Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Ragam Kuliner yang Mesti Kamu Coba Saat Pelesir ke Tana Toraja

SintyaSintya
Ragam Kuliner yang Harus Kamu Coba Kalau Pelesir ke Tana Toraja1
Peep Indonesia
Ada rencana jalan-jalan ke Tana Toraja? Selain wisata alam dan budaya, jangan lupa mulai rencanakan agenda wisata kuliner! Banyak makanan unik, lezat, dan tentunya menggoyang lidah serta imanmu untuk mencobanya. Kira-kira, apa saja ya makanan yang harus kamu coba kalau pelesir ke Tana Toraja? Yuk, simak list-nya berikut ini!

1. Pa'Piong

Pa'Piong2
Photo Source:  thinkoholic.com
Makanan pertama yang harus kamu coba adalah Pa'Piong, yaitu makanan yang dimasak dengan menggunakan bambu biasa dengan isian daging kerbau atau babi (Pa'Piong Duku) atau ada juga Pa'Piong Bo'Bo yang menyerupai lontong karena terbuat dari beras. Salah satu tempat makan yang menyediakan ini adalah Pong Buri yang berada di Jalan Emi Saelan 1, Rantepao.

2. Pantollo' Lendong

Pantollo' Lendong3
Photo Source:  Portal Solata
Memang sih, beberapa makanan atau bahkan hampir semua makanan khas Tana Toraja ini memiliki nama yang unik. Seperti Pantollo' Lendong ini misalnya. Ada yang tahu ini makanan apa? Hmm, mungkin masih banyak dari kamu yang belum tahu ya. Jadi, pantollo dalam bahasa Toraja sendiri artinya adalah makanan yang terbuat dari bahan utama bumbu hitam (kluwak) atau kita mengenalnya dengan salah satu bahan untuk membuat  menu rawon. Sementara dalam olahan Pantollo Lendong, bahan dasar utamanya adalah belut yang diracik dengan bumbu seperti rawon dan dicampur dengan rempah-rempah khas Toraja. Biasanya sih makanan ini akan banyak dijumpai di berbagai acara adat masyarakat Toraja.

3. Pantollo' Duku Bai

Pantollo' Duku Bai4
Photo Source:  love toraja
Kalau Pantollo' Lendong dibuat dari bahan dasar belut, beda lagi dengan Pantollo' Duku Bai yang terbuat dari daging babi. Kuliner khas Toraja yang satu ini juga dimasak seperti rawon dengan tambahan rempah khas Tana Toraja dan lombok katokkon yang rasanya sangat pedas. Sangat cocok untuk kamu pecinta daging babi dan makanan pedas.

4. Pantollo' Bale

Pantollo' Bale5
Photo Source:  Portal Solata
Nah, kalau meu Pantollo' yang satu ini terbuat dari ikan. Ikan yang digunakan adalah jenis ikan mas. Cara mengolahnya pun sama dengan Pantollo' Lendong dan Duku Bai yang dimasak seperti rawon dengan tambahan bumbu rempah lainnya.

5. Dangkot atau Daging Kotte

Dangkot atau Daging Kotte "Bebek"6
Photo Source:  Imgrum
Dangkot atau makanan yang terbuat dari bahan utama daging bebek merupakan salah satu kuliner "aman" yang harus kamu coba saat pelesir ke Tana Toraja. Jadi, dalam menu ini daging bebek diolah dengan rempah khas Toraja dan rasanya sangat gurih dan pedas. Hmm, mungkin makanan ini memiliki rasa yang mirip dengan bebek rica-rica ya?

6. Pa'Tong

pa'tong7
Photo Source:  love toraja
Kalau makanan yang satu ini sih Qraved tidak terlalu merekomendasikan untuk kalian, karena bahan utama yang digunakan untuk membuat pa'tong adalah daging anjing yang diolah dengan rempah khas Toraja dan rasanya sangat pedas luar biasa. Memang terdengar sangat ekstrim, tapi makanan ini memang makanan spesial yang ada di Toraja dan konon dijual dengan harga yang cukup mahal. Makanan ini pun hanya bisa ditemukan di tempat-tempat tertentu. Meskipun begitu, tidak semua orang Toraja mengonsumsinya karena berbagai alasan. 

7. Ballo

Ballo8
Photo Source:  Kumpulan Lirik dan download Lagu
Kalau tadi sudah berbicara seputar makanan, kali ini kita bahas tentang minuman khas Toraja. Salah satunya adalah Ballo atau tuak. Jangan kaget ya kalau kamu mengunjungi Tana Toraja dan melihat banyak orang mengonsumsi minuman ini, karena di sana sudah sangat wajar jika orang-orang meminumnya, mulai dari yang tua, muda, lelaki, dan perempuan. Ballo juga merupakan minuman yang selalu ada di setiap kesempatan dan dianggap sebagai minuman pergaulan di mana semua orang harus meminumnya (mungkin termasuk kamu) karena mereka akan menyuguhkan Ballo pada setiap tamu yang datang. So, siap-siap saja ya!