Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App

Ini Dia Makanan Para Raja yang Disukai Anak Muda

SintyaSintya
Ini Dia Makanan Para Raja yang Disukai Anak Muda - Main Photo
Ini Dia Makanan Para Raja yang Disukai Anak Muda
Penasaran dengan kudapan yang biasa dimakan oleh para raja? Ternyata, makanan dari keturunan darah biru itu hampir sama dengan masyarakat pada umumnya. Bahkan, mungkin saja selama ini kalian secara tidak sadar juga mengonsumsi apa yang mereka makan sehari-hari, lho! Hanya saja mungkin ada beberapa bumbu khusus yang digunakan oleh dapur kerajaan. Mau tau apa saja makanan para raja yang juga ternyata disukai anak muda? 

1. Nasi Putih

Nasi Putih - Emak Mbolang
Photo Source: Emak Mbolang
Raja juga manusia. Yup, sama kayak kamu, raja juga manusia biasa kok yang juga doyan makan nasi putih. Dari zaman kerajaan Majapahit dulu, nasi sudah menjadi makanan penduduk Indonesia. Nah, selain nasi para raja juga menyantap beberapa makanan lain seperti talas, jelai, gadung, dan berbagai jenis umbi-umbian lainnya sebagai makanan sampingan. 

2. Aneka Makanan Dari Daging

 Aneka Makanan Dari Daging - makannikmat.com
Photo Source: makannikmat.com
Nggak mungkin dong para raja ini hanya makan nasi setiap harinya? Sama seperti kita, mereka juga suka sekali nih untuk mengonsumsi berbagai menu yang dibuat dari daging, mulai dari daging sapi, kerbau, kambing, dan ayam. Beberapa menu daging yang biasa disajikan di meja kerajaan adalah  bestik Jawa, juga bestik lidah. Tapi ternyata, ada juga lho jenis daging lain yang terdengar tidak lazim, yaitu daging asu tugel (daging anjing yang dikebiri) serta musika (sejenis tikus). Hmm seperti apa ya rasanya?  
Salah satu lauk dari daging kegemaran para raja adalah kambing guling spesial, yang merupakan makanan favorit Sri Sultan Hamengku Buwono X dan GKR Hemas. Biasanya, pihak kerajaan akan menyiapkan 200 kilogram daging kambing yang kemudian disajikan bersama kare sayuran khusus yang sangat jarang dijumpai oleh masyarakat biasa. Makanan dari daging lainnya yang menjadi favorit para raja adalah bistik daging yang disajikan dengan sayuran dan siraman bumbu yang manis.

3. Nasi Tumpeng

Nasi Tumpeng - IndoChili
Photo Source: IndoChili
Rasanya, nasi tumpeng itu sudah nggak asing lagi kan di telinga kalian? Yup, makanan ini biasanya akan selalu ada di beberapa acara besar dan perayaan penting. Konon, nasi tumpeng ini sudah ada dari zaman Majapahit, lho! Hal ini karena para raja menyukai berbagai makanan yang berbeda dalam satu wadah. Kalau kalian sendiri, kapan nih waktu yang tepat buat makan tumpeng? 

4. Camilan

camilan - Kumpulan Resep Masakan
Photo Source: Kumpulan Resep Masakan
Nggak melulu makanan berat, para raja juga gemar untuk makan makanan ringan atau camilan seperti kita, lho! Hanya saja, camilan mereka lebih terkesan tradisional dibandingkan kita yang suka jajan ala orang barat. Beberapa jajanan yang biasa mereka santap diantaranya seperti wajik, lepet, tape, dan dodol. Nah, kalau kalian penasaran dengan rasa dari camilan para raja ini, kalian bisa menemukannya di pasar tradisional. Murah dan enak!

5. Soto Iga dan Soto Ayam

Soto Iga dan Soto Ayam - Resep Sedapku
Photo Source: Resep Sedapku
Nah, kalau makanan ini terkenal sebagai makanan favorit putri dari Sultan Hamengku Buwono X dan GKR Hemas. Kedua menu ini dihidangkan pada saat resepsi pernikahan putrinya beberapa tahun lalu. Agar tidak bosan, maka penyajiannya pun dibedakan, yaitu soto iga yang disajikan pada saat siraman, dan soto ayam pada saat resepsi pernikahan. Kalian juga suka kan sama soto ayam dan soto iga? Hmm, berarti selera kalian sama dengan para raja. Selamat, ya!