Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Penting! Inilah Cara Membedakan Daging Sapi dan Daging Babi yang Harus Kamu Pahami!

SintyaSintya
Penting! Inilah Cara Membedakan Daging Sapi dan Daging Babi yang Harus Kamu Pahami!1
www.farmanddairy.com
Meskipun bentukannya yang mirip, tetap ada beberapa perbedaan mendasar antara daging sapi dan daging babi. Menurut penjelasan Dr. Ir. Joko Hermanto, guru besar Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan IPB, ada beberapa perbedaan fisik yang bisa dilihat dari daging sapi dan babi, mulai dari warna, serat, tipe lemak, aroma, dan tekstur pada daging. Buat kamu yang penasaran mau tau gimana caranya bedain daging sapi dan daging babi, yuk simak beberapa caranya berikut ini. Biar suatu saat kamu ngga ketipu dan salah pilih daging pas lagi belanja daging di pasar.

Warna Daging

Warna Daging2
Photo Source:  liputan75.blogspot.com
Daging babi punya warna yang lebih pucat dibandingkan daging sapi yang punya warna kemerahan. Jadi, kalau daging babi itu warnanya hampir menyerupai warna daging ayam. Tapi ada juga penjual daging yang dengan sengaja melumuri daging bagi pakai darah sapi biar terlihat mirip. Kalau sudah gini, kamu bisa siram dulu dagingnya buat tau itu daging sapi atau babi. Think smart!

Serat Daging

Serat Daging3
Photo Source:  kabarhandayani.com
Pada daging sapi, kamu bakal lihat serat-serat daging yang padat dan garisnya juga terlihat jelas. Beda sama daging babi yang seratnya terlihat samar dan renggang. Biar makin yakin, coba deh dagingnya direnggangkan buat lihat seratnya.

Lemak Daging

Lemak Daging4
Photo Source:  penuhkesukuran.blogspot.com
Perbedaan lemak daging pada kedua dagingnya terletak pada tingkat keelastisannya. Daging babi punya lemak yang lebih elastis jika dibandingkan dengan lemak daging sapi yang kaku dan berbentuk. Selain itu lemak pada daging babi akan sulit dilepas karena basah dan elastis, berbeda sama lemak daging sapi yang keras. 

Aroma Daging

Aroma Daging5
Photo Source:  abceconomia.co
Perbedaan selanjutnya bisa dilihat dari aroma dagingnya. Daging babi punya aroma yang khas dan cenderung lebih apek dan amis, berbeda dengan daging sapi yang aromanya anyir. Di sinilah kemampuan indera penciuman kamu lagi diuji. Hehehe...

Tekstur Daging

Tekstur Daging6
Photo Source:  www.farmanddairy.com
Daging sapi punya tekstur yang lebih kaku jika dibandingkan dengan daging babi yang lembek dan mudah diregangkan. Hal ini karena serat pada daging sapi jauh lebih banyak daripada daging babi. Perbedaan selanjutnya juga bisa kita ketahui dari harga daging. Harga daging sapi jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan daging babi. Makanya, kalau kamu nemuin ada penjual daging sapi yang menjual dagingnya dengan harga miring, kamu harus lebih hati-hati, karena bisa aja itu daging sapi yang sudah basi atau bahkan ternyata dia menjual daging babi. 
Tapi, kita juga tau bahwa ngga cuma daging sapi aja yang punya banyak penggemar, ternyata masih banyak juga lho orang yang suka banget makan daging babi (mungkin kamu juga salah satunya). Mau tau apa aja restoran di Jakarta yang punya menu daging babi yang rasanya maknyus? Yuk, simak beberapa list-nya berikut ini!
Lapo Ni Tondongta Penting! Inilah Cara Membedakan Daging Sapi dan Daging Babi yang Harus Kamu Pahami!7View All Photos
Photo Source:  maria_fiona
Ngga susah kok nyari menu daging babi di Jakarta, karena kita bisa banget nih mampir ke lapo alias tempat makannya orang Batak buat makan aneka sajian dari daging babi. Salah satu lapo rekomendasi dari Qraved adalah Lapo Ni Tondongta yang ada di Senayan ini. Di sini kamu bisa makan saksang yang dimasak dengan bumbu yang bakal bikin kamu ketagihan deh!
Bakmi Aheng Mangga Besar Penting! Inilah Cara Membedakan Daging Sapi dan Daging Babi yang Harus Kamu Pahami!8View All Photos
Photo Source:  indra.winata
Buat kita, bakmi polos atau bakmi ayam aja rasanya enak banget ya guys, apalagi kalau bakmi babi? Ugh, pasti rasanya mantep banget ya! Kenyalnya mie ditambah daging babi yang juicy bakal bikin nafsu makanmu meningkat tajam. Salah satu bakmi babi yang bisa kamu coba adalah Bakmi Aheng yang ada di Mangga Besar ini. Cobain deh!
Yamagoya Ramen 9View All Photos
Photo Source:  @yamagoyaramen.id
Ngga cuma bakmi babi, ramen juga bakal makin nikmat kalau ditambah topping irisan daging babi yang empuk dan gurih kan? Kamu bisa nih makan ramen dengan topping daging babi kalau mampir ke Yamagoya Ramen yang ada di Pluit. Mau coba?
Song Fa Bak Kut Teh Sop Iga Babi10View All Photos
Photo Source:  @eatintangerang
Di Tanjung Duren juga ada nih tempat makan dengan sajian dari babi yang bisa kamu coba, namanya Song Fa Bak Kut Teh. Menu yang bisa kamu coba adalah Song Ga Bak Kut Teh, yaitu sop iga babi yang konon seger banget dan menggoda selera. Pas banget buat kamu pecinta daging babi nih.
Sate Babi Johan 11View All Photos
Photo Source:  fandylo
Mau makan sate babi? Bisa banget nih kalau kamu mampir ke Sate Babi Johan. Kamu bakal makan sate daging babi yang dibakar sampai agak hitam dan dinikmati pakai sambel kecap yang pedas. Juicy banget!