Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

5 Oleh-oleh Lezat Khas Surabaya Yang Wajib Kamu Bawa

PitacilyPitacily
5 Oleh-oleh Lezat Khas Kota Pahlawan, Surabaya1
http://backpackerkeren.blogspot.co.id/
Buat kamu yang berencana liburan ke Surabaya, selain mencoba tempat-tempat kulinernya, ada juga lima oleh-oleh yang jangan sampai kamu lewatkan. Tapi, jika memang kamu belum ada rencana untuk berlibur ke sana, kamu bisa nitip kok ke teman yang mungkin akan berlibur ke Surabaya. Jangan hanya nitip satu ya, kalau bisa kelima-limanya! Karena sensasi rasa oleh-oleh khas Kota Pahlawan ini memang tidak main-main enaknya. 

Almond Crispy

Oleh-oleh Surabaya2
Photo Source:  ksmtour.com
Pasti semua juga sudah tahu dong Almond Crispy yang hits banget ini. Walaupun Almon Crispy bisa dibilang "anak baru" di Surabaya, tapi kelezatan rasanya membuat camilan ini menjadi ikon baru oleh-oleh khas ibu kota Jawa Timur. Terdapat tiga varian rasa utama yang bisa dipilih diantaranya original cheese, chocolate, dan green tea. Kalau disuruh memilih satu, pasti sulit. Karena ketiganya memang sangat lezat dan membuat ketagihan. Sudah coba?

Sambal Bu Rudy

Oleh-oleh Surabaya3
Photo Source:  stardust-express.blogspot.co.id
Lidah orang Indonesia memang tidak bisa dipisahkan dengan segala hal yang berbau cabai. Di Surabaya, Sambal Bu Rudy yang dikemas di dalam sebuah botol plastik bertutup warna kuning ini memang sudah sangat terkenal pamornya. Sambal ini memiliki berbagai jenis diantaranya sambal udang, sambal bawang, sampai sambal bajak. Kalau sudah coba sekali, belum tentu bisa lepas dari cita rasa pedasnya!

Spikoe

Oleh-oleh Surabaya4
Photo Source:  www.agenkuliner.com
Kue lapis yang dikenal dengan nama Spikoe Resep Kuno ini dibungkus dengan kotak berwarna hitam dan cukup populer di Surabaya. Dari namanya pun kita tahu bahwa kue lapis ini menggunakan resep kuno sehingga cita rasanya nggak berubah dan memang lezat sekali! Menurut salah satu sumber, Spikoe Resep Kuno sudah ada sejak tahun 1976. Pantas saja ya cita rasa khas Surabaya-nya tidak perlu diragukan lagi.

Kerupuk Ikan Kenjeran

Oleh-oleh Surabaya5
Photo Source:  ayokesurabaya.com
Bagi sebagian orang, makan tanpa kerupuk bakal terasa hambar. Dan dari Surabaya, kamu bisa bawa Kerupuk Ikan Kenjeran yang dijual dalam keadaan mentah atau siap santap. Rasa gurih ikannya benar-benar terasa dan nggak pernah bikin kamu bosen menyantapnya. 

Siropen Telasih

Oleh-oleh Surabaya6
Photo Source:  ksmtour.com
Kalau dari tadi serba camilan, di nomor lima ada minuman yang menyegarkan bernama Siropen Telasin. Kabarnya, minuman ini sudah ada sejak tahun 1923 dan dulu hanya kaum bangsawan saja yang dapat menikmati minuman ini. Minuman ini terdiri dari berbagai rasa di antaranya jeruk keprok, vanili, frambosen, mawar, dan cocopandan. Minuman ini dikemas dengan elegan yaitu di sebuah botol yang serupa dengan wine. Wah, pulang liburan dari Surabaya bisa dikira bawa wine, ya!