Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Mengenal Banchan, Hidangan Side Dish Khas Korea

Kevin IrwanKevin Irwan
Mengenal Banchan, Hidangan Side Dish Khas Korea1
Mengenal Banchan, Hidangan Side Dish Khas Korea
Selain K-pop dan drama-drama Korea, makanan khas Korea pun berhasil mencuri hati banyak orang Indonesia, terutama yang tinggal di Jakarta. Nah, jika kalian pernah makan di restoran Korea, dimanapun itu, dan apapun jenisnya, kalian pasti tahu ada berbagai hidangan pembuka khas Korea yang dihidangkan sesaat setelah kamu memesan makanan.  
banchan2
Photo Source:  missconfig
Pilihan hidangan makanan dalam porsi kecil namun mempunyai banyak variasi (dan gratis) ini disebut Banchan. Dari sekian banyak jenisnya, satu item yang pasti menjadi bagian dari Banchan dan sudah banyak dikenal orang adalah Kimchi. Selain Kimchi, apalagi yang menjadi bagian dari Banchan? Yuk, simak list berikut ini!

Namul

banchan3
Photo Source:  VeganBeats
Namul merupakan sayuran yang ditumis dengan cuka, minyak wijen, garam dapur, bawang putih, daun bawang, bubuk cabai, hingga kecap asin. Versi dari Namul juga cukup beragam, tapi Namul yang sering disajikan adalah Kongnamul yang terbuat dari tauge. Meski menggunakan banyak bumbu, hidangan ini mempunyai rasa yang cenderung ringan karena memang ditujukan sebagai hidangan pembuka.

Jeon

banchan4
Photo Source:  pepper
Selain Kimchi, mungkin Jeon adalah satu jenis Banchan yang paling populer. Sepintas  bentuk dari hidangan yang satu ini agak menyerupai telur dadar tipis.  Salah satu jenis jeon yang paling dikenal adalah Pajeon yang terbuat dari adonan tepung terigu dan sayuran yang digoreng tipis seperti panekuk. 

Bokkeum

banchan5
Photo Source:  kimchimari
Bokkeum adalah sejenis hidangan tumisan yang menggunakan saus ala Korea. Nuansa pedas manis mendominasi cita rasa dari hidangan ini. Bahan yang digunakan untuk tumisan cukup beragam, mulai dari daging babi, gurita kecil, atau jamur. Namun yang paling sering ditemukan adalah Bokkeum yang menggunakan bahan dasar ikan teri. Ikan yang digoreng garing terlebih dahulu kemudian ditumis menggunakan saus dengan rasa manis dan pedas. 

Jorim

banchan6
Photo Source:  koreanbapsang
Berikutnya adalah Jorim. Terdapat dua versi dari hidangan ini yang dijaikan bagian dari banchan, yaitu Dubu-jorim dan juga Jang-jorim. Jika Dubu-jorim menggunakan tahu, Jang-jorim menggunakan bahan dasar daging sapi. Tahu atau sapi tersebut direbus menggunakan kuah kaldu dan berbagai rempah-rempah dan menghasilkan rasa yang unik.

Jjim

banchan7
Photo Source:  happydalki
Berikutnya adalah Jjim. Ada dua versi Jjim yang seringkali menjadi bagian dari banchan, satu menggunakan bahan dasar ikan, dan satunya lagi menggunakan bahan dasar telur plus sayuran. Jjim adalah hidangan yang dikukus diatas wadah tanah liat. Soal rasa hidangan ini memang cenderung minimalis, namun sangat menonjolkan kualitas bahan yang digunakan. Rasanya yang tidak terlalu pekat juga membuat hidangan ini sangat cocok disajikan sebagai menu pembuka.