Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App

7 Soto Paling Jawara di Jogja

Sigit PrasetyoSigit Prasetyo
7 Soto Paling Jawara di Jogja - Main Photo
letyoursoul.blogspot.com
Jogja. Selain sebagai tempat wisata dan juga kota pelajar, Jogja dikenal sebagai kota gudeg. Ya, karena di kota inilah makanan gudeg itu lahir. Makanya banyak gudeg yang enak-enak di sana. Tapi, jauh daripada itu semua, Jogja sebenarnya juga punya banyak soto yang enak-enak. Dan Qraved tahu dimana aja soto enak yang ada di Jogja. Jadi, pas libur lebaranmu ini kamu maen ke Jogja, kamu ga akan kebingungan buat makan makanan selain gudeg.

1. Soto Klebengan

 - letyoursoul.blogspot.com
Photo Source: letyoursoul.blogspot.com
Lokasi soto yang satu ini, emang sedikit nyempil. Di tengah-tengah desa Klebengan. Hm.. mudahnya, letaknya ga cukup jauh dari UGM ataupun UNY, jadi kalo kamu nanya orang di sekitar sana, pasti banyak yang tahu. Soalnya udah terkenal banget. Soto sapi ini punya kuah yang segar. Kaldunya berasa banget. Dagingnya juga empuk. Manteb banget deh. Apalagi kamu bisa nambah babat ataupun iso buat tambahan toppingnya.

2. Soto Ayam Pak Jamal

 - info-jogja.com
Photo Source: info-jogja.com
Soto ayam yang ini adalah menu sarapannya mahasiswa. Soalnya harganya murah dan rasanya enak. Soto dengan kuah yang segar dan kaldu ayam yang berasa banget ini cukup kamu bayar sekitar 10-an saja. Itu juga sudah tambah dengan es teh manis sama gorengan dua. Asyik kan? Lokasinya juga mudah dijangkau. Soalnya deket sama jalan Kaliurang. Ah, pokoknya kamu ga akan kesulitan buat nemuinnya deh. 

3. Soto Lenthok 21

 - Makan Jogja
Photo Source: Makan Jogja
Tampilannya memang sedikit mirip dengan soto ayam kebanyakan. Yang kemudian sedikit membedakan adalah toppin lenthoknya. Lenthok adalah gorengan singkong yang rasanya gurih. Dan, ya, kamu harus cobain soto yang satu ini. Soalnya sensasi rasa yang ditawarkan soto lenthok ini emang lain dari yang lain. Lokasinya juga ga terlalu jauh dari pusat kota Jogja, di Jl. Sugeng Jeroni. Cobain deh!

4. Soto Cak Sodiq

 - eatjogja.com
Photo Source: eatjogja.com
Ga jauh dari terminal lama, tepatnya di Jalan Veteran, ada kedai soto Lamongan yang enak banget. Soto di sini punya topping daging yang gede-gede. Terus, ada kerupuk udangnya juga. Kurang mantab apalagi coba?

5. Soto Uwuh (Sampah)

 -
Photo Source: 
Soto uwuh atau soto sampah. Namanya emang terdengar sedikit aneh. Tapi gimanapun juga, kamu harus banget cobain soto yang berlokasi di sekitaran Tugu dan Pasar Kranggan Jogja ini. Soto yang satu ini emang porsinya cuma dikit. Tapi kuahnya seger kok. Kuahnya mirip kaya gule, sedikit berminyak. Terus, toppingnya pakai lemak gitu deh. Cobain deh.

6. Soto Cak Parno

 -
Photo Source: 
Di seputaran lembah UGM, ada soto Cak Parno. Soto ayam di sini ada bisa kamu kasih topping bakso biar makin mantab. Soal kegurihan kuah sotonya, ya kamu bisa bayangin lah betapa gurihnya soto ini.

7. Soto Pak Dalbe

 - @lionychan
Photo Source: @lionychan
Kalo di seputaran jalan Jenderal Sudirman Jogja, ada soto Pak Dalbe. Lokasinya emang sedikit nyempil. Tapi, coba tanya deh sama orang sekitar, rata-rata semua tahu kok. Soto ayam di sini pakai topping ayam kampung yang gurih. Kuahnya berwarna bening tapi gurih. Aduh.. bikin ketagihan lah pokoknya.