Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Capek Laper Terus? Yuk, Simak Cara Mengatasinya!

SintyaSintya
Capek Laper Terus? Yuk, Simak Cara Mengatasinya!1
Relatably
Pasti capek dan sebel banget kan rasanya kalau setiap saat kamu merasa lapar meskipun perut sudah diisi berkali-kali? Apalagi kalau lagi banyak banget makanan di sekitar kamu. Hmmm, makin makin deh tuh laparnya ya rasanya semua makanan mau dimasukin aja ke dalam perut. Tapi jangan khawatir, karena kamu bisa banget mulai mengurangi kebiasaan yang kurang bagus ini. Mau tau? Yuk, makanya langsung aja simak cara mengatasinya berikut ini!

1. Makan Tepat Waktu

Makan Tepat Waktu2
Photo Source:  Memecrunch
Konsisten dalam mengatur waktu makan itu bagus banget buat tubuh kita lho guys. Coba deh mulai sekarang, awali pagi kamu dengan sarapan paling ngga satu jam setelah bangun tidur dan ambil jeda selama 3 sampai 4 jam sebelum makan siang. Nah untuk sarapannya sendiri kamu bisa makan oatmeal yang dicampur susu atau yoghurt nih. Lumayan bikin kenyang dan kamu tetap bertenaga buat beraktivitas sehari-hari lho!    

2. Makan Secara Pelan-Pelan

Makan Secara Pelan-Pelan3
Photo Source:  Strides on Your Path
Tau ngga sih kalau kebiasaan makan yang terlalu cepat itu bisa bikin kita makin gendut dan bikin orang cepat lapar? Ini karena lambung dipaksa bekerja lebih keras dalam mencerna makanan yang masuk dengan cepat ke dalam perut. Makanya, ada baiknya untuk makan dengan perlahan. Konon cara ini bisa bikin kamu merasa kenyang lebih lama lho!

3. Banyak Minum Air Putih

Banyak Minum Air Putih4
Photo Source:  Meme Generator
Anjuran minum tujuh gelas air putih setiap harinya itu terbukti bisa menekan napsu makan lho guys! Ditambah lagi sama penelitian yang menemukan kalau orang yang mengonsumsi air sebanyak tujuh gelas ini mengonsumsi 200 kalori lebih rendah dibandingkan sama orang yang ngga minum air putih. Hmm, atau kamu juga bisa mengakalinya dengan cara minum air putih sebelum makan, biar perut terasa sedikit kenyang dan asupan makanannya pun ngga terlalu banyak yang masuk.

4. Tidur Cukup

Tidur Cukup5
Photo Source:  Pinterest
Siapa bilang begadang itu bagus buat tubuh kamu? Yang ada badan jadi gampang lelah dan juga memicu kita untuk makan lebih banyak apalagi saat malam hari, terutama makan makanan yang banyak mengandung karbohidrat dan lemak. Makanya, biasakan tidur cukup ya biar ngga kelelahan yang berujung memicu rasa lapar kamu. Hehehe...

5. Minum Yogurt

 Minum Yogurt6
Photo Source:  www.makeyourownyogurt.com
Yogurt dipercaya mengandung protein yang bakal tetap ngasih kamu asupan protein yang cukup ke dalam tubuh. Selain air putih, kamu juga bisa kan tuh minum yoghurt saat perut mulai kelaparan?

6. Perbanyak Konsumsi Bawang Putih

Perbanyak Konsumsi Bawang Putih7
Photo Source:  Fourlook
Ada penelitian yang menemukan bahwa bawang putih itu dipercaya bisa bikin kita merasa kenyang dalam waktu yang lama lho. Hal ini karena bawang putih punya senyawa yang bisa mengirimkan sinyal ke otak seberapa banyak kalori yang kita butuhkan dalam tubuh. Jadinya kita ngga bakal lagi deh tuh terus merasa lapar. 

7. Stop Kebiasaan Membeli Cemilan

Stop Kebiasaan Membeli Cemilan8
Photo Source:  Imgflip
Ini dia nih yang lumayan susah buat dilakuin. Hmm, buat kamu yang suka banget beli cemilan, kayaknya mulai sekarang harus berhenti melakukan kebiasaan ini deh. Mulai bersihkan kulkas atau lemari kamu dari cemilan yang sewaktu-waktu bisa bikin kamu tergoda untuk makan. Lebih baik mulai beralih sama makanan sehat kayak buah atau kacang-kacangan. Bisa bikin kenyang dalam waktu yang lama dan tentunya juga menyehatkan.

8. Hindari Stres

Hindari Stres9
Photo Source:  Makeameme.org
Stres adalah salah satu faktor yang bisa memicu rasa lapar. Nah, saat lapar inilah kita akan selalu mencari suatu hal yang bisa bikin kita nyaman, salah satunya ya makanan, apalagi yang mengandung gula dan lemak. Makanya, ada baiknya untuk kita mengendalikan emosi dan jauhilah stres itu. Kamu bisa menghindari stres ini dengan cara menonton film, ngobrol, atau hanya dengan mendengarkan musik.

9. Kenali Rasa Laparmu

 Kenali Rasa Laparmu10
Photo Source:  Relatably
Hmmm, saat lapar menyerang, kamu juga harus bisa nih rasa lapar yang muncul ini beneran lapar perut, lapar mata, atau lapar mulut aja. Kalau misal kamu masih merasa lapar meskipun baru aja makan, bisa jadi itu hanya lapar palsu, karena mungkin kamu habis melihat atau mencium aroma makanan yang sangat menggoda iman. Think smart!