Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Rahasia Anti Loyo Selama Puasa

Qraved ContributorQraved Contributor
Rahasia Anti Loyo Selama Puasa1
Rahasia Anti Loyo Selama Puasa
Menahan rasa lapar dan haus terkadang justru membuat tubuh jadi mudah lemas dan loyo. Terlebih ketika kamu harus menyelesaikan aktivitas di kampus maupun kantor. Pada kesempatan kali ini Qraved akan membeberkan rahasia anti loyo selama berpuasa. Langsung baca tips di bawah ini ya!

You Are What You Eat

2
Photo Source:  @laurakerran
Rahasia anti loyo saat berpuasa yang pertama dan paling utama adalah dengan memperhatikan makanan serta minuman yang kamu konsumsi. Pilih sayuran dan buah yang kaya akan serat dan vitamin untuk menjaga kadar vitamin dalam tubuh. Selain itu, pastikan kamu cukup banyak minum air putih saat berbuka dan sahur agar tidak mengalami dehidrasi.

Perhatikan Porsi Makan

3
Photo Source:  @willieyantie
Selain memperhatikan asupan makanan dan minuman yang dikonsumsi, kamu pun harus menjaga porsi makan. Menurut penelitian, porsi makan terbaik ketika berpuasa adalah 40% saat sahur, 50% saat berbuka, dan 10% setelah tarawih. Pembagian porsi ini akan menjaga komposisi karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral lainnya tetap terpenuhi sehingga tubuh tidak mudah loyo.

Kembalikan Kadar Gula Darah Saat Berbuka

4
Photo Source:  @ninifebriani
Agar tidak loyo kamu bisa menyantap makanan atau minuman manis saat berbuka puasa. Meskipun demikian, hindari makanan yang memiliki kadar gula terlampau tinggi agar tidak menimbulkan risiko diabetes. Kamu juga bisa loh makan buah kurma sebagai sumber gula alami yang baik untuk tubuh.

Jangan Tidur Setelah Makan Sahur

5
Photo Source:  Shutterstock
Nah, seringkali kamu langsung tidur usai makan sahur. Padahal hal tersebut bisa meningkatkan asam lambung sehingga proses pencernaan tidak berjalan lancar. Tak heran kalau kamu jadi mudah merasa loyo di siang hari, karena zat-zat dalam makanan yang kamu konsumsi tidak terserap dengan baik.

Terus Bergerak dan Beraktivitas

6
Photo Source:  Shutterstock
Puasa bukan menjadi alasan kamu untuk bermalas-malasan. Cobalah untuk terus beraktivitas dan bergerak, minimal jalan kaki selama sepuluh menit untuk meregangkan otot-otot kaki. Hal ini tentu akan mengurangi rasa lemas pada tubuh.

Hindari Paparan Sinar Matahari Secara Langsung

7
Photo Source:  @francisco__murillo_
Langkah selanjutnya untuk mencegah loyo saat berpuasa adalah dengan menghindari paparan sinar matahari secara langsung. Pasalnya, terik matahari yang sangat panas itu bisa mengakibatkan tubuh kekurangan cairan dan mengalami dehidrasi lebih cepat. Jadi, kalau memang tidak ada keperluan mendesak sebaiknya berada di dalam ruangan saja saat sedang berpuasa.

Berhenti Merokok

8
Photo Source:  Shutterstock
Perlu diketahui bahwa merokok dapat membuat Anda merasa mual dan mudah lemas saat berpuasa. Hal ini dikarenakan kontra-intuitif dimana puasa ditujukan untuk detoksifikasi badan, sebaliknya rokok justru meracuni sistem tubuhmu. Jadi, berhentilah merokok selama berpuasa agar tubuh tidak mudah terasa loyo.
Itulah tadi beberapa rahasia mengatasi loyo ketika berpuasa. Kamu punya rahasia lagi selain yang disebutkan tadi? Bagikan dengan Qraved di kolom komentar ya.