Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Fakta Unik Tentang Rendang Yang Wajib Kamu Tahu

Kevin IrwanKevin Irwan
Fakta Unik Tentang Rendang Yang Wajib Kamu Tahu1
Fakta Unik Tentang Rendang Yang Wajib Kamu Tahu
Menyebut rendang, pasti banyak yang bilan kalau ini adalah makanan kecintaan seluruh rakyat Indonesia, setuju? Siapa sih yang tidak suka lauk ini, bahkan kelezatan rendang berhasil diakui sebagai salah satu makanan paling lezat di dunia. Sebagai warga Indonesia, kamu harus mengetahui 5 fakta seru tentang rendang berikut ini!

1. Rendang hanya disajikan bagi bangsawan (dulu..)

Rendang pada zaman dahulu kala, ternyata dulu termasuk makanan kelas atas! Jadi rendang ini merupakan hasil olahan kreatif dari masyarakat Sumatera Barat yang khusus disajikan untuk para raja dan bangsawan.

2. Makanan yang satu ini sangat tahan lama!

Setelah rendang mulai merakyat, masyarakat Padang dimanfaatkan sebagai makanan bagi para perantau. Seperti yang kamu tahu, warga asal Padang identik banget dengan kata merantau. Jadi mereka butuh banget lauk yang tahan lama tanpa kulkas! Rendang sendiri, jika dimasak dengan baik, benar, dan higienis, bisa tahan 2-3 bulan di udara terbuka. 

3. Masak rendang asli sangat lama!!

Selain tahan lama, rendang asli Padang juga ternyata lama banget masaknya! Butuh waktu sekitar 8 jam buat masak rendang asli! Mulai dari menumis bumbu, menggodok daging, numis parutan kelapa, dan seterusnya. Tapi ya hasilnya memang enak. Untungnya sekarang sudah banyak bumbu instan dan juga berbagai alat masak yang bisa mempercepat proses masak rendang. 

4. Jumlah Kalori Sangat Banyak

Rendang sayangnya bukan makanan yang sehat. Ya wajar saja, daging, santan, kelapa parut, minyak, sangat jauh dari kata ideal bagi kamu yang sedang diet. Apa lagi jika ditambah seporsi nasi panas, plus lauk lainnya. 

5. Makanan Penuh Filosofi

Siapa sangka lauk yang bisa kamu temuin dimana-mana ini ternyata penuh dengan filosofi. Menurut masyarakat Sumatera Barat, rendang itu mempunyai arti filosofi tersendiri, yaitu musyawarah! empat bahan pokok yang digunakan untuk memasak rendang ternyata punya arti tersendiri. Daging sapi merupakan lambang dari para pemimpin suku adat. Kelapa merupakan lambang kaum intelektual. Cabai merupakan lambang alim ulama yang pedas dan tegas untuk mengajarkan agama. Sementara bumbu-bumbu lainnya merupakan lambang dari keseluruhan rakyat Minang. Keren banget kan?
Setelah baca fakta-fakta unik tentang rendang, kamu pasti kepikiran kan untuk ngerasain lagi nikmatnya rendang daging khas Padang ini! Bayangin deh, daging yang dimasak super lama sampai empuk, bumbu yang kaya rempah dan sedikit pedas, disantap dengan nasi putih yang panas. Wih enak banget ngebayanginnya! Berikut tiga restoran rekomendasi Qraved yang menyajikan rendang. 
Sari Ratu2View All Photos
Photo Source:  makansutra
Buat kamu yang belum pernah mencoba rendang di restoran yang satu ini, buruan deh meluncur sekarang! Bumbunya kental dan medok, ditambah sedikit rasa pedas yang pastinya menggugah selera. Dagingnya juga pas banget, empuk, tapi tidak hancur, jadi teksturnya pas.
Pagi Sore3View All Photos
Photo Source:  umifadilah
Dengan tagline 'Jagonya Rendang', sudah pasti rumah makan yang satu ini enak banget rendangnya! Bumbunya cenderung padat dan menempel di dagingnya. Dagingnya lembut banget, cukup pakai garpu saja sudah langsung terpotong. Ditambah juga dengan bumbunya yang meresap ke seluruh dagingnya!
Suntiang4View All Photos
Photo Source:  jenzcorner
Rendang yang satu ini beda banget! Gimana nggak beda, rendang yang satu ini dijadikan sushi roll. Kombinasi khas Jepang dan Indonesia ini benar-benar menghasilkan rasa yang sangat enak! Daging yang empuk dan penuh rempah, digulung kedalam nasi menjadi sushi yang dibubuhi saus rendang lagi di atasnya. Sangat unik!