Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

7 Trik Tetap Sehat Selama Berpuasa Bagi Ibu Hamil

Qraved ContributorQraved Contributor
7 Trik Tetap Sehat Selama Berpuasa Bagi Ibu Hamil1
@jplavusa
Menjalankan puasa saat sedang hamil memang masih diperdebatkan, masih banyak ibu hamil yang percaya bahwa berpuasa tidak akan berpengaruh buruk bagi janin. Namun, kondisi tubuh seseorang tentu berbeda-beda sehingga tak jarang ibu hamil mengalami lemas saat sedang berpuasa. Untuk mengatasi hal tersebut coba lakukan beberapa trik ini agar tetap sehat selama berpuasa meski sedang hamil.

Perhatikan Asupan Nutrisi

2
Photo Source:  @miss_terry_majesty
Ibu hamil yang ikut berpuasa tentu membutuhkan asupan nutrisi lebih banyak. Sangat disarankan untuk mengonsumsi sayuran hijau yang juga merupakan sumber zat besi, folat, dan serat yang baik untuk ibu hamil serta janinnya. Selain itu, agar terhindar dari anemia, ibu hamil juga perlu mengonsumsi daging merah yang memiliki kandungan protein tinggi.

Ganti Nasi Putih dengan Nasi Merah

3
Photo Source:  @omjoe.bintaro
Nasi merah memiliki kandungan serat, zat besi, dan vitamin yang baik untuk tubuh. Sebagai informasi tambahan, nasi merah juga rendah glikemik sehingga mampu membantu ibu hamil merasa kenyang lebih lama. Sangat pas untuk dikonsumsi ketika sahur, bukan?

Konsumsi Minyak Ikan

4
Photo Source:  @maebad
Agar tetap sehat selama berpuasa, para ibu hamil juga harus mengonsumsi minyak ikan secara rutin setiap hari. Kandungan asam lemak omega 3 yang ada pada minyak ikan terbukti ampuh menjaga kondisi sistem saraf janin. Meski tidak murah, minyak ikan ini dapat membantu proses tumbuh kembang janin selama sang ibu sedang berpuasa.

Minum Banyak Air Putih

5
Photo Source:  Shutterstock
Minum air putih dalam jumlah yang banyak juga sangat dianjurkan, baik ketika sahur atau berbuka. Air putih dapat mencegah timbulnya dehidrasi yang membuat tubuh ibu hamil lebih lemas. Dapat pula diseimbangkan dengan segelas susu ketika sahur untuk mengurangi kemungkinan terjadinya anemia.

Kurangi Makan Makanan Manis

6
Photo Source:  @irina_filipenko_72
Untuk tetap sehat dan bugar saat berpuasa, sebaiknya ibu hamil mengurangi konsumsi makanan manis. Hal ini dikarenakan makanan manis akan membuat tubuh mudah lemas. Di samping itu, mengonsumsi makanan manis secara berlebihan justru akan membuat cepat lapar akibat insulin shock.

Memperbanyak Konsumsi Buah

7
Photo Source:  @healthy_camille_
Buah-buahan juga wajib ada pada menu sahur ibu hamil agar BAB lancar sehingga mencegah potensi wasir yang sering terjadi pada ibu hamil. Buah-buahan yang tinggi kandungan vitamin C-nya juga sangat disarankan untuk dikonsumsi agar tubuh ibu hamil tetap sehat selama berpuasa.

Mengakhirkan Makan Sahur

8
Photo Source:  @karanfoodfanatic
Pada dasarnya, waktu sahur yang terbaik memang menjelang imsak. Mengakhirkan makan sahur pun harus dilakukan oleh ibu hamil agar makanan yang dikonsumsi dapat bertahan lebih lama sehingga tetap sehat selama berpuasa. Jangan tergesa-gesa saat makan agar makanan dapat dicerna lebih baik di dalam tubuh.​