Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

+6221 292 23070+62822 613 00800
Download The App

5 Makanan Sehat Untuk Si Ibu yang Sedang Menyusui

PitacilyPitacily
5 Makanan Sehat Untuk Si Ibu yang Sedang Menyusui - Main Photo
blogs.babycenter.com
Tidak hanya saat sedang hamil saja seorang ibu harus menjaga makanan yang ia konsumsi. Saat sedang menyusui pun, ibu masih harus menjaga makanannya supaya menghasilkan ASI yang berkualitas untuk si buah hati. Yuk intip 5 makanan sehat yang bisa dikonsumsi oleh ibu menyusui.

1. Ikan Salmon

Ikan Salmon - www.fresh.my.id
Photo Source: www.fresh.my.id
Daridulu, ikan dipercaya bisa meningkatkan kecerdasaan seseorang. Bahkan untuk bayi sekalipun. Salah satunya adalah ikan salmon yang kaya akan DHA yang dapat membantu perkembangan sistem syaraf bayi. Sebenarnya di dalam ASI sendiri sudah ada DHA, tapi tidak ada salahnya untuk memperkaya kandungan ASI dengan DHA dari ikan salmon.

2. Yoghurt atau Susu Rendah Lemak

Yoghurt atau Susu Rendah Lemak - www.irishexaminer.com
Photo Source: www.irishexaminer.com
Yoghurt atau susu rendah lemak bermanfaat untuk tulang ibu dan bayi karena mengandung banyak kalsium. Manfaat lain yang bisa didapat dari yoghurt adalah membuat BAB menjadi lancar bagi keduanya. Sedangkan susu rendah lemak mengandung banyak protein, vitamin B, dan vitamin D yang baik untuk tubuh.

3. Kacang - Kacangan

Kacang - Kacangan - alatbekammurah.com
Photo Source: alatbekammurah.com
Kacang - kacangan mengandung banyak zat besi yang baik untuk dikonsumsi ibu hamil salah duanya adalah kacang hijau dan kacang merah. Kacang hijau yang telah direbus dapat melancarkan ASI sedangkan kacang merah yang kaya akan zat besi bermanfaat untuk pengganti sel bayi yang rusak dan menghindari ibu dan si bayi dari anemia.

4. Buah - Buahan

Buah - Buahan - www.tumblr.com
Photo Source: www.tumblr.com
Blueberry, jeruk, pepaya muda adalah buah-buahan yang bisa menjadi pilihan ibu menyusui untuk dikonsumsi.

Blueberry: Meningkatkan sistem imun bagi ibu menyusui. Sistem imun di badan si ibu dapat melindungi bayi dari berbagai penyakit.

Jeruk: Vitamin C yang terkandung di dalam buah jeruk bermanfaat untuk menjaga stamina ibu. Jika stamina ibu baik, maka stamina bayi pun akan baik.

Pepaya muda: Mungkin bagi ibu hamil, pepaya muda adalah salah satu buah yang dilarang untuk dikonsumsi. Tapi bagi ibu menyusui pepaya muda bermanfaat untuk memperbanyak ASI. ASI yang berlimpah bisa berdampak pada bayi untuk tidak mengalami dehidrasi.

5. Sayur - Sayuran

Sayur - Sayuran - www.lovethispic.com
Photo Source: www.lovethispic.com
Dan yang terakhir adalah sayur-sayuran.

BROKOLI. Mengandung asam folat yang bermanfaat untuk mencerdaskan otak bayi.

DAUN KATUK. Mengandung banyak vitamin dan mineral untuk menjaga produksi ASI.

PAK CHOY. Mengandung zat besi yang dapat menghindarkan ibu dari anemia atau gampang lelah.

KACANG PANJANG. Mengandung protein dan vitamin K. Vitamin K bermanfaat untuk mempercepat pemulihan luka. Ketika bayi mengalami memar atau luka, vitamin K dapat membantu memulihkannya dengan cepat.
Nah itu dia list makanan sehat yang bisa dikonsumsi untuk ibu menyusui, supaya ASI berkualitas dan bayi pun menjadi semakin sehat.