Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Penggemar Steak? Yuk, Kenali Tingkat Kematangan Steak Berikut Ini!

SintyaSintya
Penggemar Steak? Yuk, Kenali Tingkat Kematangan Steak Berikut Ini!1
www.chefsteps.com
Selama ini kita mengenal tingkat kematangan daging mulai dari rare, medium, sampai well done. Tapi, sebenernya kamu tau ngga sih sebenernya daging yang rare atau well done itu yang kayak gimana? Nah, buat kamu penggemar steak, yuk kenali tingkat kematangan steak berikut ini biar nantinya bisa bedain tingkat kematangannya. Lumayan kan, siapa tau bisa buat kamu belajar masak steak sendiri di rumah. Hehehe...

1. Bleu

Tingkat kematangan steak bleu2
Photo Source:  en.wikipedia.org
Tau ngga sih guys kalau ternyata masih ada satu tingkat sebelum rare atau steak yang masih mentah. Tingkat kematangan ini disebut "Bleu", di mana hanya bagian luar daging aja yang terpanggang, sedangkan di dalamnya masih mentah dan berwarna merah. Makanya, tekstur daging pada tingkat kematangan ini cenderung kenyal seperti gel dan sedikit agak alot saat dikunyah. Pernah coba?

2. Rare

Tingkat kematangan steak rare3
Photo Source:  www.reddit.com
Setelah bleu, baru ada tingkat kematangan rare. Hampir sama dengan tingkat kematangan bleu, tingkat kematangan rare juga hanya daging bagian luarnya aja yang terpanggang, sedangkan 75% bagian dalamnya masih merah. Untuk mendapatkan steak dengan tingkat kematangan rare, kamu harus memasaknya dengan suhu 48 derajat celcius.

3. Medium Rare

Tingkat kematangan steak medium rare4
Photo Source:  www.reddit.com
Kalau tingkat kematangan yang ini 50% bagian dagingnya sudah terpanggang sempurna dan hanya menyisakan sedikit bagian yang berwarna merah di daging bagian dalamnya. 

4. Medium

Tingkat kematangan steak medium5
Photo Source:  www.chefsteps.com
Di tingkat kematangan ini, tekstur daging mulai kering dan lebih keras. Warna daging juga mulai kecoklatan dan daging bagian dalamnya berwarna pink. Untuk mendapatkan daging dengan tingkat kematangan medium membutuhkan suhu 8-10 derajat celcius lebih panas dibandingkan dengan tingkat kematangan rare. Cocok banget buat kamu yang suka sama tekstur daging yang juicy. 

 

5. Medium Well Done

Tingkat kematangan steak medium well done6
Photo Source:  www.chefkevinblakeman.com
Hampir sama dengan medium, tingkat kematangan medium well done juga daging sudah lebih keras dan bagian dalamnya berwarna merah muda menuju matang. Tapi, di tingkat kematangan ini dagingnya ngga terasa juicy. 

6. Well Done

Tingkat kematangan steak well done7
Photo Source:  honeypiesrecipes.com
Ini dia tingkat kematangan daging yang paling sempurna, makanya disebut well done. Warna daging cokelat merata di seluruh bagian daging, tekstur daging lebih keras karena kandungan airnya sudah menguap yang akhirnya membuat daging sama sekali ngga juicy.