Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Tips Agar Opor Ayam Tetap Tahan Lama

SintyaSintya
Tips Agar Opor Ayam Tetap Tahan Lama  - Main Photo
resep-makanan.com
Lebaran kurang lengkap rasanya kalau ngga ada ketupat dan opor ayam. Sayangnya, opor ayam adalah salah satu makanan yang ngga bisa tahan lama karena dibuat dari bahan dasar santan. Tapi, jangan khawatir! Kamu tetap bisa makan opor ayam meskipun lebaran sudah lewat kok! Penasaran? Makanya, yuk simak tips agar opor ayam tetap tahan lama menurut Qraved berikut ini!

1. Pemilihan Santan

2
Photo Source: bumbunarasa.blogspot.com
Sebelum masak opor ayam, pastiin kamu memilih bahan dasar dengan kualitas yang bagus ya! Pastiin kamu memilih santannya dengan baik dan benar. Kamu bisa tuh ke pasar dan beli kelapa parut dari daging kelapa yang masih segar, berwarna putih dan tebal.

2. Mengolah Santan

3
Photo Source: fitnesskites.com
Setelah menyiapkan kelapa parut, peraslah parutan kelapa itu pakai air bersih biar ngga cepat basi santannya. Pastiin juga kamu sudah cuci tangan ya biar santannya ngga kecampur bakteri yang ada di tangan kamu.

3. Penyimpanan Opor Ayam

4
Photo Source: aqiqahcatering.com
Setelah opor ayam matang, simpanlah di tempat atau wadah yang kedap udara. Pastiin juga kamu menyimpannya dalam keadaan dingin, ya! Kamu juga bisa nyimpen opornya di dalam freezer, asal dengan catatan opor ayam sudah terbungkus rapi di dalam plastik. Atau, kamu juga bisa nih menyimpan santan dan elemen opor ayam lainnya di wadah terpisah biar ngga cepat basi.

4. Menghangatkan Opor Ayam

5
Photo Source: ittacook.wordpress.com
Kalau sudah begini, kamu akan lebih mudah buat makan opor ayamnya lagi. Cuma tinggal keluarin dari freezer, terus diangetin deh di dalam dandang. Jangan lupa, makannya pakai ketupat, sambel goreng ati, dan taburan bawang gorengnya, ya! Selamat (mendekati) lebaran!