Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Masih Ingat dengan Jajanan Generasi 90an Ini?

david handokodavid handoko
Nama-Nama Jajanan Tahun 90an1
@foodgallerybdg
Kalau kamu mengaku anak generasi tahun 90-an, harusnya kamu ingat banyak jajanan di dekade tersebut yang sekarang sudah nggak ada, atau jarang bisa ditemukan. Tes kemampuan ingatanmu dengan menebak nama jajanan jadul berikut!

Terbuat Dari Telur dan Berbentuk Seperti Sate

Nama-Nama Jajanan Tahun 90an2
Photo Source:  @foodgallerybdg
Terbuat dari telur yang bertekstur seperti serabut, lalu digulung jadi berbentuk seperti sate dan diberi saus sambal. Enaknya sih, dimakan selagi masih panas! Kadang, ada juga yang diisi sosis atau bakso di dalamnya. Sudah ingat? Jajanan ini sering disebut dengan nama TELUR GULUNG!

Agak Manis, Terbuat dari Tepung Beras dan Mengandung Kelapa

Nama-Nama Jajanan Tahun 90an3
Photo Source:  @foodgallerybdg
Konon, makanan manis ini sering jadi jajanan yang diminta-minta anak tahun 90-an saat baru pulang sekolah. Teksturnya empuk, bentuknya sederhana, terbuat dari tepung beras, tepung tapioka dan parutan kelapa yang gurih dan 'krenyes-krenyes' saat dikunyah. Masih lupa? Kue ini bernama BANDROS!

Digoreng di Penggorengan Bulat dan Diisi Daun Bawang

Nama-Nama Jajanan Tahun 90an4
Photo Source:  cejadoe
Konsepnya sih, gampang banget. Telur yang dipecahkan ke penggorengan bulat, ditambahkan daun bawang agar gurih, lalu digoreng hingga garing. Bedanya, jajanan ini bukan menggunakan telur ayam maupun telur bebek. Yang digunakan adalah telur kecil yang sekaligus jadi judul jajanan ini, yaitu TELUR PUYUH, atau sering juga disebut ENDOK PUYU.

Ada Gula Merahnya, Ada Daun Kelapanya

Nama-Nama Jajanan Tahun 90an5
Photo Source:  @foodgallerybdg
Yang satu ini, sekarang sudah sulit untuk kita temukan di kota-kota besar, apalagi Jakarta. Terbuat dari adonan campuran gula merah, dibungkus dengan daun kelapa yang dipelintir. Menikmatinya pun seru banget, soalnya sambil menghabiskan, kamu harus membuka bungkus daun kelapa dengan memelintirnya. This one is called CELOROT.

Tipis, Garing, Manis dan Enak

Kuliner Masa Kecil Yang Bikin Kangen Parah6
Photo Source:  @foodgallerybdg
Makanan manis ini dibuat di wajan rata yang bisa diputar terus menerus. Bentuknya hampir mirip dengan Crepes, tapi tekturnya lebih garing. Dengan cara makan seperti cracker atau kerupuk, bedanya jajanan ini justru manis dengan tambahan gula dan coklat. Dahulu sih, harganya hanya seratus rupiah. Kangen nggak, makan LEKKER?

Semua Warga Jakarta Harusnya Tahu Nama Jajanan Ini

Kuliner Masa Kecil Yang Bikin Kangen Parah7
Photo Source:  @foodgallerybdg
Kuliner khas kota Jakarta ini proses pembuatan dan bahan yang digunakan cukup unik. Beras yang dibuat mengerak bersama adonan telur di wajan, dibalik menghadap ke tungku sampai kering, lalu disajikan dengan serundeng, bawang goreng dan sambal. Jangan ngaku jadi orang Jakarta kalau kamu nggak tahu nama KERAK TELOR.

7. Putu Pisang

Kuliner Masa Kecil Yang Bikin Kangen Parah8
Photo Source:  @foodgallerybdg
Kue yang tergolong sehat ini, enak sekali dimakan di kala hujan. Kehangatan kue bercampur pisang yang manis dan lembut, biasanya disajikan dengan daun pisang yang membuat aromanya semakin harum. Kangen nggak sih, makan PUTU PISANG?

8. Surabi Solo

Kuliner Masa Kecil Yang Bikin Kangen Parah9
Photo Source:  @foodgallerybdg
Serupa, tapi tak sama dengan kue 'khas' kota Bandung. Jajanan yang satu ini tekturnya lembut, tapi garing di bagian luar serta agak tipis seperti telur dadar. Saat dikunyah, rasanya agak manis dan lumer di mulut. Yang ini, namanya SURABI SOLO.