Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Istilah Bumbu Dapur yang Mungkin Kamu Belum Tahu

SintyaSintya
Istilah Bumbu Dapur yang Mungkin Kamu Belum Tahu1
Istilah Bumbu Dapur yang Mungkin Kamu Belum Tahu
Banyak orang (termasuk kamu) mungkin kerap bingung saat akan mencoba resep menu ala Barat. Banyak sekali istilah bumbu dapur yang masih terasa asing dan berbeda pengucapannya dengan bumbu dapur yang ada di Indonesia. Informasi dari Qraved berikut bisa jadi panduan buat kamu.  

1. Cilantro

Cilantro2
Photo Source:  Huffington Post
Cilantro dalam bahasa Indonesia adalah daun ketumbar. Kalau kamu menemukan kata cilantro dalam menu yang sedang kamu pelajari, itu artinya kamu harus menyiapkan daun ketumbar sesuai dengan takaran yang dibutuhkan. Ingat ya, ini daun ketumbar bukan daun seledri.

2. Coriander

coriander3
Photo Source:  Gourmet Food World
Kalau daun ketumbar istilah asingnya adalah cilantro, maka istilah asing dari biji ketumbar adalah coriander. Bahan inilah yang biasanya dipakai dalam masakan khas Italia. Jadi, jangan sampai keliru ya antara daun dan biji ketumbar!

3. Basil

daun basil4
Photo Source:  Wahyudi Blog
Daun basil merupakan daun yang banyak dipakai sejak zaman Yunani. Bentuknya oval, lebar, dan lumayan tebal mirip dengan daun kemangi. Seperti halnya kemangi, daun basil juga memiliki aroma wangi yang menjadi ciri khas untuk beberapa makanan tertentu.  

4. Bay Leaf

Bay leaf5
Photo Source:  Shareably
Kalau rempah yang satu ini dikenal sebagai pemberi aroma wangi dalam kuah hampir sama dengan daun salam. Mungkin kamu akan sedikit kesulitan untuk menemukannya di Indonesia, maka orang akan banyak lebih menggunakan daun salam. 

5. Cumin

cumin6
Photo Source:  Ayurveda and Yoga
Cumin dalam bahasa Indonesia adalah jinten. Jinten sendiri memiliki bentuk seperti bulir padi, berwarna kecoklatan, dan terbagi menjadi dua yaitu jinten putih dan jinten hitam. Namun, jinten yang banyak dipakai untuk bumbu makanan adalah jinten putih yang beraroma wangi. Jinten jenis inilah yang seringkali digunakan untuk memasak opor.

6. Candle Nuts

candle nuts7
Photo Source:  Food & Beverage Online
Candle nuts dalam hal ini bukan kacang lho ya! Kalau di Indonesia kita mengenalnya dengan sebutan kemiri, yaitu bumbu dapur berwarna putih sebesar kelereng.

7. Turmeric

turmeric8
Photo Source:  Vegetarian Lifestyle
Buat kamu yang belum tahu, turmeric itu adalah istilah asing dari kunyit. Jangan sampai salah lagi ya!

8. Clove

clove9
Photo Source:  HealthyRise.com
Clove dalam istilah Indonesia adalah cengkeh. So, tidak ada alasan untuk salah lagi kan kali ini?

9. Chives

chives10
Photo Source:  www.bbc.co.uk
Buat kamu yang bingung apa itu chives, chives merupakan daun yang menyerupai daun bawang atau yang sering disebut dengan daun kucai.

10. Screwpine Leaf

Screwpine Leaf11
Photo Source:  Cara Mengatasi Penyakit | Gejala Penyakit
Sedangkan screwpine leaf adalah daun pandan, yaitu daun beraroma wangi yang biasanya banyak dipakai untuk membuat bubur kacang hijau, nasi liwet dan dicampurkan dalam minuman segar seperti dawet.

11. Lemongrass

Lemongrass12
Photo Source:  The Local Palate
Lemongrass dalam bahasa Indonesia adalah daun serai. Daun ini banyak digunakan dalam masakan seperti pepes atau masakan berbahan dasar ikan, karena daun ini memiliki aroma wangi dan juga rasa yang unik.

12. Green Pepper

Green Pepper13
Photo Source:  The Local Palate
Banyak yang salah mengartikan green pepper sebagai cabai hijau yang besar. Pada kenyataannya, green pepper adalah paprika hijau.