdapat pada nasi dan roti tepung. Sedangkan makanan yang mengandung karbohidrat tinggi seperti beras merah, gandum, dan oat akan membuatmu kenyang lebih lama.

Gula Sederhana

Gula Sederhana - @wiltoncakes
Photo Source: @wiltoncakes
Selain karbohidrat sederhana, makanan dengan gula sederhana juga sebaiknya dihindari karena makanan jenis ini akan dengan cepat diolah menjadi glukosa. Akibatnya, kamu pun akan merasa mudah lapar setelah mengonsumsinya. Contoh makanan yang mengandung gula sederhana adalah kue dan biskuit.

Mie Instan

Mie Instan - @lindaali
Photo Source: @lindaali
Sama seperti makanan kemasan, mie instan mengandung banyak garam dan MSG yang akan membuatmu merasa haus. Mie instan memang menjadi cara praktis untuk dibuat di saat sahur, tapi bukan pilihan yang tepat untuk mendapatkan nutrisi bagi tubuhmu. Selain itu, mie instan akan membuatmu kenyang hanya dalam waktu yang singkat.