Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Cocktail 101: Berbagai Variasi Koktail Terkenal Dari Seluruh Dunia

Haetam AttamimyHaetam Attamimy
Cocktail 101: Berbagai Variasi Koktail Terkenal Dari Seluruh Dunia1
Cocktail 101: Berbagai Variasi Koktail Terkenal Dari Seluruh Dunia
Percaya atau tidak, koktail punya peran penting dalam kehidupan sosial. Sama halnya perbincangan film atau musik, antusiasme sejumlah kalangan terhadap minuman ini juga cukup tinggi. Bahkan di kota besar  seperti Jakarta, banyak kalangan yang memuja kehadiran koktail sebagai suguhan spesial untuk menghangatkan ajang hangout antar teman atau rekan kerja.
Di banyak negara di dunia, kehadiran koktail sendiri sudah ada sejak lama dan bahkan menjadi salah satu ciri khas sebuah negara, paling tidak di mata para penggemar minuman beralkohol. Supaya tidak penasaran, mari berkenalan lebih dekat dengan sejumlah minuman di bawah ini! 

Singapore Sling (Singapura)

Singapore Sling (Singapura)2
Photo Source:  @paul.phong
Koktail yang satu ini sangat mudah ditebak asalnya karena terlihat secara jelas hanya dari namanya saja. Berkarakter manis dan penuh rasa buah, koktail ini juga bercita rasa minuman tropikal ini diracik dari gin, contreau, jus nanas, soda water, dan beberapa bahan lainnya. Singapore Sling memiliki banyak penggemar karena bersifat uniseks, alias bisa dinikmati oleh pria maupun wanita.

Sazerac (Amerika Serikat)

Sazerac (Amerika Serikat)3
Photo Source:  @apartment_bartender
Sazerac yang memiliki kandungan utama Forge et Fils ini merupakan koktail khas New Orleans. Minuman ini juga dianggap bersejarah oleh banyak orang karena diklaim sebagai koktail tertua di Amerika Serikat, walaupun klaim ini masih diperdebatkan bagi sebagian kalangan.

Caipirinha (Brazil)

Caipirinha (Brazil)4
Photo Source:  @galetobraziliansteakhouse
Kamu tidak akan merasakan sensasi dari segelas Caipirinha tanpa menggunakan Cachaca, rum berasa manis yang berasal dari Brazil. Caipirinha yang segar karena mengandung lime punya banyak penggemar karena terhitung sebagai koktail ringan yang pas disesap saat momen-momen kongko bareng teman. 

Paloma (Meksiko)

Paloma (Meksiko)5
Photo Source:  @panormos
Banyak orang yang tahu kalau tequila adalah minuman khas Meksiko. Namun tidak banyak yang tahu kalau Paloma koktail yang didominasi oleh tequila yang juga berasal dari Meksiko. Grapefruit soda adalah campuran yang dibutuhkan ketika membuat Paloma, sehingga cocktail ini sangat segar dinikmati ketika cuaca sedang sedikit panas.

Mojito (Kuba)

Mojito (Kuba)6
Photo Source:  @havana1957
Mojito adalah sebuah minuman populer bagi banyak orang, entah berbentuk kocktail atau moktail yang biasanya diberi nama Virgin Mojito. White rum adalah bahan utama Mojito dan dicampur dengan berbagai bahan segar lain seperti mint dan lime juice, membuat cocktail yang satu ini mudah dicerna bagi berbagai jenis kalangan. Kamu pun pasti pernah mencoba Mojito paling tidak sekali dalam hidupmu.

Pina Colada (Puerto Rico)

Pina Colada (Puerto Rico)7
Photo Source:  @szumi_mi
Berbicara tentang koktail bersifat tropical, tidak lengkap rasanya tanpa menyebutkan Pina Colada. Mungkin tidak mudah menebak asal usul cocktail yang satu ini, namun bisa terbayang bahwa Pina Colada lahir di sebuah negara yang eksotis, tepatnya di Puerto Rico. Tidak perlu dijelaskan seberapa nikmat koktail yang satu ini, nilai legendarisnya sudah terbukti dengan terciptanya lagu berjudul "The Pina Colada Song" oleh Rupert Holmes yang familiar di telinga banyak orang.

Black Russian (Belgia)

Black Russian (Belgia)8
Photo Source:  @matthewdjones
Pada 1949, lahirlah sebuah fenomena bernama Black Russian di Belgia yang diciptakan oleh seorang bartender di Hotel Metropole yang tepatnya berlokasi di Brussels. Lantas kenapa cocktail yang satu ini memiliki nama "Russian" di dalamnya? Hal ini dikarenakan penggunaan vodka, yang dikenal sebagai minuman khas dari negara yang dipimpin oleh Presiden Putin tersebut.

Negroni (Italia)

Negroni (Italia)9
Photo Source:  @eastindiantradeco
Ingin terlihat classy? Pesan lah segelas Negroni. Tidak hanya di hati orang biasa, bahkan sosok Don Draper, karakter utama di "Mad Men" ini memiliki ketertarikan khusus pada Negroni. Minuman ini biasanya terdiri dari gin, red vermouth, dan campari serta di-garnished dengan orange slice, Negroni akan menaikkan derajat kamu di depan teman-teman dan bahkan orang asing yang sedang kamu ajak berbicara di bar.

Chilled Vodka (Rusia)

Chilled Vodka (Rusia)10
Photo Source:  @wildflowervein
Rusia memiliki stereotip sebagai negara yang dipenuhi pemabuk yang menggemari vodka, dan anggapan tersebut tidak sepenuhnya salah. Tidak ada yang memiliki ciri khas yang sangat Rusia selain sebuah shot vodka, yang sangat dingin sehingga hampir beku. Selain itu? Mungkin kamu butuh teman seperti caviar. Enjoy!
Jadi, cocktail mana saja yang pernah kamu coba?