Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Kalau ke Banjarmasin, Jangan Lupa Cicipi Kuliner Ini!

SintyaSintya
Kalau ke Banjarmasin, Jangan Lupa Cicipi Kuliner Ini! 1
Kalau ke Banjarmasin, Jangan Lupa Cicipi Kuliner Ini!
Kalau kemarin kita sudah mengenal kuliner Bangka Belitung, Toraja, Cirebon, Malang, dan Palembang, kali ini giliran kita jalan-jalan ke satu daerah di Kalimantan, yaitu Banjarmasin, si kota seribu sungai. Dan sebelum sampai ke sana, kamu wajib kenal kuliner khas yang mesti kamu coba. Sayang kan, sudah pergi jauh-jauh ke Banjarmasin, tapi tidak sempat mencoba kuliner khasnya. Yuk, langsung simak beberapa daftarnya berikut ini!

1. Nasi Kuning

Nasi Kuning2
Photo Source:  Pinterest
Hampir mirip dengan nasi kuning pada umumnya, hanya saja kalau nasi kuning di Banjarmasin dilengkapi dengan lauk dari ikan haruan. Lauk ini adalah satu lauk favorit orang Banjar, yang diolah dengan bumbu habang (merah) khas Banjar. Ada juga lauk pilihan lainnya, yaitu hintalu atau telur dan ayam. Biasanya nasi kuning ini banyak dinikmati sebagai menu sarapan orang Banjar dan banyak ditemukan di berbagai tempat. Kalian bisa pergi ke Nasi Kuning Andalas di Jalan Perintis Kemerdekaan, Nasi Kuning Cempaka di kawasan Pasar Baru, Nasi Kuning Lontong Orari di Jalan Seberang Mesjid, serta Nasi Kuning Pasar Lama.

2. Katupat Kandangan

Ketupat kandangan3
Photo Source:  KSMTour.com
Ketupat yang satu ini asalnya dari daerah Kandangan, Hulu Sungai Selatan. Bahan utama pembuatnya sama dengan ketupat biasa, yaitu dari beras. Hanya saja dinikmatinya menggunakan lauk ikan haruan yang dipanggang terlebih dahulu sebelum dimasak dengan santan. Beberapa rekomendasi tempat makan katupat kandangan di Banjarmasin adalah Ketupat Kandangan Hj.Mursinah di Jalan Cenderawasih dan Warung Kaum yang ada di Jalan Bumi Mas Raya.

3. Nasi Itik Gambut

Nasi Itik Gambut4
Photo Source:  VIVA.co.id
Makanan yang satu ini sudah legendaris di Kalimantan sana. Kalau kamu kebetulan baru keluar dari bandara Syamsudin Noor dan bertolak menuju Banjarmasin, kamu akan melewati satu kecamatan, yaitu Gambut. Di sinilah makanan ini berasal. Nasi itik Gambut merupakan nasi putih dengan lauk itik yang dimasak dengan bumbu habang khas Banjar. Disajikannya menggunakan daun pisang jadi rasanya akan lebih gurih dan nikmat. Salah satu tempat untuk menikmati menu ini adalah warung Tenda Biru yang ada di jalan A. Yani Km 14, Gambut. 

4. Ikan Seluang

Ikan Seluang5
Photo Source:  Riverside Restaurant Palembang
Di Banjarmasin ada camilan yang dibuat dari ikan seluang, yaitu ikan yang banyak ditemukan di kawasan Asia Tenggara. Ikan ini berukuran antara 2 sampai 4 inci. Di Banjar, ikan ini diolah menjadi makanan yang sangat enak, gurih, renyah, dan cocok dijadikan lauk atau hanya sekadar camilan.

5. Bingka

Bingka6
Photo Source:  houseofbingka.blogspot.com
Sedangkan kue tradisional khas Banjar adalah bingka, yaitu kue yang berbentuk bunga dan dipanggang. Rasanya sangat manis dan lembut, sehingga cocok dijadikan oleh-oleh khas Banjar.

6. Soto Banjar

Soto Banjar Bang Amat7
Photo Source:  Diam Bersuara - WordPress.com
Last but not least tentunya ada soto Banjar. Yup, kuliner yang satu ini adalah makanan yang harus kamu coba kalau berkunjung ke Banjarmasin. Salah satu warung soto Banjar yang cukup terkenal adalah Soto Bang Amat yang lokasinya ada di dekat sungai Martapura. Dalam satu porsi soto Banjar, kamu akan menikmati semangkuk soto berisi ketupat, bihun, suwiran daging ayam kampung, perkedel, dan wortel yang disiram dengan kuah soto yang kaya akan rempah seperti cengkeh, pala, dan kayu manis. Segar dan mantap!