Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App

6 Makanan Nggak Lumrah Yang Hanya Ada di Indonesia

SintyaSintya
6 Makanan Nggak Lumrah Yang Hanya Ada di Indonesia - Main Photo
6 Makanan Nggak Lumrah Yang Hanya Ada di Indonesia
Tidak hanya kebudayaannya yang beraneka ragam, makanan di Indonesia juga banyak banget jenisnya. Nah, di antara banyaknya makanan tersebut terselip beberapa makanan dengan nama dan bahan baku yang aneh di daerah tertentu yang dianggap tidak lazim bagi beberapa orang. Mau tahu apa saja makanan yang kurang lazim dan hanya ada di Indonesia? Yuk, simak list-nya berikut ini!

1. Daging Tokek Goreng

Daging Tokek Goreng - winnyasaari - WordPress.com
Photo Source: winnyasaari - WordPress.com
Membayangkannya saja geli, apa lagi kalau harus memakan daging tokek ini? Tapi jangan salah, banyak sekali orang-orang yang justru memanfaatkan daging tokek untuk pengobatan penyakit kulit. Konon, daging tokek yang sudah dikuliti kemudian digoreng ini dipercaya ampuh untuk mengobati berbagai penyakit, mulai dari penyakit kulit, asma, bahkan bisa meningkatkan stamina pria. Kamu percaya?

2. Tikus Panggang

Tikus Panggang - Pikabu
Photo Source: Pikabu
Mendengar nama makanan tikus panggang memang mengerikan. Tapi makanan yang satu ini memang benar-benar ada di Indonesia, khususnya di daerah Manado. Biasanya tikus panggang ini sangat mudah ditemukan di beberapa pasar di Manado. Tapi, tikus yang digunakan bukan tikus sembarangan, melainkan tikus hutan berekor putih. Sekali tikus tetap saja tikus, kan? Ada yang berani?

3. Bothok Tawon

Bothok Tawon - Blog of BlackGarlic - BlackGarlic ID
Photo Source: Blog of BlackGarlic - BlackGarlic ID
Bothok adalah makanan khas Jawa yang terbuat dari ampas atau bungkil kelapa yang sudah diambil sari atau santannya. Nah, berbeda dengan bothok tawon, dimana menu ini terbuat dari bahan sarang lebah. Rasanya pedas, manis dan asam tapi segar. Untuk bisa menemukan makanan jenis ini, kamu bisa menemukannya di daerah pedesaan di Jawa Timur.

4. Rujak Cingur

Rujak Cingur - Emak Mbolang
Photo Source: Emak Mbolang
Mungkin sebagian dari kamu ada yang sudah tahu makanan khas Jawa Timur ini. Rujak cingur yang terbuat dari bahan utama cingur ( yang diambil dari hidung dan mulut sapi). Makanan ini merupakan makanan khas kota Surabaya dan biasanya dinikmati menggunakan sambal petis dan kacang tanah. Meskipun begitu, ternyata justru banyak lho yang menyukai makanan ini! Buat kamu yang penasaran sama rasanya, coba deh mampir ke Rujak Cingur Diwek yang ada di kawasan Cinere. Maknyus!

5. Belalang Goreng

Belalang Goreng - Wisata Yogyakarta - Panduan Wisata
Photo Source: Wisata Yogyakarta - Panduan Wisata
Di kawasan Gunung Kidul, Yogyakarta, banyak ditemukan jajanan aneh, salah satunya adalah walang goreng atau belalang goreng yang digoreng garing dan dikemas dalam plastik. Makanan ini banyak dijajakan di warung dan beberapa tempat wisata. Bagi yang pernah memakannya sih mengaku kalau walang goreng ini punya rasa yang gurih. Tapi, ada juga yang timbul alergi akibat mengonsumsinya. So, hati-hati, ya!

6. Sate Kere

Sate Kere - YouTube
Photo Source: YouTube
Dulu, sate daging adalah makanan mewah yang hanya bisa dinikmati oleh kaum bangsawan. Sehingga, masyarakat biasa tidak bisa menikmatinya. Sebagai solusinya, masyarakat miskin ini membuat sate yang terbuat dari bahan dasar tempe menjos dan kikil yang disebut sate kere. Sate jenis ini banyak ditemukan di daerah Solo, Jawa Tengah.