Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App

7 Kuliner Daerah Cirebon yang Wajib Dicicipi Saat Mudik!

Nimas AriniNimas Arini
7 Kuliner Daerah Cirebon yang Wajib Dicicipi Saat Mudik! - Main Photo
7 Kuliner Daerah Cirebon yang Wajib Dicicipi Saat Mudik!
Pasti banyak yang sudah mudik dan mungkin sekarang masih berjuang di perjalanan. Nah buat yang pulang kampung dan ngelewatin jalur Cirebon wajib banget untuk melipir. Alasannya cuma satu di sini banyak makanan yang rasanya bener-bener enak dan susah ditemukan di tempat lain. Penasaran? Yuk langsung aja kita bahas satu-satu.

1. Empal Gentong H. Apud

 - mftravelling.wordpress.com
Photo Source: mftravelling.wordpress.com
Kuahnya yang kuning yang sedikit keruh dengan potongan daging sapi dan jerohan memang nggak ada duanya. Bayangin aja kuah gurih ini disiram di atas potongan lontong atau ketupat. Hmmm sedapnya memang nggak ada yang bisa nandingin, ke Cirebon tanpa makan empal gentong rasanya rugi banget sih. Selain itu kamu juga bisa nyicipin empal asem yang rasanya segar banget.   Alamat: Jl. Raya Ir. H. Djuanda No.24 Battembat - Tengah Tani Cirebon 0231 - 211 055

2. Nasi Jamblang Bu Nur

 - indonesiana.merahputih.com
Photo Source: indonesiana.merahputih.com
Pasti sudah pada tahu nih kalau di Cirebon terkenal banget sama nasi jamblang. Nasi kecil-kecil yang dibungkus pakai daun jati ini sebenarnya rasanya sama aja kayak nasi biasa, tapi yang bikin beda adalah lauk dan sambalnya. Untuk kamu yang pertama kali datang ke tempat nasi jamblang ati-ati yak arena pasti kalap banget lihat lauknya yang super banyak. Lauk yang wajib banget kamu pilih adalah cumi hitam, otak sapi, sate kentang, dan pepes telur asin adalah menu wajib. Oh ya jangan ketinggalan ya sambalnya yang unik dan bikin nasi jamblang rasanya makin mantap.   Alamat: Jl. Cangkring II No. 34, Kejaksan, Cirebon, Jawa Barat (0231) 234373 Jam buka 07.00 – 22.00

3. Sate Kalong

 - www.saegaleri.com
Photo Source: www.saegaleri.com
Eits jangan terkecoh sate kalong yang ada di sini dagingnya bukan dari kalong atau kelelewar loh. Sate kalong khas Cirebon ini terbuat dari daging kerbau, udah pernah coba belom nih daging kerbau? Katanya ya sate kalong ini puya rasa khas karena bumbunya, sebelum dibakar daging kerbau dicelupkan ke bumbu rempah yang mirip sama gulai. Satu lagi yang bikin unik adalah bumbu kacang yang dicampur dengan oncom.   Alamat: Jl. Kesambi Dalam (Di dekat Pasar Kanoman) Cirebon, Jawa Barat Jam buka 17.00 – habis

4. Nasi Lengko H. Barno

 - blog.ivacanza.co
Photo Source: blog.ivacanza.co
  3. Sate Kalong Eits jangan terkecoh sate kalong yang ada di sini dagingnya bukan dari kalong atau kelelewar loh. Sate kalong khas Cirebon ini terbuat dari daging kerbau, udah pernah coba belom nih daging kerbau? Katanya ya sate kalong ini puya rasa khas karena bumbunya, sebelum dibakar daging kerbau dicelupkan ke bumbu rempah yang mirip sama gulai. Satu lagi yang bikin unik adalah bumbu kacang yang dicampur dengan oncom.   Alamat: Jl. Kesambi Dalam (Di dekat Pasar Kanoman) Cirebon, Jawa Barat Jam buka 17.00 – habis Buat yang suka banget sama sayur atau vegetarian, pasti bakal suka banget kalau makan di sini pasti kamu seneng banget nih. Nasi lengko ini isinya sederhana banget tapi rasanya enak dan ngenyangin. Nasik has Cirebon ini sebenarnya mirip sama pecel tapi versi sayurannya ga direbus dulu gitu. Bumbu kacangnya yang gurih ditambah sama kecapnya yang manis emang mantep banget deh. Oh ya sebagai temannya kamu bisa juga order sate kambing yang bumbu kacangnya beda dari tempat sate kabanyakan.   Alamat: Jalan Pagongan No.15B, Pekalangan, Pekalipan, Kota Cirebon, Jawa Barat (0231) 210064 Jam buka 06.00 – 21.00

5. Haji Moel Seafood

 - www.febrymeuthia.com
Photo Source: www.febrymeuthia.com
Ke Cirebon tanpa makan seafoodnya juga terasa kurang lengkap, di kota udang ini kamu bisa makan seafood dengan harga murah tapi kualitasnya top banget. Seafood segar di Haji Moel ini wajib kamu cicipi apalagi kalau kamu suka banget makan ikan atau udang. Tempat makan yang satu ini sudah terkenal dengan sajian ikan, udang, kepiting, cumi, dan kerang segar yang dimasak dengan berbagai cara.   Alamat: Jl. Kalibaru Selatan No 39 Cirebon, Jawa Barat (0231) 206868 Jam buka 17.00 – 02.00

6. Mie Koclok Mas Edi

 - covalimawati.blogspot.com
Photo Source: covalimawati.blogspot.com
Mie koclok ini susah banget ditemuin di Jakarta dan daerah lain. Kayaknya ya cuma bisa ditemuin di Cirebon aja nih. Hmm mie koclok ini mungkin bisa dimirip-miripin sama spaghetti karbonara ala Italia yang bikin bedanya sih banyak ya mulai dari jenis mienya dan kuahnya. Mie yang disiram kuah kental dengan rasa gurih, suwiran ayam, dan taburan bawang gorengnya ini menggoda banget dan saying untuk dilewatkan.   Alamat: Jl. Lawang Gada, Pulasaren, Pekalipan Kota Cirebon 0813-9550-4920 Jam buka 17.00 – 23.00

7. Bubur Sop Mang Kapi

 - mprito.wordpress.com
Photo Source: mprito.wordpress.com
Malam-malam memang paling enak makan bubur yang hangat apalagi setelah capek kena macet efek Lebaran. Bubur khas Cirebon ini bisa kamu jadikan pilihan, bubur yang cukup kental disiram dengan kuah soto yang gurih ini memang sedap banget. Bubur ini mirip sama soto karena isi dari Bubur Sop Mang Kapi ini adalah suwiran ayam, hati, ampela, irisan kol, sun, dan tomat merah. Oh ya satu lagi bubur sop ini juga ada tauconya yang bikin rasanya unik banget.   Alamat: Jl. Tentara Pelajar (Dekat jembatan) Cirebon Jam buka 17.00 - habis