Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

7 Tips Ampuh Agar Bibir Tidak Pecah-Pecah Saat Berpuasa

Qraved ContributorQraved Contributor
7 Tips Ampuh Agar Bibir Tidak Pecah-Pecah Saat Berpuasa1
Shutterstock
Saat menjalankan puasa, tentunya ada banyak tantangan yang akan kamu hadapi. Salah satunya adalah bibir pecah-pecah yang bisa membuat puasa jadi tidak nyaman. Lalu bagaimana mengatasinya? Berikut beberapa tips yang bisa kamu ikuti. 

Lakukan Scrub Bibir

2
Photo Source:  @franzweber
Tidak perlu melakukan hal yang satu ini setiap hari agar terhindar dari bibir pecah-pecah saat berpuasa, cukup satu atau dua kali dalam seminggu. Untuk melakukan scrub bibir, gunakan campuran petroleum jelly dan gula pasir. Atau kalau nggak mau ribet kamu juga bisa membeli produk khusus scrub bibir yang ada di pasaran kok.

Jangan Lupa Pakai Lipbalm

3
Photo Source:  @vscocamsari
Tips yang satu ini khusus buat kamu yang cewek. Kamu bisa memakai lip balm setiap hari untuk memaksimalkan bibir untuk tidak pecah-pecah. Lipbalm membantu kulit bibirmu menjadi lebih sehat dan lembab.

Hindari Menjilat Bibir

4
Photo Source:  @osmiaorganics
Bibir kering memang bikin tergoda buat menjilatnya, namun sebaiknya dihindari. Hal ini  dikarenakan enzim yang terdapat pada air ludahmu akan membuat bibir menjadi semakin kering. 

Hindari Makanan Asam, Pedas dan Asin Saat Sahur dan Buka Puasa

5
Photo Source:  @susie.agung
Untuk menghindari bibir pecah-pecah saat berpuasa, hindarilah makanan yang terlalu asam, pedas dan asin saat sahur dan berbuka puasa. Makanan terlalu asam, pedas dan asin akan lebih mudah membuat bibir dan mulut jadi kering. 

Konsumsi Madu

6
Photo Source:  @sophiapulaifico
Konsumsilah tiga sendok makan madu saat sahur. Selain ampuh menghindari bibir pecah-pecah, madu juga bisa menambah staminamu saat berpuasa. Selain dikonsumsi, kamu juga bisa mengoleskannya pada bibir.

Konsumsi Banyak Buah dan Sayur

7
Photo Source:  @audreylilia
Ini nih yang sering dilupakan atau terlewat begitu saja saat menjalankan puasa, yaitu mengonsumsi buah dan sayuran. Akan lebih baik jika kamu mengonsumsi buah yang banyak mengandung vitamin C seperti jeruk dan mangga. Buah-buahan ini akan membantu tubuhmu menggantikan cairan yang hilang selama berpuasa dan mencegah tubuh dehidrasi. Selain buah, sayur juga tidak kalah penting karena sayur-sayuran jelas memiliki banyak manfaat.

Banyak Minum Air Putih

8
Photo Source:  Flickr
Maksimalkan minum air putih saat sahur dan berbuka puasa untuk menjaga kondisi cairan tubuh selama berpuasa. Selain itu, air putih juga mampu melembabkan kulit dari dalam. Jadi, bibir kamu tidak akan mudah kering dan berujung pada bibir pecah-pecah.