Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Makanan yang Hilang dari Kereta Api Jarak Jauh

Sigit PrasetyoSigit Prasetyo
Makanan yang Hilang dari Kereta Api Jarak Jauh1
cipika.co.id
Makin lama, kereta Indonesia semakin nyaman. Di sana-sini banyak pembenahan. Orang pun jadi semakin nyaman dan menjadikan kereta sebagai salah satu moda transportasi andalan saat bepergian jauh. Namun, dalam perubahan pelayanan yang semakin baik itu, ternyata kereta api juga menyisakan cerita dan kenangan. Yaitu cerita dan kerinduan akan makanan-makanan yang biasanya dulu dijajakan dalam kereta. Baik kereta kelas ekonomi ataupun kelas bisnis. Emang, momen orang jualan yang lalu lalang itu sering bikin kesel. Udah tahu, duduk aja susah, tapi masih aja mereka jualan. Tapi, meski begitu, momen-momen yang kaya gitu malah bikin kangen. Soalnya, jajan-jajanan itu sering jadi temen ngobrol bareng sesama penumpang kereta.

1. Nasi Rames

Makanan yang Hilang dari Kereta Api Jarak Jauh2
Photo Source:  wikipedia
Buat kamu yang suka banget naik kereta, pasti hafal banget kalo udah masuk Cirebon pasti banyak orang yang jualan nasi rames yang dibungkus pakai tas plastik. Nasi rames ini, lauknya ga banyak. Kalo yang ayam, daging ayamnya cuma secuil. Kadang juga ga anget (meski si penjual bilang anget). Terus, ada bonus air putih yang dibungkus pakai plastik es lilin.

2. Pecel Pincuk

Makanan yang Hilang dari Kereta Api Jarak Jauh3
Photo Source:  akhalisa.wordpress.com
Selain nasi rames, ada pecel. Nah, kalo makanan yang satu ini biasanya nongol di daerah Madiun, secara kota tersebut emang gudangnya pecel. Terus, ga jarang juga pecel yang dijajakan di kereta ini malah rasanya lebih enak daripada yang dijual di Jakarta. Rasanya lebih otentik dan bumbu kacangnya berasa banget.

3. Lanting

Makanan yang Hilang dari Kereta Api Jarak Jauh4
Photo Source:  tokopedia.com
Lanting. Selain merupakan cemilan yang dijajakan di kereta, makanan ini juga jadi penanda kalo kita sedang dan/atau menuju ke daerah Banyumas. Soalnya, kalo kereta sedang berada di kawasan Banyumas, penjual makanan ini mulai bermunculan di kereta.

4. Getuk

Makanan yang Hilang dari Kereta Api Jarak Jauh5
Photo Source:  cipika.co.id
Beda lagi kalo masuk Purwokerto. Setelah masuk Purwokerto, getuk-lah yang akan mendominasi. Getuk ini emang enak banget buat dijadiin temen ngobrol di bordes pas kereta sedang penuh-penuhnya.

5. Wingko Babat

Makanan yang Hilang dari Kereta Api Jarak Jauh6
Photo Source:  cipika.co.id
Nah, kalo kamu yang sering naik kereta jalur utara, pasti (dulu) sering banget nemuin wingko babat. "Oleh-olehnya, wingko babat murah," begitu biasa para penjual menjajakan dagangannya. Ya, wingko babat yang ada di kereta ini emang cocok buat dijadiin buah tangan. Soalnya harganya ga mahal-mahal amat. Terus kemasannya juga ga malu-maluin buat dijadiin tentengan.

6. Sale Pisang

Makanan yang Hilang dari Kereta Api Jarak Jauh7
Photo Source:  resepgurih
Pun begitu sama sale pisang. Makanan ini juga sering banget nongol di kereta api. Rasanya emang ga begitu renyah dan cenderung alot, memang. Tapi, Qraved justru sering beli makanan ini sebagai teman ngopi dan ngobrol bareng penumpang kereta lainnya. Duh... jadi kangen naik kereta, kan.

7. Pop Mie

Makanan yang Hilang dari Kereta Api Jarak Jauh8
Photo Source:  office.sukamart.com
"Mie baso... mie baso. Yang lapar, mie basonya..." Buat kamu yang sering naik kereta juga, pasti suara orang yang menjajakan Pop Mie ini begitu mengena di hati. Pop Mie jugalah yang sering jadi andalan penunda lapar saat perjalanan. Maklum, dulu restorasi ga selengkap dan sekeren sekarang. Terus, lagipula siapa pula yang mau jalan ke restorasi dan ngelewatin lautan manusia yang duduk di lantai demi Pop Mie?