Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Hati-hati, Ini 7 Bahaya Terlalu Banyak Makan Makanan Pedas

SintyaSintya
Hati-hati! Ini Bahaya Terlalu Banyak Makan Makanan Pedas1
Sacramento Dentistry Group - Newswire.com
Meskipun makanan pedas dipercaya punya manfaat untuk kesehatan, tapi sebaiknya kamu tidak terlalu berlebihan menyantapnya. Menurut gastroenterologist dari Moolchand Medcity, New Delhi, Dr. S K Thakur, berikut bahaya terlalu banyak makan makanan pedas!

1. Asam Lambung Meningkat

Asam Lambung Meningkat2
Photo Source: 
Makanan pedas memang sungguh nikmat bagi beberapa orang. Namun, jika kamu mengonsumsinya secara berlebihan akan meningkatkan asam lambung. Parahnya lagi, hal ini bisa memicu timbulnya penyakit maag akut dan juga pendarahan pada dinding lambung. Seram, ya!

2. Maag Akut

Maag Akut3
Photo Source:  Real Health Advices
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, makan makanan pedas dalam jumlah yang banyak akan meningkatkan asam lambung dan berujung pada penyakit maag akut atau yang dikenal dengan penyakit gastritis. Gejala penyakit ini adalah sering merasa mual, muntah, dan perut kembung yang disertai diare. Psst, penyakit ini bisa datang tiba-tiba, lho!

3. Refluks Asam

Refluks Asam4
Photo Source:  Sidomi News
Pernah dengar penyakit refluks asam (RA)? Penyakit ini menyebabkan kerusakan di bagian kerongkongan akibat terlalu banyak makan makanan pedas. Jadi, isi lambung akan mengalir kembali dalam kerongkongan. Maka, ada baiknya untuk mulai membatasi level kepedasaan makananmu saat ini!

4. Insomnia

insomnia5
Photo Source:  Alegna Solutions
Buat kamu penggila pedas, adakah yang sering mengalami susah tidur di malam hari? Hmm, mungkin inilah salah satu efek samping dari makanan pedas yang kamu konsumsi. Hal ini dikarenakan makanan pedas menyebabkan naiknya suhu tubuh, sedangkan tubuh perlu melambatkan proses metabolisme sebelum tidur. Makanya, usahakan untuk tidak mengonsumsi makanan pedas sebelum tidur di malam hari, ya!

5. Mengurangi Nafsu Makan

Mengurangi Nafsu Makan6
Photo Source:  Youtube
Ada yang bilang bahwa makanan pedas akan meningkatkan nafsu makan, tapi kenyataannya justru sebaliknya. Menurut penelitian, makanan yang dicampur cabai dapat menahan nafsu makan. Hal ini karena zat capsaicin dalam cabai yang dapat menghemat penggunaan energi dan menahan rasa lapar.

6. Sariawan

sariawan7
Photo Source:  MD-Health.com
Terlalu banyak mengonsumsi makanan pedas ditambah dengan pola hidup yang tidak sehat juga mampu memicu timbulnya sariawan di mulut. Tidak hanya mengganggu aktivitas makan kamu saja, sariawan juga akan membuat rasa percaya diri kamu turun pada saat beraktivitas sehari-hari, kan?

7. Menyebabkan Sakit Perut

Menyebabkan Sakit Perut8
Photo Source:  Live Science
Salah satu gejala yang paling jelas dan paling sering terlihat apabila seseorang terlalu banyak makan makanan pedas adalah timbulnya sakit perut dan diare. Jika sudah begini, kamu harus berhenti mengonsumsi makanan pedas untuk sementara. Jika tidak, organ pencernaan akan mengalami iritasi, atau bisa lebih parah lagi bisa mengakibatkan gastritis atau bahkan usus buntu. Hati-hati, ya!
Setelah melihat beberapa penyakit yang mungkin timbul akibat terlalu banyak mengonsumsi makanan pedas di atas, kira-kira kamu masih berani terlalu sering makan makanan super pedas?