Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

16 Jajanan Enak yang (Mungkin) Belum Pernah Kamu Coba di Jakarta

SintyaSintya
16 Jajanan yang (Mungkin) Belum Pernah Kamu Coba di Jakarta1
bukittinggiku.com
Banyak banget makanan khas Indonesia yang bisa kamu temuin dan cobain di Jakarta. Tapi, ternyata masih ada juga lho beberapa jajanan enak yang mungkin belum pernah kamu cobain di Jakarta. Mau tau apa aja makanannya? Yuk, simak list-nya berikut ini!

Getuk Goreng

Getuk Goreng2
Photo Source:  dinporabudpar.banyumaskab.go.id
Jajanan khas Banyumas yang dibuat dari bahan utama singkong dan gula merah ini juga jadi idola banyak orang dan sering banget dijadiin makanan oleh-oleh khas Banyumas. Rasanya manis dan legit. Di Jakarta pasti susah deh buat nemuinnya. 

Dawet Ayu Banjarnegara

Dawet Ayu Banjarnegara3
Photo Source:  www.panoramio.com
Segarnya dawet yang kamu temuin di Jakarta ngga akan sesegar dawet ayu Banjarnegara yang dijual di pinggir jalan sepanjang daerah Banjarnegara nih guys. Rasa gula merahnya benar-benar manis tanpa pakai pemanis buatan. Cendol dan kuah santannya juga gurih dan segar banget deh pokoknya. 

Kamir

Kamir4
Photo Source:  birohumas.jatengprov.go.id
Banyak orang yang menyebut kue kamir ini sebagai dorayakinya orang Purwokerto. Kuenya empuk dan biasanya pakai isian cokelat meses. Biasanya kamir banyak ditemukan di pasar tradisional. Enak dan murah!

Dadiah

Dadiah5
Photo Source:  gastronomy-aficionado.com
Ngga cuma orang Eropa aja yang jago bikin yogurt, tapi orang Indonesia juga bisa lho bikin yogurt yang namanya dadiah. Asalnya dari Minangkabau, Sumatera Barat.  Dalam bahasa Minang, dadiah artinya bubur. Bahan utamanya adalah susu kerbau dan dikemas di dalam bambu.

Kopi Kawa

Kopi Kawa6
Photo Source:  www.news.ranahweb.com
Beda sama kopi pada umumnya yang dibuat dari biji kopi, kalau kopi yang satu ini dibuat dari daun kopi. Kalau kamu mau cobain minum kopi ini, coba deh ke Kedai Kawa Wahidin yang ada di daerah Saharjo. Tempatnya seru!

Papeda

Papeda7
Photo Source:  www.bello.id
Papeda atau bubur sagu ini adalah makanan khas orang Maluku dan Papua dan biasanya dinikmati pakai ikan kuah kuning. Rasanya maknyus!

Palai Rinuak

Palai Rinuak8
Photo Source:  rri.co.id
Palai rinuak adalah masakan khas dari daerah Maninjau, Sumatera Barat, yang dibuat dari ikan rinuak. Bumbunya sendiri pakai parutan kelapa lalu dibungkus pakai daun pisang sebelum dikukus. Palai sendiri artinya adalah pepes, sedangkan rinuak adalah sejenis ikan sebesar korek api yang banyak ditemukan di danau Maninjau.

Galamai

Galamai9
Photo Source:  indonesiaartikeltau.blogspot.com
Masih dari ranah Minang, ada lagi makanan yang mirip dodol tapi lebih lengket namanya galamai. Penasaran dan mau coba?

Sala Lauak

Sala Lauak10
Photo Source:  neslysiska23.blogspot.com
Sala lauak atau dalam bahasa Indonesianya adalah gorengan yang dibuat dari adonan tepung beras, ikan asin, dan ditambah dengan bumbu seperti bawang, cabai, garam, dan kunyit. Cemilan yang asalnya dari Pariaman ini selalu jadi idola orang Padang. Makanya, kalau ke Padang jangan lupa cobain ya karena di Jakarta kamu bakal sulit nemuinnya.

 

Pensi

Pensi11
Photo Source:  bukittinggiku.com
Pensi yang satu ini bukan pentas seni lho ya, melainkan makanan yang hampir mirip sama tutut, cuma dia dibuat dari bahan utama kerang yang asalnya dari ranah Minang. Makanan yang punya rasa gurih dan pedas ini biasanya juga bakal banyak ditemuin pas bulan puasa.

Lamang Tapai

Lamang Tapai12
Photo Source:  ksmtour.com
Jajanan ini asalnya dari ranah Minangkabau. Makanan yang merupakan perpaduan dari ketan dan tape hitam ini paling pas dinikmati sambil minum teh hangat. Di Jakarta sendiri kamu bisa nemuin lamang tapai pas bulan puasa, atau ngga ya di warung makan khas Padang kayak Bopet Mini yang ada di Bendungan Hilir. 

Kraca

Kraca13
Photo Source: 
Hampir sama kayak tutut, makanan yang asalnya dari Purwokerto ini juga dibuat dari bahan utama keong sawah yang diolah pakai bumbu yang gurih dan pedas. Biasanya bakal banyak ditemuin pas bulan puasa. Kalau ke Purwokerto, jangan lupa coba makan ini ya!

Sate Rembiga

Sate Rembiga14
Photo Source:  lombok.panduanwisata.id
Sate khas Lombok yang satu ini juga jadi idola banyak orang karena rasanya yang khas dan bumbunya yang meresap ke dagingnya. Nama Rembiga sendiri diambil dari salah satu nama daerah yang ada di Lombok Barat. Kalau kebetulan kamu nemuin sate rembiga di Jakarta pasti rasanya juga ngga sekaya di daerah aslinya. 

Tiwul

Tiwul15
Photo Source:  santrimbolek.blogspot.com
Makanan yang dulu dimakan sebagai pengganti beras ini rasanya juga enak. Dibuatnya dari singkong dan penyajiannya biasanya akan ditaburi ampas kelapa. Di Jakarta bakal susah banget nih nemuin makanan yang seperti ini.

Timus

Timus16
Photo Source:  annisahimmahaliyah.blogspot.com
Makanan khas Jawa ini dibuat dari ubi yang dicampur pakai gula jawa dan kemudian digoreng sampai warnanya cokelat keemasan. Di Jakarta sendiri pasti kita bakal jarang nemuinnya. Rasanya legit!

Getuk Lindri

Getuk Lindri17
Photo Source:  kulinertrips.blogspot.com
Rasanya yang unik, warna yang menarik, dan wanginya yang asyik membuat getuk lindri jadi jajanan pasar favorit banyak orang, terutama orang Jawa. Di Jakarta sendiri di jual pakai gerobak keliling dan biasanya abang penjualnya akan memutar lagu campur sari. Sudah pernah coba?