Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App

Lebaran Atau Lebar-an? Yuk Hitung Kalori Makanan Lebaran

Nimas AriniNimas Arini
Lebaran Atau Lebar-an? Yuk Hitung Kalori Makanan Lebaran - Main Photo
Lebaran Atau Lebar-an? Yuk Hitung Kalori Makanan Lebaran
Lebaran emang momen paling ditunggu-tunggu setelah satu bulan puasa. Apalagi kalau kamu doyan makan banget, Lebaran bisa jadi momen pembalasan. Pasti ada kan diantara kamu yang udah turun beberapa kilo pas puasa kemarin sekarang mendadak naik lagi timbangannya. Jadi ini sebenarnya Lebaran atau lebar-an sih? Nah biar tau kenapa timbangan tiba-tiba naik lagi ini dia penjelasannya. 

Opor Ayam

 - Royco.co.id
Photo Source: Royco.co.id
Puasa terakhir mungkin jadi cobaan berat karena dari siang udah pada masak opor ayam. Wanginya opor ayam ini emang bikini man lemah. Nah tapi tau nggak sih ayam yang dimasak pakai santan ini punya kalori yang lumayan juga loh. Satu porsi opor ayam ini punya 415 kalori yang artinya kalorinya lebih banyak dari satu piring nasi goreng.

Rendang

 - masteresep.com
Photo Source: masteresep.com
Di tahun 2011 rendang berhasil dinobatkan sebagai makanan terenak di dunia versi CNN. Masakan khas Sumatera Barat yang mempunyai proses memasak panjang ini juga selalu hadir setiap Lebaran. Walaupun rasanya enak banget, terdapat 195 kalori di dalam 100 gram rendang.

Sambel Ati

 - commons.wikimedia.org
Photo Source: commons.wikimedia.org
Irisan hati sapi, kentang, dan kadang ada juga petai yang dimasak pakai cabai ini emang menggugah selera banget. Makanan yang satu ini juga nggak pernah absen dari Lebaran. Penasaran dong sambel goreng ati ini sebenarnya punya kandungan apa aja. Sambel ati yang nagih ini ternyata punya 116 kalori loh.

Ketupat

 - leeweebrothers.com
Photo Source: leeweebrothers.com
Lebaran belum lengkap rasanya kalau belum makan ketupat, setuju? Apalagi kalau buatnya rame-rame sama keluarga pasti lebih berasa suasana Lebarannya. Kalori satu buah ketupat 176 kalori sedangkan satu porsi nasi cuma 135 kalori aja.

Kastengel

 - www.nadyacooking.com
Photo Source: www.nadyacooking.com
Kue ini juga ikonik banget kayaknya setiap rumah pasti kastengel. Kue kering ini emang suka bikin nggak berhenti ngunyah deh, bisa nggak sadar udah abis satu toples aja. Tapi ati-ati nih karena kastengel ini ternyata kalorinya gede juga loh. Satu buah kastengel ini punya 13,5 kalori, jadi kalau setoples? Mending nggak usah diitung daripada nyesel kan ya.

Nastar

 - www.wartasolo.com
Photo Source: www.wartasolo.com
Nah yang ini juga pasti selalu ada di meja tamu dan paling dicari. Kue kering yang isinya nanas ini emang enak banget dan ngangenin. Satu buah kue nastar ini ternyata mengandung 10,4 kalori. Jadi mending jangan terlalu banyak makan nastar ya.