Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Yuk, Perhatikan Cara Membedakan Menu Makanan Halal dan Non Halal Berikut Ini!

SintyaSintya
Yuk, Perhatikan Cara Membedakan Menu Makanan Halal dan Non Halal Berikut Ini!1
youtube.com
Kamu pasti ngga mau dong lagi enak-enak makan, eh ternyata makanan yang kamu makan itu adalah makanan non halal. Wah, kalau sudah gini pasti galau deh mau habisin makanannya atau ngga karena sudah setengah jalan habis dan (sayangnya) enak. Hahaha! Untuk menghindari kemungkinan kayak gini, yuk perhatikan cara membedakan mana menu makanan yang halal dan non halal berikut ini!

Perhatikan Restonya Baik-baik

Perhatikan Restonya Baik-baik2
Photo Source:  visit-sheilla.blogspot.com
Langkah pertama sebelum kamu memilih menu makanan adalah dengan cara memperhatikan restoran atau tempat makannya dulu. Dimanapun itu, mau restoran bintang lima, hotel, atau di kaki lima. Biasanya mereka bakal mencantumkan kalimat keterangan "Mengandung Babi" untuk beberapa menunya. Nah, kalau memang ngga ada keterangan tadi, kamu bisa banget tanya ke pelayannya nih menu di resto ini mengandung babi atau ngga. Ngga usah malu, karena pasti mereka juga ngga bakal marah kok.

Lihat Buku Menu

Lihat Buku Menu3
Photo Source:  separuhakulemak.blogspot.com
Cara selanjutnya yang juga gampang banget adalah dengan melihat buku menunya. Kalau ada gambar babi, berarti makanan itu ngga halal. Perhatiin juga nama menu makanannya, karena istilah untuk makanan yang mengandung babi kan banyak banget tuh kayak pork, chasiu, lard, swine, bacon, yakibuta, cu nyuk, tonkatsu, dan masih banyak lagi istilah lainnya. Makanya, waspadalah....waspadalah!

Tanya Teman

Tanya Teman4
Photo Source:  seelio.com
Jangan langsung makan makanan terutama daging pemberian temen kamu ya. Bukan maksud curiga dan ngga menghargai, cuma untuk jaga-jaga aja takutnya itu adalah daging babi. Makanya, ada baiknya kamu tanya dulu tuh sebelum menerima tawaran daging dari temen kamu. Kalo sekiranya aman, baru deh bisa kamu terima dan makan. Oh iya, jangan asal main makan makanan orang lain juga ya kan kita juga ngga tau itu daging apa. Hehehe...

Akses Website MUI

Akses Website MUI5
Photo Source:  mui.or.id
Cara gampang (dan kalau kamu sempat) selanjutnya adalah dengan membuka situs Majelis Ulama Indonesia. Di sini kamu bakal tau daftar makanan yang halal dan non halal yang ada di Indonesia. Jadi bisa buat jaga-jaga kan siapa tau suatu saat kamu ke restoran dan nemuin menu makanan yang non halal, jadi bisa dihindari deh. 

Scan Barcode Kemasan Produk

Scan Barcode Kemasan Produk6
Photo Source:  mui.or.id
Jaman semakin canggih, kamu juga bisa nih ngecek apakah produk yang kamu beli itu halal atau ngga dengan cara scan barcode yang ada di kemasan produk pakai aplikasi ProHalalMUI yang bisa diunduh di Android atau Halal MUI untuk Blackberry. Biasanya sih produk kayak gini banyak dijual di supermarket dan kamu masih belum tau halal atau ngga nya. 

Sekarang ngga ada alasan lagi kan buat ngga tau mana makanan halal dan mana yang non halal? Selebihnya sih urusan kamu mau mengonsumsi makanan apa yang menurut kamu baik. Be smart!