Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Kenalan Yuk Dengan 7 Korean Street Food yang Rasanya Yahuuud!

PitacilyPitacily
Kenalan Yuk Dengan 7 Korean Street Food yang Rasanya Yahuuud!1
www.ellenaguan.com
Ngeliat foto-foto Korean street food di social media itu emang bikin ngiler banget! Belum lagi media yang sering ngeliput untuk ngasih tau di mana aja kita bisa menikmatinya di Korea dan gimana cara membuatnya. Itu kan fix bikin langsung kepengen ya! Andaikan ke Korea bisa semudah pakai pintu ke mana aja nya Doremon, pasti kamu bakal terus bolak-balik untuk nyicipin lagi dan lagi semua street food di sana yang katanya punya rasa yahuuud! Ya berdoa aja semoga kamu bisa segera terbang ke Korea dan nyobain berbagai street food mereka ya. Tapi sebelum itu, coba kenalan dulu dong dengan 7 Korean street food di bawah ini..

Tteokbokki

Kenalan Yuk Dengan 7 Korean Street Food yang Rasanya Yahuuud!2
Photo Source:  www.koreanbapsang.com
Ini dia Korean street food paling populer di Korea bahkan di Jakarta (walaupun di Jakarta sih masih susah ditemuinnya.) Nama jajanan ini mungkin juga masih terdengar asing bagi kita orang Indonesia, Tteokbokki. Jajanan ini terbuat dari tepung beras berbentuk silinder yang dimasak dan disajikan dengan saus gochujang yang rasanya sedikit pedas. Beberapa bahan lain seperti telur rebus atau fish cake juga sering dijadikan tambahan untuk Ttteokbokki. Kamu akan dengan mudah menemukan Tteokbokki kalau saat kamu di Korea kamu mendatangi Pojangmacha atau biasanya di Indonesia kita lebih mengenalnya dengan sebutan gerobak yang bertenda di pinggir jalan.

Odeng / Eomuk / Fish Cake

Kenalan Yuk Dengan 7 Korean Street Food yang Rasanya Yahuuud!3
Photo Source:  www.crazykoreancooking.com
Jajanan Korea yang populer nomor dua adalah Odeng / Eomuk / atau lebih dikenal dengan sebutan fish cake. Sesuai dengan namanya, fish cake, terbuat dari ikan yang dihaluskan dan dicampur dengan tepung terigu bersama bumbu-bumbunya. Kemudian adonannya dibentuk dan direbus di dalam air kaldu sayuran yang juga sudah dibumbui. Beberapa pedagang juga sering memasukkan kepiting atau seafood lain supaya rasa kuah kaldunya lebih lezat. Fish cake sendiri bentuknya bermacam-macam. Ada yang berbentuk panjang seperti sosis, ada yang bulat-bulat dan ada yang ditusuk berlipat-lipat. Biasanya jajanan kaki lima ini semakin populer saat musim dingin karena kuah yang hangat dan fish cake yang lembut bisa menghangatkan tubuh kamu. Oh iya kalau kamu penasaran sama rasanya, mungkin bisa dibilang ini 11-12 sama bakso ikan di Indonesia kali ya?

Tokkebi Hot Dog

Kenalan Yuk Dengan 7 Korean Street Food yang Rasanya Yahuuud!4
Photo Source:  www.kokiku.tv
Orang Korea ternyata juga punya hot dog dengan style-nya sendiri loh. Tentunya jajanan ini juga disajikan dengan cara ditusuk. Hot dog atau sosis yang ada di Korea punya banyak variasi seperti digoreng biasa, digoreng dengan tepung beras, digoreng dengan campuran tepung jagung dan yang terakhir adalah versi perpaduan antara sosis dilapisi adonan kemudian dilapisi lagi dengan french fries dan sebelum digoreng, dilapisi lagi dengan adonan. Kelihatannya emang enak banget! Kalau kamu ke Korea, ini salah satu yang gak boleh kamu lewatin nih.

Twigim

Kenalan Yuk Dengan 7 Korean Street Food yang Rasanya Yahuuud!5
Photo Source:  www.wanew.org
Mungkin kalau hanya liat fotonya, kamu bakal mikir ini adalah jajanan khas Jepang. Emang bener sih mirip. Twigim ini adalah tempura-nya Korea. Hampir sama seperti tempura Jepang, kamu akan menemukan berbagai gorengan udang, cumi, ubi manis, mandu (pangsit) bahkan ada cabai juga loh. Wah.. aneh juga ya kok makan cabai goreng sih orang Korea?

Bungeoppang

Kenalan Yuk Dengan 7 Korean Street Food yang Rasanya Yahuuud!6
Photo Source:  www.ellenaguan.com
Jajanan berbentuk ikan ini mungkin udah cukup familiar dan lumayan mudah untuk ditemukan di Jakarta. Biasanya berisi coklat, kacang merah, ubi manis, kacang, dan berbagai selai lainnya. Adonannya bisa dibilang serupa dengan waffle, jajanan ini pun dimasak menggunakan cetakan seperti waffle tapi berbentuk ikan. Walaupun bentuknya ikan, tapi jajanan ini gak ada sama sekali sangkut pautnya dengan rasa ikan atau mengandung bahan ikan. Hanya bentuknya saja yang ikan. Saat ini juga Bungeoppang udah banyak bisa ditemukan berbentuk kemasan di supermarket. Biasanya sih Bungeoppang ini membungkus es krim. Yum!

Gyeranppang

Kenalan Yuk Dengan 7 Korean Street Food yang Rasanya Yahuuud!7
Photo Source:  www.bento-und-mehr.de
Kamu pasti pernah liat dong di sosial media betapa populer dan kelihatan menggiurkannya jajanan yang satu ini bernama Gyeranppang. Jajanan ini paling pas dinikmati selagi hangat. Bahannya sih gak begitu sulit, hanya bahan kue dan ditambahkan telur ayam ceplok di atasnya. Satu butir telur untuk satu Gyeranppang yang berbentuk silinder.

Hweori Gamja

Kenalan Yuk Dengan 7 Korean Street Food yang Rasanya Yahuuud!8
Photo Source:  www.forum.liputan6.com
Namanya mungkin asing, tapi kalau lihat fotonya, pasti kamu tau kan apa itu Hweori Gamja? Hweori Gamja atau dikenal juga dengan sebutan tornado potato. Sesuai dengan namanya yaitu potato, jajanan ini memang terbuat dari kentang yang ditusuk berbentuk spiral. Kenapa bentuknya bisa unik? Karena ternyata jajanan ini punya pemotong khusus yang bisa membuat bentuknya jadi seperti itu. Potongan kentang ini kemudian digoreng sampai kering dan crunchy banget deh pokoknya tekstur-nya.