Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App

7 Tips Agar Perut Tidak Begah Saat Buka Puasa

Qraved ContributorQraved Contributor
Berbuka puasa adalah saat yang dinanti-nanti bagi orang-orang yang menjalankan puasa. Sayangnya, momen buka puasa juga menjadi ajang balas dendam dengan makan yang banyak. Karena hal itu, banyak orang yang merasa begah atau kekenyangan setelah buka puasa dan menimbulkan rasa tidak nyaman di perut dan malas melakukan kegiatan. Lalu gimana cara buka puasa yang benar agar perut tidak begah setelah buka puasa? Simak tips-nya berikut ini. 

Minum Cukup Air

Berpuasa membuat tubuh kita kekurangan cairan. Maka dari itu, kamu harus memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan meminum cukup air saat berbuka puasa dan juga saat sahur. Cairan tubuh yang cukup akan membantu melancarkan proses metabolisme dalam tubuh sehingga makanan yang masuk akan lebih cepat diproses.

Tapi, Jangan Minum Air Dingin atau Es

Minum es saat berbuka puasa memang menggoda, tapi hal tersebut sebaiknya kamu hindari jika memungkinkan. Kondisi perut yang kosong jika diisi dengan air dingin akan mengakibatkan asam lambung meningkat yang akan membuat perutmu kembung. 

Jangan Langsung Makan Besar

Jangan Langsung Makan Besar - @arissa_xiaofeng
Photo Source: @arissa_xiaofeng
Saat berbuka puasa, jangan langsung makan makanan utama atau yang berporsi besar. Kondisi perut yang kosong karena berpuasa seharian akan langsung kaget jika kamu memberikannya makanan dalam jumlah yang langsung besar yang mengakibatkan perut terasa begah. Maka dari itu, makanlah makanan kecil terlebih dahulu untuk berbuka seperti kurma, aneka kue atau kolak pisang.

Banyak Makan Makanan Berserat

Banyak Makan Makanan Berserat - @letscookvegan
Photo Source: @letscookvegan
Makanan berserat seperti sayur dan buah-buahan mampu membuatmu perut terasa kenyang lebih lama. Jadi, kemungkinan kamu akan makan banyak saat berbuka puasa bisa terkendali. 

Banyak Mengonsumsi Makanan Bergizi

Banyak Mengonsumsi Makanan Bergizi - @leahadri
Photo Source: @leahadri
Selain makan makanan berserat, jangan lupa juga untuk mengonsumsi makanan bergizi lainnya. Jangan lupakan unsur protein, karbohidrat, lemak, vitamin dan mineral. Dengan memakan makanan bergizi, tubuh akan lebih mampu saat menjalankan puasa. 

Makanlah Dengan Posisi Duduk dan Perlahan

Makan dengan posisi duduk akan membuatmu lebih fokus saat menikmati makanan yang kamu konsumsi. Selain itu, makan perlahan ternyata bisa membantumu untuk makan tidak berlebihan saat buka puasa. Nah dengan cara ini, kamu tidak akan makan terlalu banyak dan kamu juga akan terhindar dari rasa begah. 

Jika Mampu, Makanlah Setelah Tarawih

Jika Mampu, Makanlah Setelah Tarawih - @hategastronomy
Photo Source: @hategastronomy
Nah, cara terakhir agar perut tidak begah saat berbuka puasa adalah dengan menunda makan besarmu hingga sampai setelah ibadah tarawih. Jadi, saat berbuka puasa, makanlah makanan ringan untuk mengganjal perut. Makan setelah ibadah tarawih lebih baik karena kondisi lambung sudah optimal karena sudah menyesuaikan diri saat berbuka puasa.