Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Yuk, Simak Tips Mengiris Bawang Merah Tanpa Menangis Berikut Ini!

SintyaSintya
Yuk, Simak Tips Mengiris Bawang Merah Tanpa Menangis Berikut Ini!1
Relief Journal
Ngga cuma kenangan, kadang mengiris bawang merah bisa bikin air mata kamu keluar secara tiba-tiba kan? Ngaku deh, beberapa diantara kamu pasti bakal nangis dan mata terasa perih pas lagi ngiris bawang merah buat masak. Hal ini ngga lain dan ngga bukan karena ada senyawa propanetiol S-oksida yang menguap saat bawang merah diiris yang akhirnya membuat air mata kita keluar tiba-tiba. Nah, biar aktivitas masak kamu makin seru tanpa harus keganggu air mata yang keluar tiba-tiba, yuk simak tips mengiris bawang merah tanpa menangis berikut ini!

1. Mengiris dengan Pisau yang Tajam

Mengiris dengan Pisau yang Tajam2
Photo Source:  wikiHow
Sebelum mengiris bawang, pastikan kalau pisau yang kamu gunakan itu benar-benar tajam ya! Hal ini akan membantu mengurangi penguapan, karena saat pisau yang kamu gunakan itu ternyata tumpul, maka hanya akan memperbanyak gesekan saat mengiris bawang yang pada akhirnya akan mempercepat penguapan bawang merah yang membuat mata terasa perih dan keluar air mata.    

2. Mengunyah Permen Karet

Mengunyah Permen Karet 3
Photo Source:  Prevention
Cara ini juga bisa nih kamu lakuin buat mencegah air mata keluar pas mengiris bawang merah. Alasannya ya karena saat kamu mengunyah permen karet ini maka otot wajah dan mulut akan bergerak dan mencegah mata terasa perih. 

3. Dinginkan Bawang

Dinginkan Bawang4
Photo Source:  Papasemar.com
Kamu juga bisa mendinginkan bawang merah dengan cara memasukkannya ke dalam kulkas atau merendamnya di dalam air es sebelum mengirisnya. Konon sih cara ini bisa memperlambat penguapan cairan kimia yang ada di dalam bawang merah.

4. Mengiris Bawang Merah di Dekat Kipas Angin

Mengiris Bawang Merah di Dekat Kipas Angin5
Photo Source:  Papasemar.com
Cara unik yang satu ini juga bisa juga jadi alternatif kamu mengiris bawang merah tanpa harus menangis, karena angin yang keluar dari kipasnya akan menghalau senyawa propanetiol S-oksida yang menguap. So, kalau bisa mengiris bawang merahnya di dekat kipas angin ya guys!

5. Menaruh Garam di Dekat Bawang Merah

 Menaruh Garam di Dekat Bawang Merah6
Photo Source:  Salt Sisters
Kalau yang satu ini sih cara lama yang banyak diajarkan sama orang tua jaman dulu. Katanya sih menaruh garam di dekat bawang merah saat mengirisnya akan membantu menetralkan penguapan senyawa yang keluar dari bawang merah.

6. Memakai Kacamata Renang

Memakai Kacamata Renang7
Photo Source:  Ekspresi Suara Remaja
Ngga cuma bisa dipakai pas renang, ternyata ada manfaat lain yang bisa kamu dapetin dari kacamata renang, yaitu sebagai penyelamat kamu saat mengiris bawang merah pas masak. Kenapa? Ya karena kacamata ini bisa menghalangi uap dari senyama propanetiol S-oksida yang keluar dari bawang merah.