Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App

Bayangkan, Dulu 7 Makanan Ini Harganya Di Bawah 5 Ribu, Lho!

SintyaSintya
Bayangkan, Dulu 7 Makanan Ini Harganya Di Bawah 5 Ribu, Lho! - Main Photo
Bayangkan, Dulu 7 Makanan Ini Harganya Di Bawah 5 Ribu, Lho!
Nggak hanya teknologi aja yang berkembang dari waktu ke waktu, ternyata ada hal penting lain yang juga semakin berkembang sepanjang zaman: harga makanan! Bayangkan deh, misalnya aja makanan yang sekarang bisa dijual seharga Rp 15 ribu per porsinya, dulu makanan ini hanya dijual dengan harga nggak lebih dari Rp 5 ribu, lho! Buat kamu anak 90-an pasti pernah mengalaminya, deh! Mau tahu makanan apa saja yang dulu harganya di bawah Rp 5 ribu? Yuk, simak list-nya berikut ini!

1. Mie Ayam

Mie Ayam Yunus - drienasariView All Photos
Photo Source: drienasari
Dulu, jaman masih SD, sekitar tahun 2002, mie ayam dijual dengan harga 750 rupiah aja per mangkoknya dan porsinya juga banyak. Bahkan, kamu juga bisa lho menawarnya sampai harga 500 rupiah untuk bisa menikmati seporsi mie ayam yang enak dan mengenyangkan. Tapi, namanya juga zaman sudah berkembang dan harga bahan makanan makin naik, harga seporsi mie ayam pun juga ikutan naik sampai 10 kali lipat bahkan lebih. Salah satu mie ayam enak dan mengenyangkan di Jakarta yang bisa kamu coba adalah Mie Ayam Yunus yang ada di kawasan Tebet. Mie ayam ini sudah legendaris banget karena rasanya yang enak dan mie-nya yang kenyal. Nggak heran deh kalau banyak artis yang juga jadi langganannya.

2. Bakso

Bakso Nikki Bayangkan, Dulu Makanan Ini Harganya Dibawah 5 Ribu Aja, Lho! - rickeannissaView All Photos
Photo Source: rickeannissa
Ada mie ayam, pasti ada bakso juga, dong? Nah, hampir sama kayak mie ayam, dulu kamu juga bisa menikmati seporsi bakso hanya dengan 600 rupiah saja. Cuma memang sih harga segini juga termasuk lumayan mahal pada masanya. Apalagi buat kamu yang uang jajannya juga nggak lebih dari seribu rupiah aja kan setiap harinya? Di Jakarta sendiri juga sudah banyak banget nih warung bakso legendaris dan enak banget rasanya, salah satunya adalah Bakso Nikki di Tebet. 

3. Nasi Bungkus

Soto Bu Tjondro Bayangkan, Dulu Makanan Ini Harganya Dibawah 5 Ribu Aja, Lho! -
Photo Source: 
Ada yang menyebutnya nasi rames, tapi ada juga yang lebih mengenal makanan jenis ini sebagai nasi bungkus. Isinya adalah nasi, sayur, dan aneka lauk lainnya yang biasanya dijual di warteg pinggir jalan. Dulu, dengan uang Rp3 ribu saja kamu sudah bisa makan seporsi nasi lengkap dengan sayur, telur, dan ayam goreng. Kalau sekarang? Pastinya berbeda dong, mengingat harga bahan makanan juga sudah naik seiring dengan berjalannya waktu. Nah, kalau kamu rindu makan nasi bungkus ala warteg, coba deh mampir ke Warteg Warmo yang ada di kawasan Tebet. Hampir semua orang di Jakarta tahu sama warteg kenamaan yang satu ini. Tapi ingat, harganya sudah nggak Rp 3 ribu lagi, ya!

4. Soto Ayam

Soto Bu Tjondro Bayangkan, Dulu Makanan Ini Harganya Dibawah 5 Ribu Aja, Lho! - irrasistibleView All Photos
Photo Source: irrasistible
Siapa yang pernah beli soto ayam harganya cuma seribu lima ratus aja seporsi dan itu sudah kenyang banget? Tapi, itu dulu sih. Kalau sekarang ya sudah beda lagi harganya. Ngga cuma harganya aja yang beda, varian sotonya juga sekarang makin beragam. Salah satu soto enak adalah Soto Bu Tjondro yang ada di kawasan Pondok Cabe. Kalau penasaran, langsung aja ke sana dan rasakan sensasi sotonya!

5. Nasi Goreng

nasi goreng - yohaneshofficialView All Photos
Photo Source: yohaneshofficial
Nasi goreng juga dulu harganya cuma Rp 3 ribu rupiah, paling mahal ya Rp 5 ribu kira-kira. Kalau sekarang, nasi goreng paling murah dijual seharga 12 ribu rupiah lengkap dengan telur goreng. Nah, kalau kamu mau cobain menu nasi goreng enak di Jakarta, coba deh mampir ke Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih di sekitaran Menteng. Nasi goreng yang satu ini rasanya istimewa karena dimasak dengan banyak bumbu rempah dan juga diberi potongan daging kambing yang empuk. Tapi memang sih, harganya bisa 10 kali lipat lebih mahal jika dibandingkan dengan nasi goreng zaman dulu kamu waktu kecil.

6. Rujak Buah

Rujak Buah - cemilan rakyat
Photo Source: cemilan rakyat
Kamu ngerasa nggak sih kalau harga seporsi rujak buah sekarang tuh mahal banget? Seporsinya ada yang dijual paling mahal 15 ribu rupiah oleh pedagang rujak yang keliling komplek. Dulu nih, kamu bisa dapetin makan satu porsi rujak buah hanya dengan 2 ribu rupiah saja dan rasanya enak banget karena disajikan pakai pincuk daun pisang. Kalau sekarang sudah jarang banget pakai daun pisang, ada yang pakai kertas daun ada juga yang bahkan pakai cup plastik. Hmm, zaman sudah berubah, ya!

7. Lotek

lotek - YogYes.com
Photo Source: YogYes.com
Kalau tadi ada rujak buah, sekarang kita bahas rujak sayur alias lotek. Hampir sama dengan rujak buah, harga lotek sekarang juga cukup melonjak. Bahkan, ada lho lotek seharga Rp 20 ribu rupiah padahal yang jual adalah ibu-ibu rumahan. Amazing!