Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

8 Kuliner yang Wajib Dicicipi Saat Singgah di Manado

SintyaSintya
8 Kuliner yang Wajib Dicicipi Saat Singgah di Manado1
8 Kuliner yang Wajib Dicicipi Saat Singgah di Manado
Kuliner khas Manado memang menjadi salah satu kuliner yang banyak diburu oleh orang karena rasanya yang pedas dan kaya akan rempah. Makanya, jika kamu memang kebetulan berencana pergi ke Manado atau sedang jalan-jalan di sana, yuk simak beberapa rekomendasi kuliner berikut ini!

1. Nasi Kuning Saroja

Nasi Kuning Saroja2
Photo Source:  Ayo Telusuri Indonesiamu!
Nasi Kuning Saroja merupakan salah satu tujuan wisata kuliner yang terkenal di Manado, karena selain harganya yang murah dan yang rasanya yang juga enak. Lokasinya ada di Jalan Diponegoro, Manado. Memang sih nasi kuning ini hampir sama dengan nasi kuning yang biasa kamu temukan di berbagai tempat di Jakarta. Bedanya adalah nasi kuning di sini disajikan dengan lauk ikan cakalang, bawang goreng dan juga sambal yang membuat nasi kuning ini sangat istimewa.

2. Tinutuan atau Bubur Manado

Tinutuan atau Bubur Manado3
Photo Source:  Wikipedia
Ke Manado juga belum lengkap rasanya kalau belum makan bubur Manado kan? Kalau di Jakarta kebanyakan orang akan membuat bubur Manado hanya berupa campuran dari beras dan sayur bayam dan dinikmati dengan sambal terasi serta ikan asin. Berbeda dengan bubur tinutuan aslinya, yang terbuat dari bubur nasi yang dicampur dengan singkong, ubi, labu merah, bayam atau kangkung, serta dinikmati dengan sambal dabu-dabu dan ikan.

3. Pisang Goreng Sambal

Pisang Goreng Sambal4
Photo Source:  Flickriver
Di Manado, pisang goreng tidak dinikmati secara langsung, karena biasanya orang akan menikmatinya dengan sambal. Makin mantap lagi kalau makan pisang goreng sambal ini sambil ditemani es kelapa muda dan gula merah. 

4. Ikan Woku Belanga

Ikan Woku Belanga5
Photo Source:  Resep dan Masakan
Kalau menu yang satu ini adalah ikan yang dimasak dalam wadah tanah liat. Dimasaknya bersama daun bawang, daun jeruk, daun kemangi, serai, cabai rawit, dan bumbu rempah khas Manado lainnya. Makin nikmat jika kamu melahapnya dengan sepiring nasi hangat. Yummy!

5. Nasi Jaha

Nasi Jaha6
Photo Source:  I travel, I eat, I live - WordPress.com
Kalau kamu berkunjung ke warung makan di Manado, pasti kamu akan menemukan nasi jaha, yaitu nasi ketan yang dimasak di dalam bambu. Jadi, beras ketan ini sebelumnya dimasukkan ke dalam bambu kemudian dibakar sampai nasi matang. So, jangan lupa coba makanan ini ya!

6. Es Tji Mei

Es Tji Mei7
Photo Source:  sukawisatakuliner.blogspot.com
Es Tji Mei atau es kacang merah juga merupakan salah satu kuliner khas Manado yang harus kamu coba. Dalam satu porsi es tji mei kamu akan menikmati paduan kacang merah, gula, dan susu yang membuat minuman ini juga sarat akan gizi. Nah, biasanya sang pelayan juga akan menambahkan kayu manis saat membuatnya agar es terasa makin lezat dan segar.

7. Sup Brenebon

Sup Brenebon8
Photo Source:  YouTube
Sup Brenebon atau sup kacang merah juga merupakan makanan andalan orang Manado. Kata brenebon sendiri berasal dari bahasa Belanda yang artinya kacang cokelat atau kalau di Indonesia kita mengenalnya dengan kacang merah. Tidak hanya kacang merah, biasanya ada juga potongan daging sapi di dalamnya. Segar!

8. Ayam Woku

Ayam Woku9
Photo Source:  resep aneka masakan
Hampir sama dengan ikan woku, hanya saja makanan yang satu ini dibuat dengan bahan utama daging ayam. Rasanya gurih dan pedas karena ada cabai rawit, daun kemangi, dan juga berbagai rempah khas lainnya yang digunakan dalam makanan ini. Jangan lupa nikmati pakai nasi hangat ya!